Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

lidiadialagiAvatar border
TS
lidiadialagi
Kegunaan Obeng Listrik

Obeng salah satu alat perkakas tangan yang sudah tidak asing tentunya di telinga kita bukan? Alat perkakas tangan ini tentunya sudah pasti dimiliki setiap pekerja teknisi, tak hanya teknisi saja yang memiliki alat ini. Alat perkakas obeng ini, pasti dalam setiap rumah juga memilikinya meskipun jarang digunakan. Obeng pada umumnya memiliki fungsi untuk mengendurkan atau megencangkan mata baut atau sekrup pada perlengkapan elektronik dan kendaraan atau kadang obeng bisa dijadikan sebagai alat pencongkel barang yang sulit dibuka.

Biasanya obeng memiliki satuan set, ukuran, dan jenis salah satu nya obeng listirk. Obeng elektrik atau listrik ini memiliki fungsi yang sama denga obeng biasa pada umumnya, yang mengistimewakannya adalah Anda tidak perlu cape mengeluarkan tenaga banyak untuk membuka atau mengencangkan sekrup karena alat ini dapat bekerja otomatis dengan tenaga elektrik hanya cukup menekan tombol start. Obeng listrik juga dilengkapi dengan beberapa mata obeng yang bisa Anda ganti sesuai dengan kebutuhan dan Anda bisa menemukan di pasaran yang jual obeng listrikdengan mata obeng di jual terpisah.

Jenis-Jenis Mata Obeng

A. Slotted (lurus) atau biasa dikenal obeng minus.
B. Philips atau biasa dikenal obeng plus.
C. Pozidriv, bentuknya hampir sama dengan obeng plus namun yang mebedakannya terdapat tambahan garis melintang membagi delapan bagian kepala sekrup.
D. Bujursangkar, mata obeng ini biasanya banyak digunakan pada bengkel kendaraan.
E. Torx, mata obeng yang berbentuk seperti bintang ini biasa digunakan di dunia otomotif dan elektronik.

Penggunaan obeng listrik tentunya sangat menguntungkan dalam melakukan pekerjaan terutama yang bekerja di bengkel. Pasti ada beberapa kendala yang pernah Anda hadapi yaitu sulit membuka sekrup atau baut kemungkinan karena karatan atau terpasang kencang. Namun jika Anda menggunakan obeng elektrik maka Anda dapat dengan mudah membukanya tanpa susah payah dan tidak memakan waktu bermenit-menit hanya untuk membuka sekrup.

Dipasaran sudah banyak di jual obeng listrik yang biasanya sudah satu set lengkap dengan mata bor dan chasan obeng. Obeng elektrik menggunakan batere sebagai energi penggeraknya. Dan jika batere habis Anda dapat mengecasnya kembali. Namun perlu Anda ingat jika Anda keliru dalam mengisi ulang, maka batere obeng akan cepat lemah atau habis.
Diubah oleh lidiadialagi 28-11-2016 08:29
0
10.5K
25
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan