enthusiast.idAvatar border
TS
enthusiast.id
[ENTHUSIAST COFFEE] Bagaimana Cara Menyimpan Kopi?
Musuh terbesar biji kopimu adalah udara, kelembaban, panas, dan cahaya. Untuk mempertahankan rasa roasted segar biji kopimu selama mungkin adalah dengan menyimpannya di dalam wadah yang kedap cahaya, dan kedap udara pada suhu ruangan. Biji kopi memang terlihat indah, namun hindari canister (tabung) bening yang akan memungkinkan cahaya berkompromi dengan rasa kopimu.

Simpan Biji Kopimu di Tempat Kedap Udara dan Sejuk


Simpan biji kopimu di tempat yang gelap dan sejuk. Sebuah lemari di dekat oven seringkali terlalu hangat dan begitu juga tempat dimeja dapur yang biasanya kurang sejuk. Kemasan kopi eceran umumnya tidak ideal untuk penyimpanan dalam jangka waktu panjang. Jika memungkinkan, berinvestasilah pada canister (tabung) yang menggunakan segel kedap udara, itu adalah ide yang baik.

Membeli Biji Kopi Dalam Jumlah Yang Tepat


Kesegaran kopi mulai berkurang dengan segera sedikit demi sedikit setelah di roasting. Cobalah membeli dalam jumlah yang lebih sedikit dari kopi biasanya yang baru di roasting. Cukup untuk persediaan satu atau dua minggu.

Eksposur udara berakibat buruk untuk biji kopimu. Jika kamu lebih memilih biji kopimu untuk tetap di dalam tempat yang mudah diambil dan atau menarik, mungkin itu adalah ide yang sangat baik dengan membagi pasokan kopimu menjadi beberapa bagian yang lebih kecil, dengan bagian yang lebih besar, dan bagian yang tidak terpakai dalam tempat yang kedap udara.

Hal ini sangat penting ketika kamu membeli kopi yang masih dalam bentuk biji (roasted) / pre-ground karena peningkatan eksposur oksigennya. Jika kamu membeli biji dalam jumlah yang banyak, giling biji kopimu sejumlah yang kamu butuhkan saja sebelum menyeduh kopi.

Membekukan Biji Kopi?


Kesegaran sangat penting untuk secangkir kopi yang berkualitas. Para ahli sepakat bahwa kopi sebaiknya dikonsumsi sesegera mungkin setelah di roasting, terutama setelah segel kemasan yang asli telah dibuka. Meskipun ada pandangan yang berbeda mengenai baik atau tidaknya kopi harus dibekukan atau didinginkan, pertimbangan utama adalah bahwa kopi bersifat menyerap kelembaban, bau dan rasa dari udara di sekitarnya karena bersifat hygroscopic (higroskopis).

Kebanyakan tempat penyimpanan yang ada dirumah (freezer misalnya) masih memberikan oksigen masuk dalam jumlah kecil. Itulah sebabnya setiap makanan yang disimpan lama di dalam freezer dapat menyebabkan freezer cepat rusak. Oleh karena itu, jika kamu ingin mendinginkan atau membekukan biji kopimu, pastikan untuk menggunakan tempat yang benar-benar kedap udara.

Jika kamu memilih untuk membekukan kopi, hilangkan secepatnya sebanyak yang kamu butuhkan saja dengan jangka waktu tidak lebih dari seminggu. Pada satu waktu kembalikan sisanya ke dalam freezer sebelum bentuk kondensasi pada kopi menjadi beku. Membekukan biji kopimu tidak akan mengubah proses pembuatan dasar saat menyeduh.

Semoga artikel ini bermanfaat emoticon-Smilie

Sumber:http://enthusiastcoffee.com/bagaiman...enyimpan-kopi/

THREAD KOPI LAINNYA:
[ENTHUSIAST COFFEE] - Berkenalan Dengan Tanaman Kopi
[ENTHUSIAST COFFEE] - Sepenggal Sejarah Tentang Kopi
[ENTHUSIAST COFFEE] - 10 Proses Perjalanan Biji Kopi Dari Benih Hingga Ke Secangkir Kopi (HOT THREAD)
[ENTHUSIAST COFFEE] - Tips Menyeduh Kopi
[ENTHUSIAST COFFEE] - Pengetahuan Tentang Biji Kopi Roasting (Roast Bean)
[ENTHUSIAST COFFEE] - 5 Tips Menyeduh Kopi di Rumah

Diubah oleh enthusiast.id 25-01-2017 07:00
0
6.4K
29
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan