windaaawindaaaaAvatar border
TS
windaaawindaaaa
Charger Handphone ente udah penuh? Segera Cabut gan! Sebelum merugikan orang lain!
Ey gan! Mau sharing info dikit nih, mudah2an bermanfaat ya gan emoticon-Jempol


Ente pasti sering banget atau pernah lah sekali - sekali entah karena lagi buru-buru atau lagi mager, cabut pasang charger handphone seenaknya. Kadang yang dicabut ujungnya aja, jadi kepala dan kabel chargernya masih nancap di stop kontak. Emang sih keliatannya lebih praktis, tapi sadar atau engga kalo kebiasaan kaya gitu sangat membahayakan gan, dan tentunya boros energi listrik. Lho kok gitu? Gini gan, ane jelasin..

Pada dasarnya nih gan, semua charger yang agan punya itu mau charger HP, laptop, iPad, Tablet, sampe charger mainan sekalipun, komponen utamanya sama, yaitu sebuah transformator (trafo), yang sebenarnya bertugas untuk mengubah tegangan tinggi (220 volt dari PLN) menjadi tegangan rendah yang diperlukan baterai (sekitar 3 – 7 volt). Selain itu juga ada bagian penyearah dan regulator, karena biasanya baterai membutuhkan tegangan searah (DC).

Bingung ya, gan? Gini deh penjelasannya. Ente pasti pernah dong sesekali megang charger saat sedang digunakan? Rasanya panas bukan? Nah, panas itu sendiri timbul karena adanya kerja trafo, juga komponen lain, yang tidak 100% efisiensinya. Selain listrik dari PLN yang diteruskan ke batere, ada sebagian kecil energi yang terbuang menjadi panas. Saat tidak digunakan untuk nge-charge, sebenarnya trafo juga masih bekerja, mengubah sebagian listrik PLN menjadi energi panas.

Emang sih gan, listrik yang terbuang ngga banyak, tapi justru inilah hal yang seringkali diabaikan. emoticon-Sorry Satu orang yang melakukannya sekali dalam sehari aja mungkin ngga jadi masalah besar ya gan, tapi coba dipikir berapa banyak orang yang punya kebiasaan buruk kaya gitu, yang melakukannya bahkan lebih dari satu orang dan lebih dari sekali dalam sehari. Seberapa sering coba, ente liat banyaknya charger handphone yang menancap ke stop kontak waktu lagi ngga dipergunakan? Belum lagi jika karena sesuatu hal, terjadi arus pendek di charger. Hal ini tentunya bisa mengakibatkan kebakaran di rumah ente..

Nah, selain pada charger, trafo juga bisa ditemukan pada perangkat elektronik lain nih gan, kaya radio, tape, dan pengeras suara. Meskipun alat elektronik modern biasanya sudah dilengkapi fasilitas stand-by, kalau sedang tidak dipakai, tapi tetep gan, sesebaiknya dicabut saja dari stop kontak kalau memang sedang ngga dibutuhin. emoticon-Request

Renungan simpelnya sih gini gan, kita hidup di dunia ini kan ngga sendiri aja, ya inilah kita orang Indonesia yang hidupnya saling bersosialisasi dan membutuhkan, berasal dari berbagai suku dan bangsa. Kita hidup sama-sama dan semuanya saling bersaudara. Kite sebaiknya jangan egois kalo pake listrik, ya kita sih enak tinggal di kota yang listriknya memadai, makanya bisa tinggal-tinggal charger handphone gitu aja, meskipun kite udah tau nih gimana boros listriknya.Coba agan pikir aje, masih banyak banget orang – orang nih, sodara2 kita di luar sana yang kebutuhan listriknya sangat sulit terpenuhi, sulit banget. Ane sendiri kadang suka mikir kalo udah ninggalin chargeran seenak jidat, “oh iya ya, gue gampang banget ngelakuinnya. Tapi sebenernya orang lain susah bisa jadi gara-gara kelakuan gueemoticon-Sorry ” mellow sih gan keliatannya tapi seriusan ane bilang dari sekarang sama agan-agan yang ganteng, cantik, baik hati dan bijaksana. Coba deh, mulai hemat listrik dari sekarang, hehe dijamin kalo ente baik hati sama orang, ente juga bakal dapet kebaikan dari Tuhan lewat orang lain. Percaya dah ma ane!

Ngomong-ngomong soal listrik, ada satu situs yang dibuat sama mahasiswa2 UI yang menarik lah gan buat disimak, hehe isinya sih bukan foto-foto cewek cantik UI emoticon-Wkwkwk tapi isinya kurang lebih seputar penghematan listrik yang bisa agan intip deh kalo emang mau lebih paham kalo sebenernye nih bukan air aja yang susah didapetin sodara-sodara kita di kota – kota kecil, tapi listrik juge. Nih ya gan, ane rekomen situsnya buat agan yang mau lebih pinter dan bijak soal listrik!emoticon-Request

www.wattweworth.com


Ditunggu ya gan, komen sama review buat ane emoticon-Shakehand2
apapun itu, asal ikhlas ane terima gan!
Wassalamemoticon-Salaman
0
3.6K
56
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan