Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

godok.indonesiaAvatar border
TS
godok.indonesia
Mungkin Ini Alasannya Kenapa Para Gamer Harus Berbangga Hati


Udah nggak usah ditanya lagi, Agan-aganwati di sini pasti suka banget sama yang namanya main game. Dengan semakin berkembangnya teknologi, game-gamesekarang memang udah ajib banget deh, baik dari segi visual maupun user interface-nya. Kalau dulu jenis game masih sangat terbatas, sekarang udah banyak banget pilihan permainan online / offline. Sebut aja DOTA, Point Blank, dan PES.

Main game emang satu-dua banget sama nonton drama korea, alias bikin lupa waktu dan nguras emosi. Ngaku deh, Agan-sis mungkin termasuk orang yang rela nggak tidur, nggak mandi, nggak makan, dan nggak nge-chat si do'i karena keasyikan main. Ya, kan? emoticon-Ngakak



Terus, ada nggak sih manfaat dari main game? Jangan salah gan-sis, sebuah studi menyatakan bahwa permainan ternyata tidak hanya berfungsi sebagai hiburan, tapi juga baik bagi perkembangan otak. Lebih jauh, jika dilakukan dengan TIDAK BERLEBIHAN, main gameterbukti mampumenekan tingkat stres dan depresi emoticon-Matabelo Menurut Carmen Russoniello, Ph.D., seorang Professor of Recreation and Leisure Studies di East California University, menumpuknya beban pekerjaan dan beban hidup #eaa emoticon-Hammer2 akan membuat fungsi dan kinerja kedua belah otak berjalan tidak seimbang. Hal inilah yang kemudian menjadi alasan utama munculnya depresi, mood swing yang parah, stres, hingga gangguan psikologis lainnya. Nah, karena alasan itulah, bang Carmen menyarankan untuk rutin main game setidaknya sekali dalam seminggu agar kesehatan mental dan keseimbangan kinerja otak tetap terjaga.



Masih kurang? Nih ada fakta ajib lainnya. Sebuah studi yang melibatkan 3000 orang dewasa meneliti pengaruh bermain game komputer selama 10 tahun. Hasilnya, mereka yang bermain game asah otak terbukti memiliki tingkatan stres yang lebih rendah dalam beraktivitas sehari-hari jika dibanding mereka yang tidak bermain gamesama sekali.



Lalu, game seperti apa sih yang bisa ngurangin stres sekaligus ngasah otak? Beberapa game komputer seperti ‘Bubble Tanks’, ‘Flowerz’, dan ‘Bejeweled Twist’terbukti bagus buat otak karena bisa ningkatin mood dan merelaksasi otak. Struktur utama game yang repetitif, mudah, dan ngutamain sistem reward buat setiap level-nya ternyata bisa ngerangsang perasaan bahagia dan ningkatin rasa percaya diri.



Selain contoh di atas, ternyata ada beberapa gameyang bagus buat ngasah otak, macem Tetris dan Minesweeper. Dua game tadi terbukti efektif mencegah penyakit pikun sekaligus ningkatin kemampuan berlogika dan memecahkan masalah. Tenang, karena tingkat kesulitannya yang rendah, Gan-sis nggak bakalan tuh ngerasa stres pas mainin dua game tadi emoticon-Games

Eits, setelah baca fakta-fakta tadi, bukan berarti Gan-sis bisa seenaknya main game tanpa liat waktu. Ingat lho, kontak terlalu sering antara mata sama layar komputer atau hape bisa ngeganggu kesehatan mata, bahkan bisa jadi pemicu kerusakan retina permanen! emoticon-Takut Solusinya, daripada waktu senggang cuma diisi dengan main game PC atau hape, coba juga beberapa permainan klasik macem puzzle dan lego. Jadi, bukan saja stres dan depresi yang tiada, kondisi penglihatan gan-sis pun akan tetap terjaga.



Jadi, masih males main gamenih? Selamat bermain, gan-sis!

Untuk informasi kesehatan lainnya, Gan-sis bisa cek TKP langsung ke www.go-dok.com

emoticon-Toast emoticon-Toast emoticon-Toast
Diubah oleh godok.indonesia 14-12-2016 04:36
0
2.6K
27
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan