Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

koeclaek007Avatar border
TS
koeclaek007
Aturan Penulisan Artikel di Website
Hal sepele ini mungkin banyak yang belum tahu atau sengaja tidak mau tahu yaitu perataan tulisan artikel. Padahal sebenarnya ada aturan atau pedoman yang mengatur masalah perataan tulisan (text alignment).

Banyak blog atau situs menggunakan rata kanan-kiri (justify) untuk artikel-nya. Paling banyak alasannya adalah agar terlihat rapi (kecuali, bagi yang asal pakai template atau theme dan nggak tahu kode-nya). Perlu diketahui bahwa penulisan di internet berbeda dengan di media cetak seperti koran dan majalah. Gaya menulis di website adalah gaya online yaitu menulis untuk situs web (write for the web).

Memang aturan ini tidak mengikat dan lebih cenderung ke saran, apalagi bagi yang menginginkan kebebasan menulis di blog. Alasan utama dengan adanya aturan ini adalah untuk kenyamanan pembaca artikel web di internet.

Nielsen Norman Group (Evidence-Based User Experience Research, Training, and Consulting) telah menulis pedoman "Writing for the Web" salah satunya adalah perataan tulisan artikel di web menggunakan rata kiri (align-left)

Bahkan, W3C (World Wide Web Consortion (W3C) sebagai acuan penulisan html memberi pedoman standar penulisan di website adalah dengan rata kiri (align-left). Pengunaan format perataan “rata kiri kanan” menyalahi standar penulisan di website.

"Many people with cognitive disabilities have a great deal of trouble with blocks of text that are justified (aligned to both the left and the right margins). The spaces between words create “rivers of white” running down the page, which can make the text difficult for some people to read. This failure describes situations where this confusing text layout occurs. The best way to avoid this problem is not to create text layout that is fully justified."

Terserah Anda mau pakai rata kiri, rata kanan, center atau rata kanan-kiri. Saya juga belum tahu apakah ini juga merupakan salah satu unsur SEO? Namun jika peduli tentang valid html atau css setidaknya ikuti juga aturan W3C yaitu rata kiri.

Sumber inspirasi: Perataan Penulisan Artikel di Blog Dengan Rata Kiri
0
2.6K
3
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan