republik.crotAvatar border
TS
republik.crot
Prijanto: Di DKI Ini Ada Korupsi Gede-gedean yang Melibatkan Ahok
JAKARTA - Mantan Wakil Gubernur DKI Mayjen (Purna) Prijanto mengaku salut dengan 'kelihaian' Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dalam melakukan pencitraan ke publik. Menurut dia, Ahok selama ini selalu menampilkan dirinya sebagai orang bersih dan suci.

Setidaknya dia sudah 'berhasil' membuat publik terpesona dengan sikapnya yang tegas saat berteriak soal korupsi. "Ahok ini skenarionya luar biasa, ingin mencitrakan dirinya sebagai orang yang benci korupsi, dan itu berhasil. Sekarang ada tidak rakyat yang tidak benci koruptor? Makanya publik bersimpati sama dia," kata Prijanto di Jakarta, Selasa (20/10/2015).

Padahal, kata dia, faktanya Ahok sama sekali tidak pro pemberantasan korupsi. Buktinya, Ahok telah melakukan pembiaran terhadap konspirasi di Taman BMW dan terlibat korupsi dalam pembelian lahan RS Sumber Waras. "Di DKI ini ada korupsi gede-gedean yang saya berani bertaruh, dalam kasus BMW dan RS Sumber Waras Ahok terlibat.

Sekurang-kurangnya dia melakukan pembiaran," katanya. Tidak hanya itu, lanjut Prijanto, Ahok bersama Jokowi saat masih memimpin DKI malah melakukan blunder besar dalam kasus Taman BMW karena mereka berdua telah berani mensertifikasi dua lahan.

Dijelaskan Prijanto, dalam kasus Taman BMW telah diterbitkan dua sertifikat di atas taman BMW yang ditandatangani Jokowi, yang saat itu menjabat gubernur DKI. Padahal saat itu tanah taman BMW masih sengketa di PN Jakut dan Pemprov DKI sebagai tergugaat. "Ini jelas melanggar PP No.24/1997 PPMA No 2/1997," katanya. Menurutnya, dalam konspirasi Taman BMW telah terjadi begitu banyak penggelapan, dan pemalsuan dokumen maupun tanda tangan. "Waktu Pilkada DKI 2012 lalu, itu saya memberikan dukungan kepada duet Jokowi-Ahok dengan harapan semua skandal korupsi yang membelit Ibu Kota dibongkar. Eh, setelah saya sodori data malah semua berkomplot, aneh," ungkapnya. Semua jejak-jejak korupsi itu juga sudah saya serahkan ke Ahok di Balai Kota. Sekarang yang saya tidak habis fikir kenapa semua diam. Apa kesulitannya? Apa kekurangannya? Semua sudah jelas kok," cetus dia. Sumber

emoticon-Bingung

Sang mantan wagub DKI Prijanto ini memang aneh. kalo emang punya bukti data yg kuat kenapa gak di adukan aja KPK? bukan malah, mengumbar ke media. Ahok, beberapa bulan terakhir ini emang terseret banyak perkara dalam kaitan dengan kebijakannya. Dari pembelian lahan di Cengkareng, pembelian lahan Sumber Waras, hingga diskresi perihal reklamasi di pantai utara Jakarta. Terutama soal Sumberwaras, BPK memang sangat absurd menyatakan bahwa ada kerugian negara sebesar 191 miliar. Padahal salah menentukan lokasi tanah. Tapi kemudian dibesar-besarkan di media meski belum jelas benar salahnya. Jadi wajar kalau mantan gubernur DKI Jokowi terlihat geram saat mengatakan “Ya kalau salah, kalau enggak salah.” Sampai saat ini BPK masih ngotot bahwa ada kerugian negara, sementara KPK tidak menemukan indikasi korupsi dari pembelian lahan Sumberwaras. Dua institusi yang beda pendapat ini terbilang baru dalam catatan politik nasional. Jika mendengar pernyataan Jokowi, sepertinya beliau sudah mendapat laporan detail soal kasus Sumberwaras. Namun jokowi baru menyampaikan pesan setelah perbedaan pendapat KPK dan BPK mereda. Itupun masih dikemas dengan mengingatkan himbauan setahun yang lalu, seolah tidak ada hubungannya dengan Ahok. Bagi Ahok yang ngeyel, meskipun disikut kanan kiri beliau tetap dengan pendiriannya. Tidak takut BPK dan lain-lain. Tapi kalau setingkat bupati dan walikota yang jauh dari pemberitaan media, tak punya relawan pendukung, mereka akan sangat ketakutan dengan opini publik. inilah point penting dari apa yang disampaikan oleh Jokowi, bukan sebatas menegur BPK, melainkan menaruh harapan agar pimpinan daerah ditemani, dikawal, bukan ditakut-takuti dengan audit yang mengada-ngada.

0
14.5K
196
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan