hantupuskomAvatar border
TS
hantupuskom
Banyak Petugas Damkar Sudah Berusia Senja, Relawan Mulai Dijaring
BANDUNG, KOMPAS.com - Sekretaris Dinas Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran (DPPK) Kota Bandung Rachmat Hidayat mengatakan, setengah dari 192 petugas pemadam kebakaran sudah berusia senja.
Kondisi itu, lanjut Rachmat, menghambat petugas dalam memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat.
"Usia petugas damkar juga saat ini sudah banyak yang senja, berusia di atas 40 tahun hampir di atas 50 persen. Kami perlu petugas yang enerjik," ucap Rachmat dalam kegiatan Bandung Menjawab di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Selasa (29/11/2016).
Selain itu, jumlah petugas damkar di Kota Bandung pun masih jauh dari ideal. Padahal, menurut Rachmat, berdasarkan rumus hitungan pemerintah pusat, setiap 30.000 penduduk warga harus dilayani satu unit mobil Damkar.
Dengan kondisi penduduk Kota Bandung saat ini, harus ada 350 petugas dan 50 unit kendaraan pemadam.
"Jadi, masih kurang cukup banyak, harusnya 350 orang, ini hanya 129 orang," tuturnya.
Sebab itu, pihaknya fokus menjaring relawan untuk menyiasati kekurangan personel. Saat ini, lanjut Rachmat, jumlah relawan damkar di Kota Bandung mencapai 2.251 orang sejak 2012.
"Relawan itu disebar 15 orang per kelurahan. Dari jumlah tersebut yang sudah diberi pelatihan sebanyak 1.250 orang tersebar di semua kelurahan. Relawan ini, bertugas awal saja kalau ada kejadian kecil. Mereka, bisa menanggulangi dulu dengan alat api ringan," paparnya.
Kinerja Damkar Kota Bandung juga disulitkan dengan minimnya jumlah hidran. Ironisnya, dari 260 titik hidran yang tersebar di Bandung, hanya tiga titik yang masih aktif.
"Tiga titik itu berada di Jalan Supratman, di Cikapayang-Dago, dan dekat POM bensin Ahmad Yani. Ketiga hidran itu cukup bagus. Di Jalan Buah Batu ada hidran tapi tak berfungsi karena ketutup jalan," tuturnya.
Meski begitu, kondisi tak menghambat petugas untuk menanggulangi kebakaran di Bandung.
"Tapi, sejauh ini penggunaan ketiga hidran itu masih memadai kami belum kewalahan saat harus menanggulangi kebakaran," ucapnya.

sumur:
http://regional.kompas.com/read/2016/11/29/17032901/banyak.petugas.damkar.sudah.berusia.senja.relawan.mulai.dijaring

buat nastak/nasbung tuh ada lowongan relawan
daripada jadi relawan buat politikus lebih baik kalian jd petugas damkar, lebih bermanfaat bagi masyarakat
0
958
5
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan