Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

iogiaAvatar border
TS
iogia
10 Buku Terbitan 2016 Paling Telotet
Buku mengubah takdir hidup seseorang, demikian kata Carlos Maria dalam novel tipis Rumah Kertas. Novel tipis itu secara ajaib telah melengkapi apa yang selama ini Klub Baca imani. Iman memang penuh godaan, konon kudu digenggam di geraham paling kuat.

Genjotan tenologi, badai digital secara dahsyat telah mengubah pola baca anak-anak muda mileneal. Di kereta tangan-tangan sudah tak lagi memegang benda keras bernama buku. Gawai-gawai aneka merek telah membuat aneka bacaan berada dengan mudah di genggaman. Buku sedikit demi sedikit juga menyesuaikan demikian. Buku digital dengan aneka nama dan kemudian diimbuhi banyak portal-portal dan informasi digital yang mudah diakses.

Belum selesai sampai di sini. 2016, juga muncul banyak sekali platform digital yang membuat buku tidak butuh hadir dalam bentuk fisik. Ketidakbutuhan bentuk fisik ini juga ditandai banyaknya majalah-majalah atau media massa yang bahkan sudah diprediksi oleh Bre Redana dengan esainya Inikah Senjakala Kami.... (Kompas, 28 Desember 2016). Majalah Kawanku tutup adalah penutupan paling mutakhir beberapa hari ini.

Bak anomali, industri buku juga mencetak banyak hal menggemparkan di 2016 ini. Maka Klub Baca sebagai orang-orang yang mengistiqomah-istimroriyahkan untuk setiap bulan berkumpul dan membaca buku bersama-sama, menyambut hal baik yang terjadi di 2016 dan berharap hal baik ini akan terus menggurita dan menghiu di 2017 nanti.

Sebelum menyebut 10 buku fiksi (novel baik cerpen) dari penulis lokal yang paling mengagumkan di 2016 ini, Klub Baca lebih dulu ingin menyatakan apa hal-hal baik soal dunia fiksi di 2016.

Tahun ini adalah tahun kebangkitan sastra. Bagaimana tidak, dunia sastra yang sebelumnya dianggap sepi, tidak menarik dilirik,mendadak bergairah kembali. Mau tidak mau, ini adalah efek Eka Kurniawan. Sosok Eka Kurniawan yang menginternasional membuat geliat sastra Indonesia mencuat di pasar. Efek sastra juga tampak dalam buku puisi. Sebelumnya hampir jarang buku puisi hadir di pasar buku mayor, dan tahun ini bisa dilihat seolah puisi juga boleh bermain di pasar buku mayor. Belum lagi banyak sekali buku sastra kanon INdonesia kembali hadir menyapa generasi milenial.

Fenomena yang mengherankan adalah buku yang hadir dari wattpad. Kita tidak membicarakan kualitas isi, tetapi buku wattpad sebentuk fenomena yang baru hadir dan menggurita di 2016 ini.

Dan eng-ing-eng, giliran kami menyebut 10 buku (urutan alfabet judul) yang menurut Klub Baca paling keren sepanjang 2016 ini.

***
Spoiler for 1. Agama Apa Yang Pantas Bagi Pohon-Pohon?:
Spoiler for 2. Bersepeda Ke Neraka:
Spoiler for 3. Chairil:
Spoiler for 4. Milea:
Spoiler for 5. O:
Spoiler for 6. Raden Mandasia Si Pencuri Daging Sapi:
Spoiler for 7. Supernova: Intelijensi Embun Pagi:
Spoiler for 8. The Architecture of Love:
Spoiler for 9. The Book of Forbidden Feelings:
Spoiler for 10. Tidak Ada New York Hari Ini:

***
10 buku di atas adalah pilihan personal Klub Baca. Jadi sangat mungkin berbeda dengan pilihan yang lain. Tetapi sebagaimana ikrar kami, bahwa buku hadir untuk dibaca dan dirayakan bersama. Buku-buku sepanjang 2016 pastilah masih banyak yang patut di-telolet-in, patut diapresiasi dan disebar luaskan. Pun harapan kami di 2017, akan semakin banyak penerbit yang menghadirkan bacaan terseksi, banyak penulis yang serius menggarap karya, dan makin banyak pembaca yang mengacungi empat jempol atas mereka. Agar apa? Agar angka literasi kita naik. Agar hajat hidup penulis Indonesia tidak melulu tersisih. Agar buku semakin semarak diperbincangkan, syukur bisa mengalahkan ketenaran sidang jessida. Pada akhirnya, kami menunggu 10 buku, 20 buku, ternikmat menurut kawan-kawan. Selamat membaca!

***
Teks: Teguh Afandi, Ketua Klub Baca Indonesia
Diubah oleh iogia 29-12-2016 23:44
0
7.4K
53
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan