Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

manjuntak15Avatar border
TS
manjuntak15
Anies Kritik Kewajiban RT Lapor Melalui Aplikasi Qlue
JAKARTA, KOMPAS.com - Calon gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menilai pemerintah kerap merasa paling tahu mengenai solusi sebuah masalah tanpa melibatkan pendapat masyarakat.

Anies menyampaikan hal itu dengan merujuk pada kewajiban ketua RT menggunakan aplikasi Qlue dari Pemerintah Provinsi DKI. Aplikasi Qlue banyak mendapat penentangan dari para ketua RT. Mereka mengeluh karena ada kewajiban untuk melapor sebanyak 3 kali sehari dengan Qlue.

"Pemerintah itu kayak gitu, bikin dulu (aplikasinya) seakan-akan paling tahu. Harusnya yang akan jadi pengguna dipanggil, lalu dibuatkan aplikasi sesuai kebutuhan RT dan RW. Jangan dibalik, kita buat lalu kita paksa mereka untuk pakai," ujar Anies di Cilandak, Jakarta Selatan, Rabu (21/12/2016).

(Baca: Kepada Plt Gubernur, Ketua RT/RW Minta Pelaporan via Qlue Dihapus)

Anies mengatakan dia tidak akan memperlakukan ketua RT dan RW seperti itu jika terpilih menjadi gubernur. Dia tidak akan mewajibkan ketua RT melapor lewat Qlue sampai tiga kali sehari.

Menurut Anies, konsep Jakarta Smart City bukan sekadar memunculkan aplikasi-aplikasi untuk masyarakat saja.

"Konsepnya bukan pelaporan 3 kali sehari, konsepnya memperlakukan orang dengan smart," ujar Anies.

Menurut dia, aplikasi hanyalah alat untuk membuat warga berpartisipasi dalam pemerintahan. Namun, adanya aplikasi tidak membuat Jakarta serta merta menjadi kota pintar.

"Smart city itu membuat warga, kalau dalam bahasa lainnya, educating city, kota yang memang mencerdaskan dan mencerahakan," ujar Anies.

Tetapi cagub yang juga petahana Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menepis anggapan merepotkan dari pemanfaatan aplikasi tersebut. Menurut dia repot atau tidaknya bergantung pada orang yang menggunakannya.

"Itu tergantung orang, kalau dia repot kan dia bisa SMS bisa atau WA-lah. Kan kita ada sistem yang lain. Nomor telepon yang saya bagikan sudah masuk ke sistem," kata Ahok di Rumah Lembang, Kamis (22/12).

"Ya kalau dia enggak bisa (pakai Qlue) kan ada staf yang bisa," lanjutnya.

http://megapolitan.kompas.com/read/2....aplikasi.qlue

Kasus pmbunuhan Pulomas Anies mau tingkatkan peran RT, lah lapor 3x sehri aja RT nya mewek
Diubah oleh manjuntak15 01-01-2017 17:57
0
4.4K
55
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan