inamoto tsaudji
TS
inamoto tsaudji
Mau Pinjam dari Uang Teman? Buktikan Kelayakan dengan Introspeksi Dulu!


Dalam situasi tertentu, banyak orang yang memilih untuk mencari tempat meminjam uang secara personal dan bukan dari institusi besar seperti bank. Kebanyakan menyatakan bahwa bank memberikan syarat yang terlalu sulit, mengharuskan pinjaman minimal yang terlalu banyak, dan juga proses yang sangat lama untuk bisa mendapatkan persetujuan dan dana cair. Inilah sebabnya sekarang ini semakin banyak yang menggunakan pinjaman onlineseperti UangTeman.

Layanan online seperti di atas adalah layanan yang menjanjikan dan memberikan segala fasilitas yang berlawanan dengan bank. Tak perlu lagi menunggu lama sampai berminggu-minggu, urusan Anda akan selesai hanya dalam beberapa hari saja. Tak ada lagi syarat yang terlalu kompleks untuk diikuti dan memberikan kemungkinan gagal yang lebih besar. Permintaan Anda biasanya akan disetujui dengan cepat, dan Anda pun akan mendapatkan uang pinjaman segera.

Namun semua kemudahan yang ditawarkan oleh layanan online seperti Uang Teman juga harus dihadapi dengan bijaksana. Dimulai dari pertanyaan pertama, yaitu: apakah Anda benar-benar memerlukan pinjaman tersebut? Tanyakan ini ke diri Anda:

Apakah saat ini Anda benar-benar tak memiliki simpanan lain untuk membayar kebutuhan Anda tersebut? Bisakah Anda menjual atau melelang aset Anda? Atau meminjam dari teman maupun anggota keluarga?
Apakah Anda bisa membayar pinjaman itu nanti setelah urusan Anda selesai, lengkap dengan biaya layanannya?
Seberapa mendadak atau mendesaknya keperluan ini? Bisakah hal tersebut menunggu sampai Anda mendapatkan tambahan uang bulanan Anda berikutnya?

Jika memang ternyata Anda membutuhkan dana tersebut saat itu juga, dan Anda tak melihat ada jalan lain lagi (termasuk meminjam ke teman maupun keluarga), maka pertanyaan berikutnya harus Anda jawab:

Berapa persisnya yang Anda butuhkan untuk menutupi kebutuhan Anda tersebut? Cukupkah pinjaman yang disediakan layanan online itu untuk Anda?
Ingatlah bahwa layanan pinjaman online biasanya tidak memberikan pinjaman terlalu besar seperti bank. Jadi bisakah Anda menyelesaikan urusan Anda dengan dana sebesar Rp1-2 jutaan yang diperlukan?
Semakin banyak jumlah yang Anda pinjam, maka penalty untuk mengembalikannya juga lebih tinggi. Siapkah Anda?

Kalau Anda sudah tahu tujuan Anda untuk melakukannya dan juga berapa jumlah persis yang Anda butuhkan ketika meminjam, pertanyaan berikutnya adalah: sudahkah Anda mengerti peraturan dan persyaratan yang diperlukan? Ini yang harus Anda perhatikan:

Sudah tahukah Anda apa saja syarat yang diperlukan untuk bisa meminjam dari layanan online ini? Ingat, aturan-aturannya biasanya cukup spesifik.
Selalu ada resiko bahwa permintaan Anda akan ditolak. Sudah siapkah Anda dengan segala persyaratan yang diperlukan?
Jika Anda menilai diri sendiri, patutkah Anda diberikan pinjaman? Apa yang akan membuat pemberi pinjaman tersebut yakin akan kemampuan Anda untuk membayar kembali?
Sudah tahukah Anda apa saja yang Anda perlukan untuk bisa memenuhi persyaratan tersebut? Lokasi Anda juga harus diperhatikan.
Adakah penalty dan juga biaya tambahan yang harus Anda perhatikan? Jangan sampai karena Anda terlalu fokus pada jumlah pinjaman, Anda jadi melupakan biaya yang lainnya lagi.
Berapa lama waktu yang disediakan untuk membayar kembali pinjaman Anda tersebut?

Jika Anda sudah bisa menjawab semua pertanyaan tersebut dengan mantap dan pasti, maka Anda bisa yakin bahwa Anda adalah kandidat calon penerima dana yang memang layak untuk mendapatkan pinjaman. Uang Teman biasanya akan menyetujui permintaan Anda jika memang Anda sudah memenuhi persyaratan dan terbukti mampu membayar. Jadi, sudah siapkah Anda memenuhi semua pertanyaan itu?
Diubah oleh inamoto tsaudji 13-05-2017 20:28
0
4.3K
25
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan