CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Sudah 1,3 Juta Warga China Masuk ke Indonesia
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5857fdd2ded77011258b456c/sudah-13-juta-warga-china-masuk-ke-indonesia

Sudah 1,3 Juta Warga China Masuk ke Indonesia

Dirjen Imigrasi Ronny F Sompie mengakui jika China merupakan negara paling tinggi yang masyarakatnya masuk ke Indonesia sepanjang 2016 ini. Berdasarkan datanya, lebih dari satu juta warga China yang masuk ke Indonesia dari berbagai keperluan, mulai dari kunjungan wisata hingga bekerja di Indonesia.
"Jumlah yang masuk selama 2016, China terbanyak yakni 1.329.857 orang. Angka itu 15,60 persen dari warga asing yang masuk ke Indonesia selama 2016. Angka ini tercatat sampai 18 Desember 2016," kata Ronny saat berbincang di Apa Kabar Malam, tvOne, Senin malam, 19 Desember 2016.
Dia menjelaskan, China merangsek ke posisi pertama, setelah sebelumnya Singapura menduduki paling tinggi pertama warganya yang masuk ke Indonesia pada 2015 lalu. "Pada 2015, Singapura pertama dengan 1.439.500 orang, China pada 2015 di posisi kedua," kata Ronny.
Dari catatannya, ada kenaikan sebanyak dua persen warga China yang masuk ke Indonesia jika dikaitkan dengan periode yang sama tahun lalu. "Banyak yang berubah, ini mungkin karena ada kemudahan masuk, ada pula visa bebas kunjungan, dan perubahan itu sangat intens, termasuk adanya pekerja China," kata dia.
Sementara itu, menurut Ketua Komisi IX DPR RI, Dede Yusuf, pihaknya mempertanyakan angka besar warga China yang masuk ke Indonesia. Meski di satu sisi berdampak pada naiknya sektor wisata, namun ada masalah lain saat para warga China yang datang juga bekerja di Indonesia.
"Kami membentuk panja, dari hasil panja menyebutkan jika ini ada permasalahan besar, isu besar soal China. Ini bukan soal wisata, tapi berdampak pada persoalan pekerja, ini tanggung jawab siapa?" kata Dede Yusuf.
Dia mengatakan, China memiliki jumlah penduduk sebesar 1,4 miliar, di mana 400 juta warganya kini berstatus menganggur. Hal ini lah yang perlu dicermati di mana pemerintah dinilai justru mempermulus pekerja China berdatangan ke Indonesia lewat kerja sama yang dilakukan pemerintah.
"Jika kerja sama Indonesia dengan China berniat akan mendatangkan investor baru, membawa dampak ekonomi positif buat Indonesia, harusnya Indonesia yang diuntungkan. Ini kan jadi timbul masalah lain," kata dia.
"Dulu ada Permenaker yang kini sudah dicabut pemerintah. Disebutkan di aturan tersebut, masuk sini (Indonesia) mesti bisa berbahasa Indonesia, lalu level supervisor ke atas, dan didampingi 10 tenaga kerja Indonesia, dan ini sudah dicabut. Filter-filter ini sudah dicabut, ini jadi masalah baru." (ase)

http://bisnis.news.viva.co.id/news/read/861203-sudah-1-3-juta-warga-china-masuk-ke-indonesia?utm_source=dlvr.it&utm_medium=facebook


oh begitu
Halaman 1 dari 4
ewwew
waduhhh
Walah Negara yg tidak punya wibawa
wajar buat genjot pariwisata
singapura 1/4 penduduknya ke sini?
cek harga panlok turun pa kagak , jika harganya turun sudah pasti ada lonjakan peserta emoticon-Traveller
Ooh...uang baru rupiah yg mirip yuan ternyata untuk menyambut orang menlen yg berbondong bondong kemari ya...biar gak kaget emoticon-Malu (S)
Jangan takut bersaing. emoticon-Salaman
Baru 1,3 juta atau 15 persen dari total warga asing yang masuk, udah kebakaran jenggot.. katanya 10 juta cino kabeh, yang mana siih berita yang bener?.. hadeh..

Bagi seluruh warga indonesia mari bantu pemerintah agar para warga asing yang kita ketahui menyalahi aturan agar dilaporkan..
Tidak hanya china, timur tengah, singapore dll juga kita awasi..
hhhhmmmm.....
Quote:


emoticon-Sorry emoticon-Sundul
Emang habis masuk ga keluar lagi?! emoticon-Cape d...
hmmm emoticon-Cool
Kalo tidak melanggar aturan,ya gpp.. mungkin mereka mau jalan2 di indonesia.
Kalo melanggar aturan ya harus di tindak
Quote:

woiii........ itu mah orang mati tenggelamemoticon-Mewek
kalau niat jahat... tenggelamkan emoticon-Stick Out Tongueencet
oh wisatawan toh
yg ketangkep di Gresik maren
katanya sih yg ilegal skrg lgi proses dilempar balik ke planetnya
sekali lagi katanya...
yg menang tender dibekingi ama pabrik semen terkemuka di Endonesa emoticon-Busa
pantesan minggu kemarin pas "jalan2" ke sidayu ada "orang sipit" diajak ngomong jowo, indo, inggris hora iso emoticon-Busa

Wiwi kudu menjelaskan hal ini emoticon-Betty (S)
masyaallah emoticon-Takutemoticon-Takut
orang sipit emoticon-Takutemoticon-Takut
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di