

TS
azriel_bahrie
[UPDATE] Kamus Lengkap Istilah Dota yang Harus Agan Tau!
Tau kan kalo Dota itu game MOBA (Multiplayer online battle arena) pertama yang PALING DIMINATIdi seluruh dunia? Coba liat aja turnamen Dota 2 yang terbaru, total hadiahnya gak main-main gan, USD 20.770.460 atau sekitar 275 MILIAR RUPIAH! Pasti banyak juga agan-agan di sini yang jadi penggemar Dota, buat ngisi waktu luang, sekedar hobi main game atau emang diseriusin jadi pekerjaan utama.
![[UPDATE] Kamus Lengkap Istilah Dota yang Harus Agan Tau!](https://s.kaskus.id/images/2016/12/15/648247_20161215123707.jpg)
Saking banyaknya pemain Dota 2 di seluruh dunia, nggak asik rasanya kalo masih nggak tau apaan sih Dota itu? Tapi tenang aja gan, buat agan-agan yang baru main alias newbie di game Dota 2, ini ane rangkumin istilah-istilah yang sering digunakan sama para pemain Dota 2 dari Techinasiajadi nggak bingung kalo lagi buat ngatur taktik pas lagi tanding! Check it out, gan!
Quote:
A
Ability – Kemampuan khusus masing-masing hero. Dikenal juga dengan istilah spell.
AFK (Away from Keyboard) – Keadaan saat pemain nggak lagi ada di depan layar PC buat main, jadi hero yang dia mainin itu diam aja nggak ngasih respons
Aggro – Kondisi saat agan jadi target unit maupun tower lawan saat masuk ke jangkauan serang mereka.
Aghs – Singkatan untuk item Aghanim’s Scepter.
Ako tra mid – Omongan yang biasanya dipake orang Filipina buat ngasih tau anggota timnya kalo dia mau main di mid lane
Ancient/Throne – Bangunan gede yang ada di pusat markas. Ngehancurin ancient lawan adalah syarat untuk memenangkan pertandingan.
Ancient creep – Neutral creep yang lebih kuat dari creep hutan biasa, tapi ngasih Gold yang lebih besar. Ciri khas ancient creep ini adalah mereka kebal dari serangan magic.
AoE (Area of Effect) – Efek dari ability milik hero yang mencakup suatu wilayah dan bisa mengenai beberapa target sekaligus.
ASPD/AS (Attack Speed) – Banyaknya jumlah serangan yang bisa dilakukan unit dalam waktu tertentu. Attack Speed juga bisa dipengaruhin item, agility, atau aura.
Assist – Aksi membantu hero kawan dengan ngasih damage ataupun efek yang menguntungkan saat membunuh hero musuh.
Aura – Efek yang memberikan kekuatan lebih ke hero yang agan gunakan dan semua unit di sekitarnya.
Auto attack – Serangan dasar otomatis yang dilancarkan hero waktu unit musuh memasuki jangkauan serangnya.
Ability – Kemampuan khusus masing-masing hero. Dikenal juga dengan istilah spell.
AFK (Away from Keyboard) – Keadaan saat pemain nggak lagi ada di depan layar PC buat main, jadi hero yang dia mainin itu diam aja nggak ngasih respons
Aggro – Kondisi saat agan jadi target unit maupun tower lawan saat masuk ke jangkauan serang mereka.
Aghs – Singkatan untuk item Aghanim’s Scepter.
Ako tra mid – Omongan yang biasanya dipake orang Filipina buat ngasih tau anggota timnya kalo dia mau main di mid lane
Ancient/Throne – Bangunan gede yang ada di pusat markas. Ngehancurin ancient lawan adalah syarat untuk memenangkan pertandingan.
Ancient creep – Neutral creep yang lebih kuat dari creep hutan biasa, tapi ngasih Gold yang lebih besar. Ciri khas ancient creep ini adalah mereka kebal dari serangan magic.
AoE (Area of Effect) – Efek dari ability milik hero yang mencakup suatu wilayah dan bisa mengenai beberapa target sekaligus.
ASPD/AS (Attack Speed) – Banyaknya jumlah serangan yang bisa dilakukan unit dalam waktu tertentu. Attack Speed juga bisa dipengaruhin item, agility, atau aura.
Assist – Aksi membantu hero kawan dengan ngasih damage ataupun efek yang menguntungkan saat membunuh hero musuh.
Aura – Efek yang memberikan kekuatan lebih ke hero yang agan gunakan dan semua unit di sekitarnya.
Auto attack – Serangan dasar otomatis yang dilancarkan hero waktu unit musuh memasuki jangkauan serangnya.
Quote:
B
B – Singkatan dari back atau mundur ke posisi yang lebih aman, biasanya dipake waktu berkomunikasi dengan kawan lewat teks. Kadang juga bisa diartikan kembali ke base.
Backdoor – Menyelinap ke area markas musuh untuk menghancurkan bangunan tanpa bantuan dari creep.
Backdoor Protection – Kemampuan bangunan melakukan heal dalam jumlah banyak kalo ada hero yang menyerangnya tanpa didampingi oleh creep. Kemampuan ini bakalan hilang kalo ada creep lawan di dekat bangunan tersebut. Khusus untuk bangunan di dalam base, kemampuan ini akan hilang jika ada creep lawan yang masuk ke dalam area base, meskipun berada di lane berbeda. Tower tier 1 gak punya Backdoor Protection.
Balance – Keseimbangan dalam sebuah game, dalam artian nggak ada aspek yang terlalu kuat dan dieksploitasi, dan nggak ada yang terlalu lemah.
Barrack – Bangungan dalam base di belakang tower tier 3 yang perlu dihancurin bua ngedapetin super creep dan mega creep di tim agan. Masing-masing lane punya dua barrack, yaitu melee barrack dan ranged barrack, dan baru bisa diserang/dihancurin kalo lawan ngehancurin tower tier 3 di lane tersebut.
Base – Markas masing-masing tim. Base mencakup area dari tower tier 3 sampai fountain.
Bash – Efek serangan yang menyebabkan unit lawan terkena stun.
Bobo – Ucapan yang sering digunakan pemain Filipina untuk menghina kebodohan pemain lain.
Body Blocking – Menghalangi gerakan lawan dengan cara meletakkan unit atau hero tepat di hadapannya.
Break – Kemampuan menghilangkan ability pasif milik hero musuh.
Buff – Efek positif, seperti kekebalan sementara, peningkatan kecepatan serang, dan lainnya, yang didapatkan para hero.
Build – Kombinasi dari item dan ability milik hero dalam suatu pertempuran.
Buyback – Mengeluarkan sejumlah Gold agar hero yang telah mati dapat segera respawn tanpa harus menunggu beberapa saat.
B – Singkatan dari back atau mundur ke posisi yang lebih aman, biasanya dipake waktu berkomunikasi dengan kawan lewat teks. Kadang juga bisa diartikan kembali ke base.
Backdoor – Menyelinap ke area markas musuh untuk menghancurkan bangunan tanpa bantuan dari creep.
Backdoor Protection – Kemampuan bangunan melakukan heal dalam jumlah banyak kalo ada hero yang menyerangnya tanpa didampingi oleh creep. Kemampuan ini bakalan hilang kalo ada creep lawan di dekat bangunan tersebut. Khusus untuk bangunan di dalam base, kemampuan ini akan hilang jika ada creep lawan yang masuk ke dalam area base, meskipun berada di lane berbeda. Tower tier 1 gak punya Backdoor Protection.
Balance – Keseimbangan dalam sebuah game, dalam artian nggak ada aspek yang terlalu kuat dan dieksploitasi, dan nggak ada yang terlalu lemah.
Barrack – Bangungan dalam base di belakang tower tier 3 yang perlu dihancurin bua ngedapetin super creep dan mega creep di tim agan. Masing-masing lane punya dua barrack, yaitu melee barrack dan ranged barrack, dan baru bisa diserang/dihancurin kalo lawan ngehancurin tower tier 3 di lane tersebut.
Base – Markas masing-masing tim. Base mencakup area dari tower tier 3 sampai fountain.
Bash – Efek serangan yang menyebabkan unit lawan terkena stun.
Bobo – Ucapan yang sering digunakan pemain Filipina untuk menghina kebodohan pemain lain.
Body Blocking – Menghalangi gerakan lawan dengan cara meletakkan unit atau hero tepat di hadapannya.
Break – Kemampuan menghilangkan ability pasif milik hero musuh.
Buff – Efek positif, seperti kekebalan sementara, peningkatan kecepatan serang, dan lainnya, yang didapatkan para hero.
Build – Kombinasi dari item dan ability milik hero dalam suatu pertempuran.
Buyback – Mengeluarkan sejumlah Gold agar hero yang telah mati dapat segera respawn tanpa harus menunggu beberapa saat.
Quote:
C
Cancel – Pembatalan suatu aksi, baik disengaja, nggak sengaja, atau dihentikan oleh musuh.
Carry – Peran dalam suatu tim yang bertugas untuk memberikan banyak damage pada tim lawan. Biasanya lemah di awal tapi kuat di akhir.
Commit – Keputusan untuk ngelakuin tindakan berisiko besar, misalnya melakukan push ke base musuh dengan risiko terbunuh lawan.
Consumable – Item yang bisa digunakan secara aktif dalam jumlah terbatas, misalnya buat nambah health. Kalo jumlah penggunaan habis, item tersebut akan ilang atau nggak bisa digunakan sebelum diisi ulang.
Cooldown – Waktu yang diperlukan agar suatu ability bisa digunain lagi.
Core – Hero yang punya prioritas untuk ngambil lebih banyak farm.
Creep – Prajurit yang dikendalikan oleh AI dan berjalan menuju markas lawan secara otomatis.
Creep Blocking – Menghalangi pergerakan creep kawan dengan karakter kita jadi mereka berjalan lebih lambat. Tujuannya adalah membuat titik temu dengan creep lawan lebih mendekati tower kawan.
Creep Pulling – Menarik neutral creep dari hutan dengan cara membuatnya mengejar karaktermu sampai ke lane, sehingga creep kawan akan menyerang neutral creep. Memiliki tujuan yang sama dengan creep blocking.
Creep Skipping – Membunuh creep musuh saat mereka belum berhadapan dengan creep kawan, atau membunuh gerombolan creep musuh di belakang walaupun kelompok yang ada di depannya masih hidup.
Creep Stacking – Menumpuk jumlah neutral creep di neutral camp dengan cara memancingnya pergi di saat yang tepat, sehingga neutral creep baru akan muncul walaupun kelompok sebelumnya belum mati.
Creeping – Istilah yang digunakan beberapa pemain Indonesia untuk farming di lane dengan mengambil sebanyak mungkin last hit pada creep lawan.
Creep Score (CS) – Total last hit dan deny yang agan dapetin sepanjang pertandingan.
Crit – Singkatan dari critical.
Cyka blyat – Makian yang biasa digunakan oleh pemain asal Rusia.
Crowd Control (CC)/Disable – Skill atau item yang bisa mengendalikan, mengurangi, atau membatasi kemampuan lawan dalam bertindak. Beberapa jenis disable yang biasanya digunakan antara lain:
o Banish – Membuat lawan menghilang selama beberapa saat jadi nggak bisa ngelakuin apa-apa, tapi di saat yang sama juga nggak bisa diserang.
o Blind – Membuat lawan berpeluang untuk meleset waktu nyerang.
o Break – Menonaktifkan skill pasif lawan selama beberapa saat.
o Cyclone – Mirip sama stun, membuat lawan nggak bisa bergerak atau ngegunain item dan skill selama beberapa saat. Lawan juga akan terangkat ke atas udara dan nggak bisa diserang sama sekali.
o Disarm – Membuat lawan nggak bisa nyerang, tapi tetep bisa melakukan tindakan yang lain.
o Ethereal – Membuat lawan nggak bisa nyerang, tapi juga nggak bisa diserang. Biasanya efek ini juga membuat lawan lemah terhadap magic dan mendapat slow.
o Hex – Mengubah lawan jadi hewan kecil (babi, ikan, ayam, atau katak), membuatnya nggak bisa nyerang, pake spell maupun item, dan bergerak sangat lambat, tapi masih bisa mengaktifkan skill/ability pasif.
o Mute – Membuat lawan nggak bisa pake item aktif seperti Abyssal Blade atau Mekansm.
o Root – Membuat lawan nggak bisa bergerak dan pake beberapa skill mobilitas kayak teleport dan blink. Tapi lawan tetap bisa membalik badan dan menggunakan spell atau item.
o Silence – Membuat lawan nggak bisa pake spell selama beberapa saat.
o Sleep – Mirip sama stun, membuat lawan nggak bisa bergerak atau menggunakan item dan skill selama beberapa saat. Tapi efeknya akan hilang kalo unit yang terkena sleep menerima damage atau diserang.
o Slow – Memperlambat gerakan dan/atau serangan lawan selama beberapa saat.
o Stun – Membuat lawan nggak bisa bergerak atau menggunakan item dan skill selama beberapa saat.
Cancel – Pembatalan suatu aksi, baik disengaja, nggak sengaja, atau dihentikan oleh musuh.
Carry – Peran dalam suatu tim yang bertugas untuk memberikan banyak damage pada tim lawan. Biasanya lemah di awal tapi kuat di akhir.
Commit – Keputusan untuk ngelakuin tindakan berisiko besar, misalnya melakukan push ke base musuh dengan risiko terbunuh lawan.
Consumable – Item yang bisa digunakan secara aktif dalam jumlah terbatas, misalnya buat nambah health. Kalo jumlah penggunaan habis, item tersebut akan ilang atau nggak bisa digunakan sebelum diisi ulang.
Cooldown – Waktu yang diperlukan agar suatu ability bisa digunain lagi.
Core – Hero yang punya prioritas untuk ngambil lebih banyak farm.
Creep – Prajurit yang dikendalikan oleh AI dan berjalan menuju markas lawan secara otomatis.
Creep Blocking – Menghalangi pergerakan creep kawan dengan karakter kita jadi mereka berjalan lebih lambat. Tujuannya adalah membuat titik temu dengan creep lawan lebih mendekati tower kawan.
Creep Pulling – Menarik neutral creep dari hutan dengan cara membuatnya mengejar karaktermu sampai ke lane, sehingga creep kawan akan menyerang neutral creep. Memiliki tujuan yang sama dengan creep blocking.
Creep Skipping – Membunuh creep musuh saat mereka belum berhadapan dengan creep kawan, atau membunuh gerombolan creep musuh di belakang walaupun kelompok yang ada di depannya masih hidup.
Creep Stacking – Menumpuk jumlah neutral creep di neutral camp dengan cara memancingnya pergi di saat yang tepat, sehingga neutral creep baru akan muncul walaupun kelompok sebelumnya belum mati.
Creeping – Istilah yang digunakan beberapa pemain Indonesia untuk farming di lane dengan mengambil sebanyak mungkin last hit pada creep lawan.
Creep Score (CS) – Total last hit dan deny yang agan dapetin sepanjang pertandingan.
Crit – Singkatan dari critical.
Cyka blyat – Makian yang biasa digunakan oleh pemain asal Rusia.
Crowd Control (CC)/Disable – Skill atau item yang bisa mengendalikan, mengurangi, atau membatasi kemampuan lawan dalam bertindak. Beberapa jenis disable yang biasanya digunakan antara lain:
o Banish – Membuat lawan menghilang selama beberapa saat jadi nggak bisa ngelakuin apa-apa, tapi di saat yang sama juga nggak bisa diserang.
o Blind – Membuat lawan berpeluang untuk meleset waktu nyerang.
o Break – Menonaktifkan skill pasif lawan selama beberapa saat.
o Cyclone – Mirip sama stun, membuat lawan nggak bisa bergerak atau ngegunain item dan skill selama beberapa saat. Lawan juga akan terangkat ke atas udara dan nggak bisa diserang sama sekali.
o Disarm – Membuat lawan nggak bisa nyerang, tapi tetep bisa melakukan tindakan yang lain.
o Ethereal – Membuat lawan nggak bisa nyerang, tapi juga nggak bisa diserang. Biasanya efek ini juga membuat lawan lemah terhadap magic dan mendapat slow.
o Hex – Mengubah lawan jadi hewan kecil (babi, ikan, ayam, atau katak), membuatnya nggak bisa nyerang, pake spell maupun item, dan bergerak sangat lambat, tapi masih bisa mengaktifkan skill/ability pasif.
o Mute – Membuat lawan nggak bisa pake item aktif seperti Abyssal Blade atau Mekansm.
o Root – Membuat lawan nggak bisa bergerak dan pake beberapa skill mobilitas kayak teleport dan blink. Tapi lawan tetap bisa membalik badan dan menggunakan spell atau item.
o Silence – Membuat lawan nggak bisa pake spell selama beberapa saat.
o Sleep – Mirip sama stun, membuat lawan nggak bisa bergerak atau menggunakan item dan skill selama beberapa saat. Tapi efeknya akan hilang kalo unit yang terkena sleep menerima damage atau diserang.
o Slow – Memperlambat gerakan dan/atau serangan lawan selama beberapa saat.
o Stun – Membuat lawan nggak bisa bergerak atau menggunakan item dan skill selama beberapa saat.
Quote:
D
Damage Reduction – Efek yang menurunkan damage serangan dari hero lawan. Damage reduction memiliki perhitungan yang berbeda dengan penurunan damage dari armor atau magic resistance.
DD (Double Damage) – Salah satu rune di sungai yang efeknya meningkatkan damage dua kali lipat.
Debuff – Menghilangkan efek positif yang dimiliki lawan, atau memberinya efek negatif jadi menguntungkan tim agan.
Def – Singkatan dari defend atau defense. Biasa diucapkan untuk menyuruh kawan bertahan di dekat tower atau base.
Deny – Membunuh sendiri creep kawan agar musuh nggak memperoleh Gold dan hanya mendapatkan setengah poin EXP.
Deward – Proses menemukan ward milik tim musuh dan memusnahkannya.
Die Back – Kondisi saat hero yang hidup kembali setelah melakukan Buyback terbunuh nggak lama kemudian.
Dispel – Menghilangkan efek positif maupun negatif yang dimiliki hero.
Dive – Aksi bergerak menyerang hingga ke dalam jangkauan serang tower lawan.
DOT (Damage Over Time) – Efek damage yang diberikan kepada hero secara berkala selama beberapa saat (nggak instan).
DPS (Damage per Second) – Total damage yang dihasilkan oleh hero tiap detiknya. Istilah DPS biasanya mengacu pada serangan dasar (auto attack).
Damage Reduction – Efek yang menurunkan damage serangan dari hero lawan. Damage reduction memiliki perhitungan yang berbeda dengan penurunan damage dari armor atau magic resistance.
DD (Double Damage) – Salah satu rune di sungai yang efeknya meningkatkan damage dua kali lipat.
Debuff – Menghilangkan efek positif yang dimiliki lawan, atau memberinya efek negatif jadi menguntungkan tim agan.
Def – Singkatan dari defend atau defense. Biasa diucapkan untuk menyuruh kawan bertahan di dekat tower atau base.
Deny – Membunuh sendiri creep kawan agar musuh nggak memperoleh Gold dan hanya mendapatkan setengah poin EXP.
Deward – Proses menemukan ward milik tim musuh dan memusnahkannya.
Die Back – Kondisi saat hero yang hidup kembali setelah melakukan Buyback terbunuh nggak lama kemudian.
Dispel – Menghilangkan efek positif maupun negatif yang dimiliki hero.
Dive – Aksi bergerak menyerang hingga ke dalam jangkauan serang tower lawan.
DOT (Damage Over Time) – Efek damage yang diberikan kepada hero secara berkala selama beberapa saat (nggak instan).
DPS (Damage per Second) – Total damage yang dihasilkan oleh hero tiap detiknya. Istilah DPS biasanya mengacu pada serangan dasar (auto attack).
Quote:
E
Easy Lane/Safelane/Short Lane – Salah satu lane dalam arena Dota 2 yang paling aman dan mudah untuk melakukan farming. Posisi tower kawan dalam Easy Lane terletak dekat dengan titik temu creep, sehingga memudahkan hero kamu untuk segera mundur dan menghindari serangan lawan. Letak Easy Lane untuk faksi Radiant adalah lane paling bawah, sedangkan untuk faksi Dire berada di lane paling atas.
Easy Lane/Safelane/Short Lane – Salah satu lane dalam arena Dota 2 yang paling aman dan mudah untuk melakukan farming. Posisi tower kawan dalam Easy Lane terletak dekat dengan titik temu creep, sehingga memudahkan hero kamu untuk segera mundur dan menghindari serangan lawan. Letak Easy Lane untuk faksi Radiant adalah lane paling bawah, sedangkan untuk faksi Dire berada di lane paling atas.
Quote:
F
Farming – Kegiatan mengumpulkan uang dan menghindari kontak dengan tim lawan, tujuannya buat membeli item.
Fog of War – Kabut dalam arena pertempuran yang membuat pemain nggak bisa melihat kondisi wilayah, kecuali dengan berjalan mendekat atau menaruh ward.
Fountain – Daerah dalam markas di mana hero respawn setelah mati dan mendapatkan percepatan pemulihan HP maupun mana.
Farming – Kegiatan mengumpulkan uang dan menghindari kontak dengan tim lawan, tujuannya buat membeli item.
Fog of War – Kabut dalam arena pertempuran yang membuat pemain nggak bisa melihat kondisi wilayah, kecuali dengan berjalan mendekat atau menaruh ward.
Fountain – Daerah dalam markas di mana hero respawn setelah mati dan mendapatkan percepatan pemulihan HP maupun mana.
Quote:
G
G – Singkatan dari go. Aba-aba untuk menyerang.
Gago – Memiliki arti serupa dengan kata bobo.
Gank – Mengepung satu atau beberapa hero lawan dengan rekan-rekan setim yang berjumlah lebih banyak.
GGWP (Good Game, Well Played) – Istilah yang sering diucapkan saat permainan telah selesai untuk memuji permainan yang telah berlangsung, atau untuk mengejek ketika musuh melakukan kesalahan yang menguntungkan tim kamu.
Glass Cannon – Istilah untuk menyebut hero yang memiliki kemampuan menghasilkan damage besar layaknya meriam, tetapi rapuh seperti kaca. Kondisi ini biasanya diperoleh dari fokus membeli item untuk memperkuat serangan tanpa memikirkan pertahanan.
G – Singkatan dari go. Aba-aba untuk menyerang.
Gago – Memiliki arti serupa dengan kata bobo.
Gank – Mengepung satu atau beberapa hero lawan dengan rekan-rekan setim yang berjumlah lebih banyak.
GGWP (Good Game, Well Played) – Istilah yang sering diucapkan saat permainan telah selesai untuk memuji permainan yang telah berlangsung, atau untuk mengejek ketika musuh melakukan kesalahan yang menguntungkan tim kamu.
Glass Cannon – Istilah untuk menyebut hero yang memiliki kemampuan menghasilkan damage besar layaknya meriam, tetapi rapuh seperti kaca. Kondisi ini biasanya diperoleh dari fokus membeli item untuk memperkuat serangan tanpa memikirkan pertahanan.
Quote:
H
Haste – Buff dari rune dimana kamu akan punya movement speed sampai 522 selama beberapa detik.
Harass – Memberikan damage ke hero musuh tanpa memberikan kesempatan lawan untuk membalas. Biasanya harass dilakukan dengan tipe serangan jarak jauh.
Hard Lane/Offlane/Suicide Lane – Lane dalam arena Dota 2 yang paling sulit untuk melakukan farming. Posisi tower kawan dalam Hard Lane terletak jauh dari titik temu creep, sehingga menyulitkan hero kamu untuk segera mundur dan menghindari serangan lawan. Letak Hard Lane untuk faksi Radiant adalah lane paling bawah atas, sedangkan untuk faksi Dire berada di lane paling atas bawah.
Heal – Mengembalikan health yang berkurang.
Health/Hit Point/HP – Darah atau daya tahanmu. Hero yang kamu gunakan mati jika memiliki 0 health.
Hero – Unit yang kamu kendalikan sepanjang permainan.
High Ground – Daratan yang lebih tinggi dibanding area sekitarnya. Unit di high ground tidak akan terlihat kalau kamu berada di daratan yang lebih rendah.
Haste – Buff dari rune dimana kamu akan punya movement speed sampai 522 selama beberapa detik.
Harass – Memberikan damage ke hero musuh tanpa memberikan kesempatan lawan untuk membalas. Biasanya harass dilakukan dengan tipe serangan jarak jauh.
Hard Lane/Offlane/Suicide Lane – Lane dalam arena Dota 2 yang paling sulit untuk melakukan farming. Posisi tower kawan dalam Hard Lane terletak jauh dari titik temu creep, sehingga menyulitkan hero kamu untuk segera mundur dan menghindari serangan lawan. Letak Hard Lane untuk faksi Radiant adalah lane paling bawah atas, sedangkan untuk faksi Dire berada di lane paling atas bawah.
Heal – Mengembalikan health yang berkurang.
Health/Hit Point/HP – Darah atau daya tahanmu. Hero yang kamu gunakan mati jika memiliki 0 health.
Hero – Unit yang kamu kendalikan sepanjang permainan.
High Ground – Daratan yang lebih tinggi dibanding area sekitarnya. Unit di high ground tidak akan terlihat kalau kamu berada di daratan yang lebih rendah.
Quote:
I
Imba/Imbalance – Kekuatan hero yang dinilai tidak seimbang (relatif lebih kuat) dibandingkan hero lainnya.
Instalock – Kejadian saat pemilihan hero di mana pemain langsung memilih salah satu hero secara cepat atau instan.
Introboyz – Ejekan bagi tim yang unggul di awal namun ternyata kalah di akhir permainan.
Illu – Singkatan dari illusion, atau ilusi dari hero.
Initiation – Tindakan untuk memulai teamfight.
Invis – Singkatan dari invisible atau invisibility alias tidak kelihatan tanpa menggunakan True Sight.
Imba/Imbalance – Kekuatan hero yang dinilai tidak seimbang (relatif lebih kuat) dibandingkan hero lainnya.
Instalock – Kejadian saat pemilihan hero di mana pemain langsung memilih salah satu hero secara cepat atau instan.
Introboyz – Ejekan bagi tim yang unggul di awal namun ternyata kalah di akhir permainan.
Illu – Singkatan dari illusion, atau ilusi dari hero.
Initiation – Tindakan untuk memulai teamfight.
Invis – Singkatan dari invisible atau invisibility alias tidak kelihatan tanpa menggunakan True Sight.
Lanjut ke post #2 gan!
Diubah oleh azriel_bahrie 15-12-2016 15:01
0
6.6K
Kutip
9
Balasan


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan