- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
Kenapa Toko Dengan Produk Yang Sama Seringkali Saling Berdekatan?


TS
nulatic
Kenapa Toko Dengan Produk Yang Sama Seringkali Saling Berdekatan?
Quote:

Quote:
Sering kali ketika kita lewat di depan minimarket misalnya indomaret, kita melihat pesaing mereka alfamaret berada didekatnya. Dalam benak kita kemudian muncul pertanyaan pertanyaan aneh. Kenapa kedua minimarket tersebut saling berdekatan? Apa alasannya? Apakah karena bapak mereka sama-sama maret maka mereka berdua adalah sepasang saudara yang selalu ditakdirkan bersama sepanjang hidup? Tentu saja tidak gan 

Quote:
Lalu apa alasan sebenarnya para pengelola toko tersebut menaruh toko mereka saling berdekatan?

Quote:
Pertama, Mencegah Pasar Dimonopoli Satu Pihak

Mereka menempatkan toko mereka berdekatan agar pesaing mereka tidak memonopoli keuntungan yang mereka dapatkan dari dearah tersebut. Dengan kebutuhan konsumen yang sama, menaruhnya berdekatan adalah salah satu strategi yang efektif untuk mencegah kompetitor memonopoli keuntungan yang mungkin bisa didapatkan atau dimaksimalkan mereka.
Quote:

Mereka menempatkan toko mereka berdekatan agar pesaing mereka tidak memonopoli keuntungan yang mereka dapatkan dari dearah tersebut. Dengan kebutuhan konsumen yang sama, menaruhnya berdekatan adalah salah satu strategi yang efektif untuk mencegah kompetitor memonopoli keuntungan yang mungkin bisa didapatkan atau dimaksimalkan mereka.
Quote:
Kedua, Punya Kesamaan Konsumen dan Pangsa Pasar

Ketika anda berjalan-jalan ke pusat perbelanjaan misalnya Mal, maka anda akan melihat beberapa toko dengan produk yang sama saling berdekatan. Bukan berarti mereka semua adalah bersaudara ya. Penempatan toko-toko tersebut tentu ada alasannya. Dalam ekonomi hal ini biasa disebut sebagai Hotelling’s Location Model. Inti dari konsep ekonomi ini adalah setiap posisi menentukan keputusan konsumen. Semakin lokasi tersebut terfokus pada kebutuhan atau produk tertentu, maka lokasi tersebut akan semakin efektif. Lebih jabarnya begini, kita tau kehendak konsumen random ya, meskipun pny kebutuhan ygsama. nah kehendak kita ini bs dtrigger (dipancing) jika kita diberikan byk pilihan. Hal ini biasa disebut Hotelling Law.
Quote:

Ketika anda berjalan-jalan ke pusat perbelanjaan misalnya Mal, maka anda akan melihat beberapa toko dengan produk yang sama saling berdekatan. Bukan berarti mereka semua adalah bersaudara ya. Penempatan toko-toko tersebut tentu ada alasannya. Dalam ekonomi hal ini biasa disebut sebagai Hotelling’s Location Model. Inti dari konsep ekonomi ini adalah setiap posisi menentukan keputusan konsumen. Semakin lokasi tersebut terfokus pada kebutuhan atau produk tertentu, maka lokasi tersebut akan semakin efektif. Lebih jabarnya begini, kita tau kehendak konsumen random ya, meskipun pny kebutuhan ygsama. nah kehendak kita ini bs dtrigger (dipancing) jika kita diberikan byk pilihan. Hal ini biasa disebut Hotelling Law.
Quote:
Ketiga, Beradaptasi Dengan Strategi Kompetitor

Salah satu alasan terpenting adalah dengan adanya kedekatan lokasi tersebut, kita bisa mengetahui strategi lawan seperti apa. Dengan mengetahui strategi lawan, maka kita bisa menentukan strategi yang akan kita gunakan untuk memenangkan hati konsumen. Secara tidak langsung, kompetisi seperti ini menguntungkan kedua pihak. Karena, kedua kompetitor tersebut sama-sama bisa menyeimbangkan keuntungan mereka. Saat keuntungan mereka berkurang, mereka bisa melihat secara dekat strategi apa yang digunakan kompetitor kemudian menyesuaikannya. Dalam ekonomi, hal ini biasa disebut Nash Equilibrium.
Quote:

Salah satu alasan terpenting adalah dengan adanya kedekatan lokasi tersebut, kita bisa mengetahui strategi lawan seperti apa. Dengan mengetahui strategi lawan, maka kita bisa menentukan strategi yang akan kita gunakan untuk memenangkan hati konsumen. Secara tidak langsung, kompetisi seperti ini menguntungkan kedua pihak. Karena, kedua kompetitor tersebut sama-sama bisa menyeimbangkan keuntungan mereka. Saat keuntungan mereka berkurang, mereka bisa melihat secara dekat strategi apa yang digunakan kompetitor kemudian menyesuaikannya. Dalam ekonomi, hal ini biasa disebut Nash Equilibrium.
Quote:
Quote:

Nah itulah alasannya kenapa toko-toko mereka saling berdeketan. Sebenarnya, kompetisi seperti alfamaret dan indomaret ini menguntungkan kita sebagai konsumen. Kita bisa mendapatkan harga yang lebih kompetitif. Namun, secara tidak langsung kompetisi ini juga menguntungkan bagi mereka. Mereka dapat beradaptasi dan belajar dari strategi lawannya untuk mendapatkan keuntungan yang lebih maksimal.
Quote:
Last But Not Least
Quote:

Quote:

Quote:
Kalau sempat, kunjungi juga thread ane yang lainya ya gan,
Mengapa Kita Harus Bersikap Toleran? Apa Pentingnya Bagi Kita?HT
Kenapa Dunia Khawatir Dengan Donald Trump? HT
Mengenal 7 Penguasa Industri Di Indonesia Beserta Faktanya HT
9 Penguasa Industri Dunia, Beserta Faktanya! HT
Bukti Indonesia Kaya, Ini 5 Tambang Emas Terbesar Di Indonesia! HT
5 Jalanan Paling Banyak Memakan Korban! HT
5 Game Besutan Anak Bangsa Yang Mendunia! HT
Ariska Putri, Cewek Indonesia Pertama Juara Kontes Kecantikan Dunia HT
5 Blunder Perusahaan Tekhnologi Terburuk Sepanjang Sejarah! HT
Negara-Negara Dengan Cewek Jomblo Terbanyak! HT
Mengapa Kita Harus Bersikap Toleran? Apa Pentingnya Bagi Kita?HT
Kenapa Dunia Khawatir Dengan Donald Trump? HT
Mengenal 7 Penguasa Industri Di Indonesia Beserta Faktanya HT
9 Penguasa Industri Dunia, Beserta Faktanya! HT
Bukti Indonesia Kaya, Ini 5 Tambang Emas Terbesar Di Indonesia! HT
5 Jalanan Paling Banyak Memakan Korban! HT
5 Game Besutan Anak Bangsa Yang Mendunia! HT
Ariska Putri, Cewek Indonesia Pertama Juara Kontes Kecantikan Dunia HT
5 Blunder Perusahaan Tekhnologi Terburuk Sepanjang Sejarah! HT
Negara-Negara Dengan Cewek Jomblo Terbanyak! HT
Spoiler for Referensi:
Diubah oleh nulatic 02-12-2016 10:05
0
63.5K
Kutip
333
Balasan


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan