Disini ane mau berbagi tips menjadi Driver OJEK ONLINE gan. Karna ane masih newbie juga gan didunia OJEK ONLINE Tips ini berdasarkan pengalaman pribadi & dari pembelajaran yang diberi oleh "SENIOR" & "DEDENGKOT" yang ane temui di ruas jalan Ibukota & Sekitarnya wkwkwkw
Oke langsung aja ya gan
Accepted Order - Picking Up - Trip - End Trip
Spoiler for 1. Hubungi Customer Setelah Menerima Order:
Setelah menerima order, alangkah baik & bijaksananya agan untuk melakukan panggilan/sms ke Customer, gunanya untuk memastikan lokasi penjemputan Yang Spesifik agar tidak terjadi salah alamat saat melakukan penjemputan, kan kalo salah lokasi penjemputan bisa BT tuh Customer kelamaan nunggu gegara agan telat nyampe ke lokasi pick up si Customer, atau yg lebih parah lagi orderan agan bisa di cancel karna salah lokasi penjemputan. Sekalian tanyakan juga si Customer memakai baju warna apa gan, supaya pas udah sampe di lokasi pick up kita ga perlu repot nyari & nanya orang satu per satu
Spoiler for 2. Pastikan Anda Tidak Salah Angkut Customer:
Setelah agan tiba di lokasi pick up dengan benar & tepat, kabari Customer bahwa anda telah tiba dilokasi penjemputan. Bila sudah bertemu dengan Customer tanyakan dengan sopan, apa benar Namanya yang tercantum pada order OJEK ONLINEkita, untuk menghindari salah angkut aja sih gan, kan ga lucu kalo sampe salah angkut penumpang wkwkwk
Spoiler for 3. Tawarkan Titip Barang Si Customer:
Kalo udah bener Pick Up Customer, agan boleh menawarkan titipan barang bawaan Customer di bagasi / gantungan motor ente gan, kalo motor agan gak ada bagasi/gantungannya, agan bisa bawa sarung helm buat naro barang bawaan customer gan. Tapi menurut ane ini sih opsional aja, alangkah baiknya kalo agan menawarkan opsi ini ke customer, dan bisa jadi 1 nilai Plus+ loh buat agan sebagai driver yang dianggap PROFESSIONAL oleh si Customer ,
Spoiler for 4. Sediakan & Tawarkan Masker:
Polusi di JABODETABEK semakin meningkat gan, sebagai Driver yang PROFESSIONAL ada baiknya agan nyediain masker untuk 1x perjalanan kepada Customer gan, pastikan Masker yang agan berikan ke Customer GRATIS & TANPA BIAYA APAPUNya gan wkwkwkwk. Dengan menyediakan Masker untuk Customer anda dianggap sebagai Driver yang TOTALITAS & PROFESSIONAL kepada Customer. Tentu peluang untuk mendapat Rating terbaik semakin terbuka lebar, Tapi opsi ini bukan jaminan bahwa customer akan memberi Rating maksimal kepada agan.
Spoiler for 5. Mulai Perjalanan:
Mulailah perjalanan ketika penumpang sudah siap, dan duduk diatas kendaraan agan, jangan start perjalanan sebelum penumpang siap untuk melakukan perjalanan gan, pastinya penumpang tidak mau membayar lebih karena anda melakukan Start Trip lebih awal, bahkan sebelum bertemu dengan customer menekan tombol Mulai Perjalanan dianggap kecurangan/keculasan gan wkwkwk . 1 Lagi hal ini untuk PROFESSIONALISME agan sendiri
Spoiler for 6. Tanyakan Referensi Rute:
Setelah memulai perjalanan, tanyakan apakah si Customer memiliki rute yang dianggap ia lebih baik atau tida, apabila Customer tidak memiliki Referensi rute katakan bahwa kita akan mengikuti arahan GPS yang tersedia, tetapi alangkah lebih baiknya jika anda mengetahui jalan untuk sampai ke tujuan dengan cepat, 1 lagi Poin+ untuk anda gan
Spoiler for 7.. Komunikasi:
Awali dengan percakapan yang ringan2 aja gan, seperti " Biasa Naik OON (Ojek ONline) bu/pak?, atau bisa juga diawali dengan kondisi traffic yang sedang agan lewati, misal nya "Wah, tumben lancar nih jalan sini ya bu/pak? biasanya kalo macet ampe 2 hari ga jalan ya bu/pak" wkwkwkwk. Atau bisa juga membahas topik yang sedang Up To Date saat ini, tapi ingat, sebelum berkomunikasi dengan Customer lebih jauh, pahami dulu tipikal si Customer, apakah si Customer tipe orang yang tidak suka ngobrol, atau si Customer tipe orang yang pramuria ( Pelan-Pelan Curhat) wkwkwkw
Spoiler for 8. Jujur:
Sebagai Driver yang PROFESSIONAL agan juga dituntut untuk selalu jujur gan, seperti memberitahu berapa Argo yang harus dibayar oleh Customer, memberitahu Diskon/Potongan perjalanan yang didapatkan oleh Customer, jangan agan asal maen tembak harga, sekali lagi ini untuk PROFESSIONALISME agan sendiri, lagipula kalo agan jujur Rezeki yang masuk ke kantong 100% HALAL buat keluarga/buat agan pribadi kok
Spoiler for 9. Selesaikan Perjalanan & Pembayaran:
Ketika tiba dilokasi tujuan, turunin penumpang dipinggir jalan gan, jangan ditengah2 jalan, ntar kalo ketabrak sama bajaj gimana gan? wkwkwkw . Balik lagi ke Point 8 gan, tunjukin berapa Argo yang harus dibayar dan berapa Diskon yang didapat oleh penumpang. Setelah uang tunai dikumpulkan dan terdapat kembalian, tawarkan Customer kembalianya gan walaupun cuma Rp.500, karena itu jadi hak Customer gan, Jangan lupa mengembalikan barang titipan Customer gan, kan ribet ceritanye kalo ampe kebawa gan
Spoiler for 10. Beri Rating Customer & Lanjutkan Perjalanan Anda Kembali:
Setelah anda menurunkan penumpang dengan benar, Uang tunai telah dikumpulkan, masuk tahap terakhir yaitu memberi rating kepada Customer & Lanjutkan perjalanan lagi gan
Oke sekian dulu gan tips dari ane, dan pembelajaran dari agan2 "SENIOR" & "DEDENGKOT" yang ane temuin di tiap jalanan Ibukota & Sekitarnya