Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

BeritagarIDAvatar border
TS
MOD
BeritagarID
Sari Roti di tengah hiruk pikuk aksi 212
Sari Roti di tengah hiruk pikuk aksi 212
Foto aerial ribuan umat Islam melakukan zikir dan doa bersama saat Aksi Bela Islam III di kawasan Monumen Nasional, Jakarta, Jumat (2/12/2016).
Aksi massa 2 Desember 2016 atau dikenal Aksi Super Damai 212 menyisakan beragam kisah. Di tengah hiruk pikuk aksi massa yang melakukan doa bersama dan salat Jumat itu, terpotret penjual roti keliling dengan jenama Sari Roti yang membagikan dagangannya gratis kepada peserta aksi.

Aksi pedagang roti yang dinilai heroik itu menuai pujian dari netizen. Kata kunci Sari Roti sontak menjadi perbincangan di media sosial seperti Twitter.

"Siapapun yang senang berbuat kebaikan dengan tulus, niscaya Alloh berikan aneka kejutan penambah iman," tulis tokoh agama Abdullah Gymnastiar dalam akun twitternya seraya mengunggah gambar pedagang roti pada 3 Desember lalu.
Siapapun yang senang berbuat kebaikan dengan tulus, niscaya Alloh berikan aneka kejutan penambah iman [URL="https://S E N S O RLM8dIzfxq0"]pic.twitter.com/LM8dIzfxq0[/URL]
— Abdullah Gymnastiar (@aagym) December 3, 2016 ⒈ Sari Roti⒉ #PrillyDiSarahSechanNetTV#ARCHANAMENCARICINTAEPS09#RedbonsMakar#RameDiTwitter2016/12/6 15:16 WIB
— Trendinalia ID (@trendinaliaID) December 6, 2016
Belakangan, PT Nippon Indosari Corpindo Tbk., pembuat roti itu ternyata melayangkan klarifikasi, Selasa (12/6/2016). Kata kunci Sari Roti kembali muncul lagi menjadi perbincangan di media sosial seperti Twitter.

Melalui laman sariroti.com, manajemen PT Nippon Indosari Corpindo menyatakan bahwa produk Sari Roti yang muncul dalam foto ketika aksi 212 merupakan produk yang dibeli oleh salah seorang konsumen melalui salah satu agen yang berlokasi di Jakarta.

PT Nippon menyatakan pihak pembeli meminta agar produk tersebut dapat diantarkan ke area pintu masuk Monas dan dipasangkan tulisan "gratis" tanpa pengetahuan dan perizinan dari pihak PT Nippon Indosari Corpindo Tbk.

Dalam klarifikasinya, PT Nippon Indosari Corpindo Tbk., Menyampaikan tiga poin. Pertama, PT Nippon Indosari Corpindo Tbk., memberikan apresiasi sebesar-besarnya atas terlaksananya Aksi Super Damai 212 yang berjalan dengan lancar dan tertib.

Kedua, PT Nippon Indosari Corpindo Tbk. Menyatakan senantiasa berkomitmen menjaga Nasionalisme, keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhinneka Tunggal Ika dengan senantiasa berusaha untuk menjadi perusahaan kebanggaan Indonesia.

Ketiga, dengan tidak mengurangi apresiasi kami atas Aksi Super Damai kemarin, dengan ini kami sampaikan bahwa PT Nippon Indosari Corpindo Tbk., tidak terlibat dalam semua kegiatan politik.

Manajemen Sari Roti menegaskan kemunculan informasi mengenai pembagian produk Sari Roti secara gratis oleh penjual roti keliling (hawker tricycle), merupakan kejadian yang berada di luar kebijakan dan tanpa seizin PT Nippon Indosari Corpindo Tbk.

"Demikian informasi ini kami sampaikan agar tidak terjadi kesalahpahaman diberbagai pihak. PT Nippon Indosari Corpindo Tbk., berkomitmen untuk selalu menjaga Nasionalisme, keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhinneka Tunggal Ika, serta tidak terlibat dalam semua aktivitas kegiatan politik," tulis penutup klarifikasi dari manajemen Sari Roti.

Klarifikasi dari produsen Sari Roti menjadi sorotan. Sejumlah netizen menganggap Sari Roti memberikan klarifikasi yang tidak perlu. Beberapa seruan boikot muncul meski ada juga yang menganggap boikot sebagai tindakan yang berlebihan.
(function(d, s, id) { var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0]; if (d.getElementById(id)) return; js = d.createElement(s); js.id = id; js.src = "//connect.facebook.net/en_US/sdk.js#xfbml=1&version=v2.6&appId=1643543942554049"; fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);}(document, 'script', 'facebook-jssdk'));(function(d, s, id) { var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0]; if (d.getElementById(id)) return; js = d.createElement(s); js.id = id; js.src = "//connect.facebook.net/en_US/sdk.js#xfbml=1&version=v2.6&appId=1643543942554049"; fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);}(document, 'script', 'facebook-jssdk')); Lho kok malah boikot Sari Roti. Mereka ngga punya permusuhan dengan 212 guys. Itu strategi PR biasa. Tidak mau dikaitkan. Jangan berlebihan.
— Pelan-pelan, Ardi! (@awemany) December 6, 2016 *baca klarifikasi sariroti*Udah? gt aja? perlu banget ya ampe diboikot sgala?malah ksian penjualnya, jd ga laku dagangannya nanti gmn hayoo
— Eka Kurnia Sari (@kulniyasally) December 6, 2016
Aksi 2 Desember merupakan kelanjutan dari aksi sebelumnya yang dipicu adanya dugaan penistaan agama oleh Gubernur nonaktif DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama. Pada dua aksi sebelumnya, massa meminta polisi memproses hukum Ahok. Ajakan demo rupanya tetap bergulir meski Ahok telah ditetapkan sebagai tersangka pada 16 November lalu.

Majelis Ulama Indonesia, Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia dan kepolisian sepakat bahwa aksi 2 Desember nanti berlangsung di lapangan Monas, Jakarta Pusat. Aksi ini hanya berupa kegiatan keagamaan seperti zikir dan doa mulai jam 08.00 dan diakhiri dengan salat Jumat.

Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla bergabung dengan ribuan massa dan melakukan salat Jumat di lapangan Monas. Jokowi memberikan pidato singkat usai melaksanakan salat Jumat dengan diiringi pekik takbir dari massa.

Dalam pidato singkatnya Jokowi mengucapkan terima kasih kepada ulama, ustad, serta ribuan jamaah yang telah menjalankan aksi secara tertib. Jokowi mengimbau peserta demo kembali ke daerah masing-masing usai berdemo.
Sari Roti di tengah hiruk pikuk aksi 212


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...pikuk-aksi-212

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Sari Roti di tengah hiruk pikuk aksi 212 Siapa penyandang dana upaya makar?

- Sari Roti di tengah hiruk pikuk aksi 212 Plt Gubernur DKI bakal tegur panitia Kita Indonesia

- Sari Roti di tengah hiruk pikuk aksi 212 Beda pemufakatan makar dan penyampaian kritik

anasabila
anasabila memberi reputasi
1
2.5K
13
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan