Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

krisnauruharaAvatar border
TS
krisnauruhara
Cek Hasil Penelitian tentang Zat Rokok Elektrik atau Vaping
Mengisap vape atau rokok elektrik kini tengah menjadi tren di kalangan masyarakat urban di Indonesia. Pada awalnya, rokok dimaksudkan sebagai alternatif bagi orang yang ingin berhenti merokok karena dianggap memiliki risiko jauh lebih rendah dibandingkan rokok konvensional. Benarkah demikian?


Yayasan Pemerhati Kesehatan Publik (YPKP Indonesia) melakukan penelitian terkait dengan Kajian Keamanan dan Risiko Rokok Elektrik di Indonesia. Penelitian kualitatif dilakukan terhadap sembilan jenis cairan atau e-liquid yang digunakan untuk rokok elektrik.

Adapun penelitian dilakukan oleh Ketua YPKP Indonesia Achmad Syawqie bersama tim peneliti dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjajaran. Salah satu tim peneliti dan dosen dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjajaran, Amaliya, mengatakan rokok elektrik kini tengah menjadi tren dan alternatif baru untuk penanggulangan ketergantungan rokok.

“Rotrik (rokok elektrik) dinilai lebih aman karena menggunakan e-liquid dengan kandungan yang tidak berbahaya dan lebih rendah risikonya dibanding rokok konvensional,” kata Amaliya dalam diskusi bersama YPKP Indonesia di Jakarta. Pada rokok elektrik ditemukan kandungan UP Propylene Glycol, USP Glycerin Natural/Vegetable dan pemanis buatan. Namun itu bukanlah zat berbahaya dan aman dikonsumsi manusia.



“Adapun kemungkinan bahaya yang ditimbulkan hanya saat zat-zat tersebut terdegradasi menjadi zat lain. Namun hal itu hanya didapati pada lima jenis cairan rokok elektrik setelah dipanaskan pada suhu tinggi,” ujar Amaliya.

Melalui kajian tersebut, YPKP Indonesia akan terus mengedukasi perokok aktif hingga komunitas rokok elektrik bahwa pemakaian rokok elektrik bisa menjadi alternatif bagi kecanduan rokok dengan risiko yang lebih rendah. “Namun rokok elektrik hanya disarankan bagi perokok yang ingin berhenti dari kecanduan. Tidak disarankan bagi mereka yang belum pernah merokok,” tutur Amaliya.


https://cantik.tempo.co/read/news/2016/11/18/332821310/cek-hasil-penelitian-tentang-zat-rokok-elektrik-atau-vaping
0
4.3K
42
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan