Pernah liat foto ini diberita gan ? Ya ini foto presiden Jokowi dengan bos Alibaba, E-commerce nomor satu di China yang juga salah satu orang terkaya di China.
Tumbuhnya sektor E-commerce yang cukup menjanjikan ini tentunya di lihat sebagai peluang bagi ekonomi negara kita. Itulah kenapa dibeberapa kesempatan Presiden Jokowi menyampaikan perhatiannya dalam sektor ini, karena memang Indonesia memiliki peluang yang sangat menjanjikan. Berikut adalah alasan-alasan kenapa Indonesia dapat menjadi negara E-commerce No.1 Di ASEAN.
Quote:
Pertumbuhan Pengguna Internet Di Indonesia Paling Cepat Se-Asean
Riset Google menunjukan bahwa Indonesia sebagai salah satu populasi pengguna internet yang berkembang pesat di dunia dan tertinggi dibandingkan dengan negara-negara di Asia Tenggara. Berdasarkan riset tersebut perkembangan pengguna internet Indonesia sebesar 19% dan diproyeksikan akan mencapai 215 juta pengguna sebelum tahun 2020 dari 92 juta di tahun 2015.
Quote:
Indonesia Di Prediksi Meraih $46 Milyar Dari Sektor E-commerce
Menurut Tone Keusgen, Managing Director Google Indonesia, potensi dari berkembangnya bisnis digital di Indonesia adalah sebesar US$ 81 Miliar. Pertumbuhan bisnis digital Indonesia akan mengubah keadaan ekonomi sepuluh tahun kedepan. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, riset yang dilakukan Google bahwa prediksi pasar online Indonesia mencapai US$ 81 miliar sebelum 2025. Dari angka tersebut, bidang e-commerce menyumbang 57 % atau US$ 46 miliar. Hal tersebut berarti pasar e-commerce menjadi pasar yang potensial untuk berkembang di Indonesia
Potensi ini yang dilihat pemerintah Indonesia sehingga diluncurkannya Road Map E-commerce 2016 berikut :
Quote:
Liputan6.com, Jakarta - Seiring dengan visi pemerintah menempatkan Indonesia sebagai pemimpin ekonomi digital di Asia Tenggara pada 2020, pemerintah bakal segera menerbitkan peta jalan (roadmap) e-Commerce.
Peta jalan e-Commerce dirasa begitu penting bagi industri e-Commerce di Indonesia, sebab pemerintah menargetkan nilai valuasi bisnis transaksi e-Commerce mencapai US$ 130 miliar atau setara Rp 1.710,5 triliun pada tahun 2020.
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menyebutkan, masalahnya saat ini Indonesia belum memiliki peta jalan pengembangan e-Commerce yang jadi acuan bagi seluruh stake holder.
"Karena itulah, pemerintah merasa perlu menerbitkan Peraturan Presiden tentang Peta Jalan e-Commerce untuk mendorong dan meningkatkan kegiatan ekonomi di seluruh Indonesia dan terkoneksi secara global," kata Darmin saat mengumumkan Paket Kebijakan Ekonomi XIV di Istana Kepresidenan, Kamis (10/11/2016) sebagaimana Tekno Liputan6.com kutip dari keterangan resmi.
Peta jalan e-Commerce, menurut Darmin, dapat mendorong kreasi, inovasi, dan invensi kegiatan ekonomi baru di kalangan generasi muda. Apalagi pemerintah menargetkan Indonesia bakal memiliki 1.000 technopreneur di tahun 2019.
Untuk itu, kebijakan peta jalan e-Commerce ini bakal mengutamakan dan melindungi kepentingan nasional, khususnya UKM dan pelaku usaha rintisan atau startup. Adapun 8 aspek penting yang akan diatur dalam Perpres Peta Jalan e-Commerce di antaranya adalah:
1. Pendanaan, berupa KUR untuk pengembang platform, hibah untuk inkubator bisnis pendamping startup, dana USO untuk UMKM digital dan startup e-Commerce platform, angel capital, seed capital, crowdfunding, dan pembukaan daftar negatif investasi (DNI).
2. Perpajakan dalam bentuk pengurangan pajak bagi investor lokal yang berinvestasi di startup, penyederhanaan izin atau prosedur bagi startup dengan penghasilan di bawah Rp 4,8 miliar per tahun, serta persamaan perlakuan perpajakan bagi pengusaha e-Commerce.
3. Perlindungan konsumen melalui peraturan pemerintah tentang transaksi perdagangan melalui sistem elektronik, harmoni regulasi, dan sistem pembayaran melalui e-Commerce, serta pengembangan national payment gateway secara bertahap.
4. Pendidikan dan SDM melalui kampanye kesadaran e-Commerce, program inkubator nasional, kurikulum e-Commerce, dan edukasi e-Commerce pada konsumen, pelaku dan penegak hukum.
5. Logistik melalui pemanfaatan sistem logistik nasional, penguatan kurir lokal dan nasional, pengembangan alih data UMKM, dan pengembangan logistik dari desa ke kota.
6. Infrastruktur komunikasi melalui pembangunan jaringan broadband
7. Keamanan siber, dengan penyusunan model sistem pengawasan nasional dalam transaksi e-Commerce, public awareness tentang dunia maya, penyusunan SOP terkait penyimpanan data konsumen, dan sertifikasi keamanan data konsumen.
8. Pembentukan manajemen pelaksana dengan melakukan monitoring dan evaluasi implementasi peta jalan e-Commerce.
Nah kita bisa lihat peluang yang sangat besar bagi sektor e-commerce ini. Mungkin itu juga sebabnya Alibaba sudah melirik Indonesia dengan mengakuisisi Lazada. Selain itu beberapa investor besar lainnya seperti e-bay, amazon, dan rocket internet sudah berinvestasi di Indonesia. Itulah sebabnya bukan hanya e-commerce tetapi bisnis aplikasi atau start up juga sangat menjanjikan sekarang ini. Tentunya kita juga gak boleh kalah gan, kita harus dukung terus e-commerce dalam negeri. Kalo menurut pendapat agan bagaimana ?
Quote:
Tambahan
Guna mendukung pertumbuhan tersebut tentunya sudah di persiapkan segala infrastruktur. Salah satunya infrastruktur telekomunikasi. Mengutip dari GoodNewsFromIndonesia.id atau GNFI, infrastruktur Telekomunikasi yang Berkelanjutan sebagai berikut :
- Sejalan dengan perluasan jaringan tersebut Telkom juga gencar melakukan modernisasi jaringan yang dimulai sejak tahun 2011 dan diproyeksikan selesai pada 2021. Modernisasi jaringan ini untuk memberikan new experience berupa layanan konektivitas berkualitas tinggi kepada masyarakat.
- Infrastruktur backbone fiber optic Telkom saat ini sudah menjangkau sebagian besar wilayah Indonesia yang terbentang sepanjang 84.000 km dari Aceh hingga Papua.
- Ini merupakan salah satu upaya menjadikan perusahaan telekomunikasi nasional ini sejajar dengan perusahaan-perusahaan kelas dunia lain di seluruh dunia, juga upaya membangun masyarakat digital Indonesia.
Quote:
Oh iya gan. Boleh minta bantuannya untuk mengisi kuesioner penelitian untuk skripsi mengenai e-commerce ane ya gan. Linknya berikut ini :
https://goo.gl/forms/Tw652X5Z3Nx3ISjO2
Ane sangat mengharapkan bantuan agan sekalian
Akan ada hadiah pulsa bagi responden yang beruntung, jadi harap menuliskan alamat email atau nomor handphone agan agar bisa ane hubungi.
Terima kasih yang sudah baca dan komen di thread ane.
Komen agan-agan akan ane baca semua buat referensi skripsi ane. Sebenarnya apa saja yang masih kurang dan menjadi kelebihan e-commerce di Indonesia ini.
Terima kasih juga yang sudah mau meluangkan waktu dan kuotanya untuk isi kuesioner ane, nanti akan ane langsung hubungi bagi yang beruntung untuk mendapatkan hadiah pulsanya gan 
AYO YANG BELUM ISI, BISA ISI KUESIONER DAN MEMENANGKAN PULSA GRATIS DENGAN MENCANTUMKAN NO.HP ATAU EMAIL