kemambungAvatar border
TS
kemambung
Kerennya Uang Rupiah Baru di Bawah Sinar Ultraviolet
Kerennya Uang Rupiah Baru di Bawah Sinar Ultraviolet

Oleh Sulung Lahitani Mardinata pada 21 Des 2016, 14:40 WIB



Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo menyebutkan bahwa uang rupiah baru yang dirilis BI termasuk dalam uang teraman di dunia. Uang rupiah baru yang dikeluarkan paling tidak memiliki 9-12 tipe pengamanan.

BACA JUGA

Berapa Biaya Cetak Uang Rupiah Baru?Rupiah Masuk Daftar 15 Uang Terkeren DuniaBegini Kompleksnya Sistem Pengamanan Rupiah Emisi 2016

Hal ini diamini oleh Direktur Eksekutif Pengelolaan Uan BI Suhaedi. Menurut dia, rupiah memiliki sistem pengamanan tiga level dan menjadi mata uang yang pengamanannya sangat kompleks.

Dijelaskan Suhaedi, kategori sistem pengamanan uang suatu negara terdiri dari tiga level. Level 1 (terbuka) yang berarti unsur pengamannya dapat dideteksi tanpa bantuan alat (3D), level 2 (semi tertutup) yakni unsur pengaman dapat dideteksi dengan alat sederhana seperti kaca pembesar dan lampu ultraviolet (UV), serta level 3 (tertutup) yang hanya dapat dideteksi dengan mesin sortasi milik Bank Sentral atau peralatan laboratorium.

Setelah resmi dirilis, uang baru tersebut langsung mendapat komentar beragam dari masyarakat. Salah satu pengguna Facebook bernama Mulyadi Romy, mengunggah foto-foto uang rupiah baru tersebut saat dideteksi dengan lampu ultraviolet.

Mulyadi yang kebetulan seorang numismatik (kolektor uang), menunjukkan betapa cantik dan kerennya uang baru di bawah lampu ultraviolet. Foto-foto tersebut kini telah dibagikan lebih dari 6.000 kali dan disukai lebih dari 800 kali.




http://m.liputan6.com/citizen6/read/...ar-ultraviolet

Desain sekeren ini kok masih dilecehkan. emoticon-DP

Anda berada di trit calon Hot Thread emoticon-shakehand
Tinggalkan jejak.
0
16.9K
163
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan