zheeppj78Avatar border
TS
zheeppj78
17 Fakta Menarik Sang Kreator Mario Bros, Shigeru Miyamoto
emoticon-Om Telolet Om!emoticon-Om Telolet Om!

Seandainya aja klakson telolet bisa jadi lagu, ane penasaran gimana jadinya lagu Super Mario. Apalagi Super Mario lagi nge-hits banget sejak launching Super Mario Run beberapa hari lalu emoticon-Leh Uga




Kenalan yuk sama Shigeru Miyamoto (宮本 茂 ) si pembuat game Super Mario ini lahir di di kota kecil Sonobe, Kyoto, Jepang pada 16 November 1952.



Miyamoto dulu kuliah di Kanazawa Art and Industrial Design University. Dia ambil jurusan industrial design dan baru lulus kuliah 5 tahun kemudian.



Selain Mario Bros., Miyamoto juga melahirkan berbagai karakter video games di antaranya Donkey Kong, The Legend of Zelda, F-Zero, Star Fox, Pikmin, Wave Race, Excitebike, Stunt Race FX, Pilotwings, Space Firebird, Ice Climbers dan Nintendogs.



Awalnya, Miyamoto nanya ke orang Nintendo apa mereka lagi nyari designer dan bilang kalo backgroundnya itu industrial designer. Tapi ternyata Nintendo lagi nggak nyari industrial designer. Sampe akhirnya dia agak maksa orang Nintendo untuk ngasih dia kesempatan interview sampe akhirnya dia berhasil nunjukkin portfolionya ke head of design team. Akhirnya diterima deh dia.



Di Nintendo, Miyamoto awalnya kerja jadi staff artist dan pekerjaan utamanya adalah untuk ngedesain furnitur game dingdong alias arcade pertama Nintendo, Radar Scope. Tapi game ini gagal total. Akhirnya Hiroshi Yamauchi, presidennya Nintendo minta Miyamoto untuk bikin game yang bisa "nolongin" posisi Nintendo yang lagi down. Berkat kerjasama dengan para engineers dan programmers Nintendo, jadi lah Donkey Kong yang sukses besar!



Di tahun 1983, Nintendo ngerilis Famicom (Family Computer) atau NES (Nintendo Entertainment System). Saat launching di Amerika Utara, karakter utama di game yang lagi ngehits adalah Jumpman. Nama Mario sendiri diambil dari nama pemilik gudang manufaktur Nintendo of America (NOA) yang namanya Mario, jadi tim Nintendo Amerika namain si Jumpman itu Mario. Sampe akhirnya dirilis di Atari 2600 dengan nama Mario Bros, dan di NES dengan nama Super Mario Bros. Sampe sekarang, Mario Bros jadi hits banget di seluruh dunia. Hampir semua orang tau Super Mario Bros yang muncul di lebih dari 100 game yang beda-beda.



Selain Mario, game The Legend of Zelda juga lahir dari Miyamoto. Ia punya ide yang asalnya dari petualangannya dia waktu masih kecil nemuin gua. Kemudian dia pakai lampu buat masuk ke dalam gua dan ternyata ada gua lainnya. Hal itu yang bikin dia terinspirasi buat bikin game ini.



Waktu umurnya 40 tahun, Miyamoto mutusin buat berenti ngerokok dan lebih peduli ke makanan yang dia makan. Bahkan dia tiap hari nimbang badan dan nulis hasilnya di kamar mandi. Ternyata keluarganya tertarik tentang progressnya, terus dia akhirnya punya ide buat bikin game yang orientasinya fitness buat kesehatan. Jadilah Nintendo Wii Fit.



Miyamoto suka banget ngira-ngira ukuran segala macem barang. Dia selalu penasaran kalo ngeliatan barang yang random aja, berapa panjanganya, lebarnya, tingginya terus abis itu dia langsung ngecek pake meteran yang dia bawa kemana-mana.



Salah satu game buatannya Devil World dilarang untuk rilis di Amerika. Sebabnya, di game ini, akan ada naga yang bernama Tamagon yang masuk ke dalam neraka dan harus mengumpulkan Bible untuk ngasih makan pellets yang akan nemenin dia ngelawan Satan. Game ini dianggap terlalu banyak mengandung simbol-simbol agama untuk anak muda di Amerika.



Meskipun Miyamoto ini adalah seorang figur yang keren banget dan jadi idola, ternyata dia juga punya tokoh yang diidolakan, yakni pembuat Star Wars, George Lucas.



Miyamoto suka banget sama bluegrass music dan country. Bahkan waktu kuliah, dia pernah punya band dengan aliran musik bluegrass. Dia percaya kalo ada hubungan antara belajar main game dan belajar untuk mainin alat musik.



Di tahun 2006, Miyamoto jadi desainer game pertama yang dianugerahi gelar knighthood di France's Order of Arts and Letters. Sayangnya, Miyamoto nggak dibolehin buat nambahin gelar "Sir" di depan namanya.



Dulunya Miyamoto selalu naik sepeda atau jalan kaki ke kantor, tapi sekarang udah nggak dibolehin. Kenapa? Karena peran Miyamoto semakin penting di Nintendo, jadi dia dipaksa buat naik mobil buat mencegah dia ketabrak motor waktu jalan kaki atau naik sepeda.



Saking berpengaruhnya Miyamoto di era game design sampe sekarang, Majalah Times pernah menyatakan kalo Shigeru Miyamoto adalah Steven Spielberg-nya video games.



Miyamoto juga sering dikatakan sebagai Walt Disney of video games.



Selama 30 tahun bekerja di Nintendo, Miyamoto juga selalu berkolaborasi dengan 2 orang team-matesnya, yakni direktur Takashi Tezuka dan direktur programming Toshihiko Nakago. Pokoknya nggak ada tuh program yang "lampu ijo" alias lolos kalo 3 orang ini belum setuju.


Shigeru Miyamoto emang bener-bener legenda dalam perkembangan games di seluruh dunia. Berkat karya-karyanya sejak awal game 8-bit sampe sekarang yang modern, kita jadi bisa main game yang seru-seru! Arigatou Gozaimasu, Shigeru Miyamoto-san! emoticon-2 Jempol

Quote:



SourceSource Source Source
0
32.8K
182
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan