CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Female / Wedding & Family /
Tanggung jawab kepada anak dr kasus perceraian
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5859dcfd5c779813148b4569/tanggung-jawab-kepada-anak-dr-kasus-perceraian

Tanggung jawab kepada anak dr kasus perceraian

Setelah bercerai, kenapa kok anak2 ga diberi tanggung jawab sama bapaknya?
Apakah memang begitu?
Bapaknya kabur menghilang tanpa jejak.
Apa yg harus saya lakukan?
Sedangkan saya sendiri hanya seorang ibu rumah tangga.
Apakah saya juga harus mengusahakan mencari bapaknya buat ikut bertanggung jawab?
profile-picture
tata604 memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
no more throw back sist.. berjuang sebisa kita dan semoga semesta meridhoi langkah sist dalam mencari nafkah yg halal untuk baby nyah emoticon-Smilie

Diubah oleh mussup
Quote:


saya agak g paham dengan bahasa "kpk anak2 ga diberi tanggung jawab sama Bapaknya?" maksud sis mungkin kenapa bapaknya jadi g bertanggung jawab?
klo itu, cm si Bapak yg bisa jawab..
seharusnya dy bertanggung jawab smp kapanpun.. contohnya, smp seharunya bapak yg ngajarin anak sholat.. bahkan dosa anak perempuan tu ditanggung Bapak, suami, saudara laki2.. cmiiw..
ini sih kisah klasik ya.. bahkan kasus yg lagi booming kemaren2 ini, ada motidabrus yg g ngakuin anaknya, menafkahi pun tidak..
ada baiknya sis, g usah berharap lagi dr bapaknya.. coba cari rejeki dr cara lain..
temen kantor ane, mbak tukang cuci di rumahnya janda anak 3 yg ditinggal kimpoi lagi n smp anaknya masuk RS karena hernia, Bapaknya g nengokin padahal dikabari..
tapi ibunya g nyerah, nyuci di 3 rumah, bikin kue untuk dititip ke warung2.. katanya g ada waktu untun nangis, air mata udah kering.. skrg waktunya gedein anak2 biar jd anak sholeh n sholehah..
akhirnya org seneng liat dy kerja seperti itu.. sekolah anak2nya ditanggung temen ane.. termasuk jajannya..
karena dy irg baik n mw nerusaha..
semangat ya.. ujian memang harus dijalani n dihadapi.. jangan nyerah..
Drpd nyari suami pdhl dia belum tentu mau bayar jg.. mendingan dipikirkan gmn caranya bisa dapat penghasilan utk kehidupan anak2.

Sama kayak sis vedmoy.. pembantu tetanggaku jg ada yg gitu.. suaminya kabur dr rumah.. ga nafkahin.. tp ya istrinya akhirnya mulai krja jd prt utk biayain anak2nya.
ane kurang paham sis.. nunggu penjelasan dari sesepuh yg lbh paham deh.. tp klo menurut ane sih tanggung jawab sbg bapak atau ibu tidak serta merta luluh krn perceraian., jd ya si bapak harusnya ttp ngasih nafkah buat anak.,
Udah susah kalo kaya begitu, mendingan sis berusaha gimana caranya agar kebutuhan anak dan ente terpenuhi. Semoga menemukan jalan keluarnya.
ya idealnya mestinya bapak tetap tanggung jawab sis. tp hukum di negara kita ga bisa memaksa bapak menafkahi anaknya. jadi paling baik sis ga usah berharap lg ke mantan sis. skrg saatnya sis berjuang buat keluarga sis.
ada byk cara yg bisa dilakukan: jadi tukang cuci/prt/nanny harian, jualan kue/masakan, dagang online (dropship klo minim modal, jadi guru/asisten guru di paud/bimba.
yang penting halal kan yah. ga usah dengerin kata orang.
good luck ya sis
Hadah dapetin laki2 gak bertanggung jawab lagi yak bre emoticon-Cape d...
Quote:


usaha buat hidup mandiri membesarkan anak emoticon-army
Yang tidak cerai aja ada bapak yang telantarkan anak emoticon-Nohope
Hmmm..........usaha untuk nafkahin anak memang harus dilakukan wlw tanpa bapake, tp kalau kasus ini trs hanya didiamkan aja, keenakan laki2 nya selalu ga ada yg membuatnya jera, sehingga kasus kayak gini akan selalu timbul. Apakah ada jalan yg membuat jera para pelaku seperti itu?
Masalah seperti ini memang bukan hanya saya saja, banyak kasusnya, karena memang tidak ada yg membuat jera para pelaku, sehingga dgn mudahnya para pelaku menyepelekan wanita dan anak2...
Diubah oleh selvijua31
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 13
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03
Emang ga ada hukum soal uang bulanan anak pascA cerai ya?
drpd nyari yg ga pasti mending cari kerja/penghasilan.
Emang kemaren hasil sidang cerenya pegimane? Bapaknya berpenghasilan ga? Gimanapun seharusnya yg namanya ayah itu wajib menafkahi anak kandungnya meskipun status udah cerai. Kalo emang tu laki ga tanggung jawab ga bisa dimintain nafkah, ya lo aja usaha sendiri cari duit. Insya Allah kalo tekun, niat dan rajin pasti menghasilkan. Dan siapa tau saat itu muncul pangeran berkuda putih yang mampu menaikkan taraf hidup lo dan anak
itumah bapak ya gak mau biayain lagi sis mending usaha aja sis dari pada ngarepin yg gak pasti.

sekarang makin banyak nih yg mau enaknya ya doang gak mau tanggung jawab ya
hem..

gk usah di cari bpk model begitu emang dh niat tuh , gk peduli lg ma anak

menurut ane sampe kapan pun yang namanya hub darah gk bakalan bisa dipisahin. krn dh mengalir dlm darah ny jg.

ente berusaha aja buat anak ente pasti ada jln kok
demi anak pasti akan ada jalan gk usah berkecil hati.

suatu saat tunjukan lah bahwa ente gk menyesal pisah dn tunjukan lah ente memang lebih baik dr skrng , biarkan ia menyesal meninggalkan ente
Quote:


jangan dicari sist laki2 model begitu..
itu namanya lari dr tanggung jawab.. emoticon-Marah nanti juga kena karmanya sendiri tuh laki kalo nikah lagi susah punya anak gegara nelantarin anak..

percaya deh rejeky anak pasti ada jalannya.. emoticon-Cipok
Quote:


cari laki baru sis...
tetep semangat ya n berusaha demi anak
emoticon-Om Telolet Om! emoticon-Om Telolet Om! emoticon-Om Telolet Om! emoticon-Om Telolet Om!
Quote:



setujuh sama sepuh emoticon-Embarrassment
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di