Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

nemesis23Avatar border
TS
nemesis23
Cara Mempercepat respon, Memperingan RAM, memperbaiki Display di Infinix ZERO 3
Perkenalkan saya salah satu konsumen Infinix Zero 3. Seorang yang latar belakang IT (suka ngoprek hardware software).
Jadi sekitar tanggal 4 Mei lalu saya beli HP IZ3 ini, tanggal 5 langsung saya benahi screen protector, dan Memory card 16 GB Sa*dD**k buat diisi aplikasi, foto dan lagu.

Langsung aja ke step yang saya lakukan trhdp IZ3 saya.
HP di Root via PC. banyak cara tutorialnya. (cara yang pakai aplikasi Kin*Ro*t belum support hp tipe ini)
HP Dibenahi memory card external 16GB kelas 10 biar w/r nya kenceng.
Instal link2SD. Pindahin aplikasi yang kita instal ke sd Card (move to SD card). disini aplikasi yang dipindah saya SARANKAN hanya yang sekali-sekali dipakai. JANGAN aplikasi chat seperti line, WA, BBM, APLIKASI YANG BERHUBUNGAN DENGAN ROOTING DAN KINERJA CPU/SYSTEM (seperti link2sd, setCPU) atau yang sering dibuka untuk berkomunikasi agar tidak eror saat hp dicolok ke PC(karena SD card akan unmount dan aplikasi yang di sd card bisa CRASH dan ERROR). Aplikasi seperti games, Clean master, gpstest, dll yang boleh dipindah ke sd card. *Cara ini memperingan kinerja RAM di phone, dan mengurangi pemakaian memory phone, karena aplikasi jadi memakai memory di sd card.

Saya instal launcher Smart Launcher, karena itu yang paling ringan, dan handal menurut saya. ini mempermudah kerja
saya dan memperingan RAM.

Instal setCPU (di playstore sudah berbayar, saya cari yang download masih versi gratisnya). Cara pasangnya/settingnya banyak yang sudah post di online. *Disini bikin kinerja CPU kenceng saat hp dipakai, dan dibikin cpu istirahat saat hp tidak dipakai(screen off)

Instal Br*via En**ne. cari sumber yang terpercaya. ada beberapa versi seperti versi 1, 2 atau 3 dan X-Real*t* . Klo saya pakai terbaru dan yang bisa dipakai di android versi 4.2.2(Lollipop).

Instal clean master, setting autostart aplikasinya. Aplikasi yang bukan chat/sering dipakai di matiin autostartnya. setting wipe cache when screen off.

buka setting -> Developer Option -> (di ON) , Window animation scale jadi .5x, transition animation scale .5x, Animator duration scale .5x

Hasilnya? Positifnya:
Spoiler for Hasilnya, Positifnya?:


KEKURANGAN/KESULITAN:
Spoiler for Kekurangan dan Kesulitannya:


Alasan kenapa saya melakukan ini? karena ini ANDROID, open source, bisa comot engine dari mana saja, bisa di upgrade sesuai keinginan, dan berhubung latar belakang IT suka ngoprek, jadi males nungguin update resmi dari IZ3 yang belum tau kapan dan apa saja(Karena memang butuh banyak uji coba dari pihak resmi untuk memastikan update aman digunakan? masih ada bug atau tidak? Quality Controlnya harus ketat dan teruji, dll, dan memang seharusnya update resmi minimal melalui tahap ini.)

Kesimpulan akhir? Sampai saat ini semua hp yang saya utak atik sehat walafiat pada akhir prosesnya(di tengah proses ada eror, rusak biasa terjadi). Sengaja beli hp murah dengan spec hardware tinggi. Masalah level software bisa di utak atik manual, yang penting basic hardwarenya mumpuni. Overall Display jadi tokcer (saya ckup detil dan perfectionist untuk hal display, kamera, hasil foto, hasil video, kecepatan proses dan respon). Berhubung soundnya sudah oke, jadi belum saya utak atik di bidang suara.

***Semua yang diatas DWYOR, dan klo ada salah, CMIIW*** Karena saya juga masih manusia yang bisa salah dan belum bisa disebut Profesional. Masih perlu banyak dan banyak belajar dan pengalaman lain.
boleh ijo2nya.

Thanks all. Semoga membantu
0
10.4K
9
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan