Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

bnvck1Avatar border
TS
bnvck1
5 Alasan Wisatawan Kepincut Halmahera Barat
Halmahera Barat, Maluku Utara punya pesona wisata yang bisa menarik perhatian wisatawan. Banyak hal seru dan menarik yang bisa Anda lihat dan temukan di sana. Mau tahu apa saja?

Daerah Indonesia bagian timur khususnya Halmahera Barat adalah tujuan pariwisata yang tak kalah cantik dibanding destinasi lainnya, seperti Raja Ampat, Pulau Seribu atau Bali. Indonesia yang termasuk dalam negara kepulauan terbesar di dunia ini, memiliki beragam adat istiadat, keindahan alam, serta kekayaan tradisional yang perlu didukung.

Kini, saatnya menyisihkan waktu liburan Anda untuk mengunjungi dan melihat langsung keindahan Halmahera Barat sebagai pilihan destinasi Anda selanjutnya. Berikut 5 alasan Halmahera Barat pas jadi tujuan liburan Anda:

1. Kecantikan bawah laut Halmahera Barat
5 Alasan Wisatawan Kepincut Halmahera Barat
Wilayah perairan di Indonesia diberkahi dengan beragam biota laut yang cantik. Untuk melihat secara langsung kecantikan bawah laut Indonesia, Anda bisa menyelam atau scuba diving di Halmahera Barat.

Ada banyak spot diving yang tersebar di wilayah Halmahera Barat, seperti Teluk Jailolo, Pulau Babua dan Loloda. Spot diving di perairan Halmahera Barat merupakan rumah bagi ratusan spesimen karang dan bunga laut. Saking beragamnya biota laut di Jailolo, Anda pun bisa berpapasan dengan hewan laut yang jarang terlihat. Salah satu hewan yang jarang terlihat dan bisa Anda temukan di sini adalah ikan mandarin yang hanya ada di kedalaman 4,5 meter saja.
Laut yang jernih membuat tempat ini juga menjadi surga bagi para fotografer bawah laut. Jadi jika Anda ingin mencoba fotografi bawah laut, Halmahera Barat adalah destinasi yang tepat bagi Anda.


2. Wisata Pantai dengan pasir putih dan laut biru
Selain bawah laut yang super cantik, Halmahera Barat juga memiliki banyak pantai dengan berbagai macam pesona. Beberapa di antaranya sudah mulai diketahui orang banyak. Namun, banyak pantai lainnya yang hanya diketahui oleh penduduk sekitar dan belum banyak dijamah turis lokal maupun mancanegara.
5 Alasan Wisatawan Kepincut Halmahera Barat
Selain diperkaya oleh pasir yang putih dan bersih, pantai di sana juga memiliki air berwarna biru jernih. Bahkan Anda dapat melihat perahu nelayan yang seakan-akan melayang di permukaan air.
Pemandangannya juga menakjubkan. Terkadang Anda dapat melihat pulau nan hijau di seberangnya atau gunung yang berada persis di tengah-tengah horizon. Bagi penyuka matahari dan aktivitas di pantai, coba kunjungi Pantai Susupu, Pantai Panjang, Pantai Disa atau Pantai Sulamadaha.

3. Kebudayaan serta adat istiadat Halmahera Barat yang beragam
5 Alasan Wisatawan Kepincut Halmahera Barat
Halmahera Barat punya ragam kultur dan adat istiadat tradisional yang berbeda dan menarik bagi para turis lokal maupun internasional. Jika Anda tertarik untuk menilik lebih jauh kekayaan budaya Indonesia, liburan ke Halmahera Barat dijamin bisa memuaskan keingintahuan Anda.
Dari pertunjukan tarian khas penduduk Halmahera Barat seperti Legu Salai, Sara Dabi-Dabi atau Cakalele, bermacam-macam upacara adat untuk perayaan yang berbeda-beda, pakaian adat yang dibuat dengan bahan-bahan alami, hingga perilaku dan cara berkomunikasi penduduk asli Halmahera semuanya menarik. Ini semua bisa Anda lihat secara langsung untuk menambah ilmu pengetahuan Anda.

4. Makanan tradisional dengan citarasa yang unik
5 Alasan Wisatawan Kepincut Halmahera Barat
Ada alasan mengapa dahulu bangsa Portugis menduduki tanah Halmahera ketika menjajah Indonesia. Ya, karena Halmahera kaya akan rempah-rempah seperti pala, cengkeh, kayu manis, dan jenis rempah-rempah lainnya menjadi salah satu kekayaan alam yang membuat daerah Indonesia Timur ini dilirik oleh pasar internasional.Â
Makanan tradisional khas Halmahera Barat biasanya dimasak dengan rempah-rempah asli dari Halmahera yang membuat cita rasanya lain dari pada yang lain. Makanan tradisional Halmahera Barat seperti nasi kembar, ikan dabu-dabu, wajik, ikan rica-Rica bisa jadi pilihan Anda. Selain itu, ada juga pisang mulu bebek pada umumnya disajikan menggunakan piring rotan, disertai sambal tamata dan beralaskan daun pisang.
Halmahera punya kebiasaan adat yang khas bernama Horum Sasadu, yaitu pesta makanan adat selama tujuh hari dan tujuh malam. Pesta ini dibuat untuk merayakan kesuksesan panen dan bentuk ucapan syukur kepada sang pemilik alam semesta.

5. Festival Teluk Jailolo
5 Alasan Wisatawan Kepincut Halmahera Barat
Festival Teluk Jailolo adalah acara tahunan yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Halmahera Barat. Adanya festival ini bertujuan untuk mempromosikan potensi pariwisata, kekayaan alam, budaya, dan bisnis yang ada di wilayah Jailolo, Halmahera Barat.
Bagi Anda yang penasaran ingin mengenal, menikmati, membantu, melestarikan alam, serta budaya asli masyarakat Halmahera Barat, Festival Teluk Jailolo patut dimasukkan dalam agenda perjalanan Anda tahun depan.
Festival yang selanjutnya akan diadakan pada bulan Mei tahun 2013, diisi oleh rangkaian acara yang beragam. Bagi Anda yang menyukai wisata alam, akan ada acara fun dive, hiking, serta ekspedisi burung bidadari. Untuk Anda yang gemar menikmati adat istiadat setempat, akan ada pesta dan pertunjukan tradisional adat dan penanaman karang laut.

SUMBER
Diubah oleh bnvck1 11-12-2012 05:08
0
2.1K
6
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan