almudasirAvatar border
TS
almudasir
#Prayforbima Banjir Bandang di Kabupaten Bima provinsi NTB
Spoiler for #prayforbima:

TEMPO.CO, Bima - Pemerintah Kota Bima, Nusa Tenggara Barat, telah mengungsikan para korban banjir yang melanda lima kecamatan di daerah itu. Mereka ditempatkan di lokasi yang dinilai lebih aman. "Mereka menempati kampung-kampung yang lebih tinggi," kata pelaksana harian Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bima Syarafudin, Kamis, 22 Desember 2016.

Menurut Syarafudin, BPBD Kota Bima masih melakukan pendataan jumlah kepala keluarga (KK) korban banjir yang mengungsi. Data lain yang juga sedang dikumpulkan adalah jumlah rumah penduduk, bangunan milik pemerintah, dan infrastruktur, seperti jembatan dan jalan, yang rusak akibat banjir bandang.

Banjir bandang mulai terjadi pada Rabu kemarin sekitar pukul 14.30 WIT dengan didahului hujan deras yang mengguyur Kota Bima timur selama tiga jam sejak Selasa malam lalu. Lima kecamatan yang diterjang banjir adalah Kecamatan Rasanae Timur, Raba, Mpunda, Asakota, dan Rasanae Barat.

Banjir terjadi akibat meluapnya air Sungai Padolo serta air bah dari arah Wawo. Kondisi diperparah oleh tiupan angin kencang. Ketinggian air di wilayah yang dilanda banjir rata-rata di atas 2 meter.





Berdasarkan data yang dihimpun Tempo, lokasi yang menjadi tempat evakuasi warga antara lain, Bukit Jatiwangi, Dana Traha, Dorolando, Soncotengge, Oi Si'i Rontu, Bukit Panggi, dan Bukit Kosambo Mande.

Data sementara menyebutkan 5 rumah warga hanyut, 25 rumah rusak berat, dan 3 rumah rusak sedang. Selain itu, satu jembatan provinsi putus. Begitu juga jembatan menuju Terminal Dara.

Adapun bantuan yang dibutuhkan adalah tambahan perahu karet, makanan dan minuman, tenda, selimut, air bersih, serta makanan bayi. Sedangkan bantuan medis yang diperlukan adalah obat-obatan.

Sebelumnya, Wali Kota Bima Qurais Abidin menjelaskan, tim gabungan dari BPBD dan Badan SAR Nasional Bima dikerahkan untuk mengevakuasi warga yang rumahnya terendam banjir. Sejumlah perahu karet juga disebar ke beberapa lokasi guna mengangkut siswa dan karyawan yang pulang dari sekolah dan kantor.

Sejumlah jalan, seperti Jalan Soekarno-Hatta dan Jalan Gajah Mada, tergenang air setinggi lebih dari 1 meter. Banyak pohon yang tumbang. “Akses jalan terputus,” ujar Qurais.


Spoiler for Karena Kekurangan Makanan Masyarakat Bima korban Banjir makan makanan yg terapung di banjir:


#prayforbima
Spoiler for banjir bandang pukul 07.00 22/12/16:


Spoiler for banjirbandang susulan bima pukul 10.00 wita 23/12/16:


Spoiler for banjirbandang susulan bima2:

Spoiler for banjir bandang bima 21/12/2016:


Spoiler for banjir susulan bima 23/12/16:

sampai saat Ini kota bima masih tergenang banjir bandang susulan sudah 3 hari masyarakat bima hidup tanpa listrik dan terbatasnya akses bantuan dan telkomunikasi karena derasnya aliran air. mereka masih berlindung diatas atap rumah dan rumah2 tetangga yg bertingkat. masyarakt bima sngt membutuhkan air bersih, selimut obat2an dan makanan.. bantuan yg belum bisa mereka terima karena tinggix debit air di jalan2 .msih bnyak masyarakt yg terjebak di atap rumahnya blum bs dievakuasi
mohon doa dan bantuannya Untuk masyarakat bima



Spoiler for update 01.00 WITA 24/12/16:

Spoiler for update 07.00 WITA 24/12/16:

Spoiler for kota bima pagi ini 24/12/16:

Spoiler for hari ini 24/12/16:


Spoiler for akun donasi:

Spoiler for curahan hati masyarakat bima 1:


Spoiler for curahan hati masyarakat bima3:

Spoiler for curahan hati masyarakat bima 4:

Spoiler for curahan hati masyarskat bima 5:

Quote:

Spoiler for updatean 25-12-2016:
Diubah oleh almudasir 30-12-2016 08:13
0
7.6K
104
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan