Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

pippothecatAvatar border
TS
pippothecat
Daripada Palsu, Tanam Gigi Saja di Gusi! Inilah Cara dan Biayanya


Implan gigi adalah salah satu solusi Alternatif terbaik bagi perbaikan gigi rusak atau rapuh. Dalam beberapa tahun terakhir, pengguna implant gigi jumlahnya kian meningkat menggusur keberadaan gigi palsu yang lebih dulu muncul. Metode implan gigi sudah ditemukan di dunia kedokteran sejak tahun 2000an, namun masih terus dikembangkan hingga dinilai sudah cukup sempurna pada tahun 2010.



Di dalam gigi asli terdapat 2 bagian utama, yaitu akar gigi yang tertanam di dalam tulang rahang dan mahkota gigi yang muncul di permukaan rongga mulut. Pada proses implant gigi, ditanamkan semacam implant sebagai pengganti akar pada tulang rahang Anda, sedangkan pada gigi palsu biasanya tidak melibatkan prosedur penanaman akar gigi ini. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa implan gigi lebih diminati, karena Ia dapat menggantikan fungsi gigi Anda yang rusak secara permanen. Selain itu, proses pemasangan implant juga dirasa tidak terlalu membebani. Hanya butuh waktu sekitar 30 menit hingga 1 jam untuk melakukan prosedurnya hingga selesai, namun sebaliknya anda terlebih dahulu berkonsultasi dan memeriksakan keadaan gigi Anda pada Dokter ahli gigi kepercayaan Anda.

Tarif pemasangan implant gigi ini memang masih tergolong mahal bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia. Harga pemasangan implan gigiberkisar mulai dari yang termurah Rp 2,5 juta/batang gigi hingga mencapai Rp 15 juta/batang gigi. Harga ini sangat tergantung pada tingkat kesulitan pencangkokan, material bahan implant, dan tentunya kredibilitas sang dokter.

Lalu, prosedur apa saja yang dilakukan dalam pemasangan Implan gigi ? Berikut kami berikan sedikit gambarannya,

1. Evaluasi / Pengecekan Rongga mulut dan rahang pasien (tempat pemasangan implan)

Langkah pertama adalah melakukan pengecekan terkait kondisi gigi dan rahang pasien. Semakin kuat dan padat tulang rahang pasien, akan semakin baik. Jika kondisi tulang rahang pasien rapuh, maka biasanya dokter akan menyarankan solusi alternatif pengganti seperti pemasangan gigi palsu.

2. Pemasangan Implan gigi

Langkah kedua dalam proses ini adalah penempatan implant gigi. Implan gigi biasanya terbuat dari sebuah batang titanium tipis berbentuk seperti sekrup yang akan akan dipasangkan di tulang rahang, tepat dibawah gusi di tempat gigi yang hilang/rusak. Sekrup ini berfungsi sebagai pengganti akar gigi. Setelah implant dipasangkan, akan butuh waktu sekitar beberapa bulan untuk menjadikan implant menempel erat pada rahang dan gusi, baru kemudian dipasangkan mahkota gigi permanen. Biasanya pada fase ini dipasangkan mahkota gigi sementara hingga kondisi implant gigi menyatu pada tulang rahang dan siap untuk dipasangkan dengan mahkota gigi permanen.

3. Pemasangan Mahkota Gigi

Langkah terakhir dari prosedur implan gigi ini disebut restorasi implant (penempatan mahkota gigi permanen). Setelah implan titanium telah benar-benar menyatu dengan tulang rahang, maka mahkota gigi permanen yang telah dirancang khusus untuk Anda telah siap dipasangkan.


Lebih jelas tonton video:

[youtube]




Spoiler for Sumur:
Diubah oleh pippothecat 06-12-2016 10:53
0
46.1K
53
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan