Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

stratovarius666Avatar border
TS
stratovarius666
Benda Diduga Arca dan Prasasti Zaman Prasejarah Ditemukan di Sukabumi



Sebuah arca dan prasasti bertuliskan aksara kuno ditemukan secara tak sengaja oleh seorang pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Al Fath, Sukabumi, Jawa Barat. Arca berbentuk kepala dan prasasti itu ditemukan terkubur di pesisir pantai Ujung Genteng, Kecamatan Ciracap.

Kedua benda itu ditemukan pada Sabtu (10/12) sekira pukul 07.00 WIB. Belum diketahui apakah benda itu merupakan zaman prasejarah atau hanya menyerupai saja.



"Kedua benda itu ditemukan tak sengaja saat saya menggali pasir tangan saya menyentuh benda keras. Penasaran saya terus gali sampai dalam. Ternyata dari lubang itu menyembul benda tersebut," kata Fajar Laksana kepada wartawan, Minggu (11/12/2016).

Menurut Fajar, ada dua benda yang ditemukan dengan jarak berdekatan. Ketika diperhatikan lebih seksama kedua benda yang ia temukan itu memiliki bentuk dan motif yang berbeda. Satu berbentuk kepala atau patung wajah dan satu lagi berupa lempengan yang pada bagian sisi utama tercetak sebuah aksara.

"Prasasti itu memiliki panjang 50 cm dan lebar 20 cm ketebalan 2 cm dan berat 30 kilogram. Ada ukiran aksara yang diduga peninggalan Kerajaan Pajajaran, sementara untuk yang berbentuk arca diduga dari zaman Megalitik," ungkapnya.

Fajar berencana menyimpan kedua benda tersebut di Museum yang ia miliki untuk diteliti lebih lanjut. "Saya menduga masih ada benda yang terpendam disekitar lokasi pantai tempat penemuan kedua benda ini," tuturnya

https://m.detik.com/news/berita/d-33...an-di-sukabumi

Keren gans emoticon-Motret emoticon-I Love Indonesia
Diubah oleh stratovarius666 11-12-2016 03:06
0
4.1K
22
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan