KASKUS.EditorAvatar border
TS
KASKUS.Editor
[Success Stories] Ninenine Clothing, Perjuangan Sukses Anak Jogja di Bisnis Fashion


Setiap Seller pasti punya ceritanya sendiri untuk sampai akhirnya bisa sukses. Sama kayak Seller KASKUS asal Jogja ini, yang awalnya ikut-ikutan temen untuk ngaskus sambiil jualan sampai sekarang bisa segera punya rumah sendiri. Lewat kecintaanya terhadap dunia fashion, ternyata jadi faktor yang berhasil menelurkan brand, Ninenine Clothing. Simak cerita lengkapnya yuk!



1. Halo Gan, kenalan dulu dong! Siapa nama lengkap Agan dan berlokasi dimana nih?
Halo Gan dan Sist! Halo juga KASKUS, kenalin nama ane Irwan Saputra dan ane tinggal di Yogyakarta.

2. Lagi sibuk apa sekarang?
Kesibukan sekarang masih berkutat di pengembangan usaha ane sekarang, yak apalagi kalau buka Ninenine Clothing emoticon-Big Grin

3. Sudah berapa lama berkecimpung di KASKUS Jual Beli? Dan kenapa akhirnya memilih KASKUS untuk berjualan produk Agan?
Wah ane ngaskus udah lama banget pastinya, dari tahun 2009. Waktu itu masih kuliah semester akhir. Ane jualan di KASKUS Jual Beli awalnya karena ikut-ikutan temen yang udah duluan jadi Kaskuser dan berjualan di KASKUS Jual Beli (waktu itu namanya masih FJB). Eh, akhirnya malah keterusan sampai sekarang jualan di KASKUS.



4. Adakah nama official untuk lapak Agan? Eh ada cerita apa dibalik nama Ninenine Clothing? Apa artinya sih?emoticon-Big Grin
Nama lapaknya atau nama brandnya Ninenine Clothing. Awalnya dapat ide pakai nama ini karena ane suka sama filosofi angka. Nine atau sembilan sendiri punya banyak makna. Angka sembilan berarti nilai tertinggi dari suatu deret angka (0-9), dan sembilan juga merupakan nominal terbanyak (0-9). Jadi kesimpulannya ane pengen Ninenine nanti bisa jadi brand yang sangat terkenal dan punya varian produk terbanyak, hehe… Boleh dong bercita-cita tinggi ya? emoticon-Wink

5. Ceritain dong awal mula kenapa bisa memilih berjualan produk fashion ditengah banyaknya brand yang bermunculan? Ada tantangannya ga sih?
Ane pilih usaha dibidang fashion karena ane ngerasa punya passion di bidang ini. Semenjak masuk kuliah mulai tertarik ke dunia fashion. Sekitar tahun 2009 distro-distro lagi booming di kota Yogyakarta, ane sampe pernah kerja part time di distro untuk mengisi waktu kosong selama jadi mahasiswa. Dari sini ane punya pengalaman dan keluar dari distro mulai merintis usaha sendiri.



Maraknya brand-brand baru yang bermunculan dan sukses justru menjadi pemicu buat ane buat bikin usaha sendiri. Mereka aja bisa, kenapa ane enggak? Hehe. Untuk tantangan pasti ada ya! Semua orang tahu pusat distro ada di Bandung yang berarti pengrajin banyak yang tinggal di sana. Nah dulu untuk yang berdomisili luar bandung dan sekitarnya biasanya agak susah untuk nyari kriteria pengrajin atau penjahit yang handal, ane bukan mau mengdiskreditkan penjahit lokal, penjahit lokal Jogja juga ada yang bagus, tapi waktu itu masih sangat sulit dicari. Akhirnya ane sampe beberapa kali bolak-balik Jogja-Bandung nyari penjahit, gonta-ganti, dan akhirnya dapat yang pas untuk dibawa dan tinggal di Jogja.

6. Apa sih yang membedakan Ninenine Clothing dengan produk fashion lain yang dijual?
Pembeda dengan brand lain lebih ke hal teknis sih sist, misal kebanyakan brand-brand dari Bandung sering bikin pake bahan A, Ninenine sengaja bikin pake bahan B atau bahan C, desainnya pun beda. Ini sengaja dilakukan biar ada ciri khas tersendiri untuk brand yang ane bangun.



7. Kasih tau tips and trick nya dong kenapa Ninenine Clothing bisa diterima oleh Kaskuser? Dan strategi apa untuk memasarkan produk Agan di online dan KASKUS tentunya?
Untuk bisa diterima oleh Kaskuser sebenernya cukup sederhana ya sist. Waktu awal-awal jualan di KASKUS, produk ane ga dibandroll dengan harga tinggi. Justru karena ane tau dulu mayoritas user yang aktif di KASKUS masih dari kalangan pelajar, jadi ane jual dengan harga yang cukup terjangkau.

Selain faktor itu harus diperhatikan juga dari segi estetika lapak, seperti info produk yang lengkap, foto yang jelas dan detil, dan juga harus fast response karena buyer akan mengapresiasinya kalo seller fast response. Untuk pemasaran kita juga ada via website dan juga social media seperti facebook, twitter, dan Instagram. Lewat KASKUS sendiri ane bisa menjaring banyak reseller. Jadi KASKUS JUAL BELI enggak hanya untuk jualan tapi bisa juga untuk cari reseller.



KASKUS punya trafik yang sangat besar per harinya, jadi setiap KASKUS mau mengadakan event online gitu ane biasanya pasti join, ini sangat bagus untuk mempromosikan brand ane ke banyak Kaskuser. Selain itu juga manfaatin fitur KASKUS Ads yang ada. Enggak bakal rugi kok!

8. Untuk memotivasi Kaskuser, berapa kisaran omzet Ninenine Clothing tiap bulannya? Udah bisa ngapain aja sih dari hasil jualan ini? emoticon-Big Grin
Kisaran omset sekitar 40-50 juta per-bulan, enggak terlalu banyak, kerja santai tapi bisa dapet segitu ane udah bersyukur banget. Ane hobi traveling dan fotografi, jadi banyak uangnya yang ‘dijajankan’ ke hobi hihi. Oh iya, sekarang ane lagi nabung buat beli rumah nih, doain biar cepat kesampaian ya, Gan emoticon-Malu (S)

9. Mengapa Agan membuka lapak di KASKUS?
Karena menurut ane KASKUS sangat memperhatikan membernya, especially buat kaskuser yang sering transaksi jual beli di sana. KASKUS Jual Beli juga selalu di-update. Fitur-fiturnya makin oke dan canggih, semakin memudahkan baik Seller maupun Buyer. Ane jualan cukup akses satu aplikasi KASKUS Jual Beli di smartphone. Mudah banget!



10. Apakah ada lapak offline (toko) Agan?
Beberapa tahun belakangan Ninenine sempat punya outlet atau toko offline, tapi karena satu dan lain hal outletnya ane tutup di tahun kedua, karena ternyata belum siap dari sisi manajemen. Dan sekarang masih difokuskan ke online sist. Semoga tahun depan ane siap buka outlet lagi aamiin..

11. Apa pengalaman lucu atau unik yang pernah dialami Agan selama berjualan di KASKUS?
Ane masih inget pernah punya pengalaman lucu jualan di KASKUS. Jadi waktu awal-awal bikin lapak jualan KASKUS ane pernah salah lapak, kalo istilah Kaskuser “Salah Kamar!”. Karena saking semangatnya mau jualan jadi sampe ga teliti. Masak jualan di forum lounge emoticon-Malu



12. Bagi tips untuk Kaskuser dong, gimana caranya jadi seller sukses di KASKUS emoticon-Big Grin
Kalau ingin jadi seller yang sukses di KASKUS ga melulu harus paham hal-hal teknisnya saja. Sebagai seller yang baik harus punya good attitude. Dan yang paling penting punya motivasi. Harus ada motivasi yang kuat. Ini semua adalah hal non-teknis. Banyak seller di luar sana yang mengabaikan hal ini. Satu lagi, pebisnis harus punya mentor. Ane banyak dapat pelajaran penting dari mentor ane. Nyari mentor ga susah kok gan, online mentoring ada banyak atau langsung ketemuan juga ada, yang pastinya bisa interactive (tanya jawab langsung). Punya mentor manfaatnya banyak, salah satunya bisa menghindarkan kita dari salah langkah dalam bisnis. By the way, untuk hal teknis sendiri sudah banyak tulisan di KASKUS yang membahas cara memulai berjualan atau bikin lapak di KASKUS JUAL BELI.


Quote:


Username: Sepintu
Lapak: Ninenine Clothing

Diubah oleh KASKUS.Editor 22-12-2016 08:38
0
26.2K
126
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan