Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

flexsimAvatar border
TS
flexsim
Putus Asa Dengan Hidup
Halo agan dan sista sekalian,

Sebelumnya, gw emang sengaja bikin id baru (biar lebih privasi aja karena id yang satunya memang id lawas, post banyak, cendol juga lumayan lah emoticon-Big Grin ) Sebenernya gw udah join kaskus, dari 2010an kok. Cuma ya sekali lagi, karena ini berhubungan sama privasi gw, jadinya bikin id baru deh emoticon-Big Grin. Oh ya,sedikit profil dari gw, sekarang gw berusia 22 tahun, anak pertama dari 3 bersaudara dengan status fresh graduate dari salah satu univ.


Gw sendiri gatau bingung mau mulai dari mana, mau curhat ke siapa. Sehingga sampai akhirnya gw memilih kaskus sebagai tempat curhat ini. Semoga agan sista sekalian rela meluangkan waktunya buat mendengarkan, mohon maaf kalau rangkaian kata-katanya jelek, karena gw bukan penulis novel atau penulis cerita2 horor di kaskus yang sekarang lagi aptudet yang ceritanya sangat mengalur dengan indah emoticon-Big Grin


Oke kita mulai, gw dilahirkan dari keluarga yang biasa aja (sederhana, berkecukupan). Keluarga kita bisa dibilang cukup harmonis, tapi ya mungkin masing-masing kepala punya pendirian kuat, jadinya kita kadangkala ribut dan emosi. Itulah yang sangat gw tidak senangi. Disisi lain gw orang yang seneng ketenangan. Artinya gw sama sekali gak seneng kalau keluarga gw ribut, apalagi mostly menurut gw ini masalah yang super kecil dan sebenernya gak perlu diributin. Ini cukup mengganggu pikiran gw.

Dengan kondisi seperti ini, gw pun sejak kecil tidak terbiasa curhat masalah pribadi sama orang tua gw. Nyokap gw adalah orang terdekat gw, namun itu pun dekat dalam artian "berkabar dan "menanyakan kabar". Tapi, gw memang tipikal orang yang sungkan buat meluapkan isi hati gw, masalah gw dan pikiran gw. Sehingga sebagian besar masalah2 yang gw hadapi seperti di kampus pun gw lahap sendiri, gw cerna sendiri, dan gw masukin ke dalam hati sendiri.

Gw dulunya, bukan orang yang introvert. Gw mudah banget bergaul sama banyaaak orang dan teman2 (waktu SMP & SMA). Rutin tiap minggu kumpul atau ketemu, ngobrol sama temen-temen di Mall atau Cafe. Tapi semenjak kehidupan kuliah, hidup gw nyaris berubah 180 derajat. Gw jadi orang yang males berteman karena gw dapet beberapa pengalaman kalau beberapa orang hanya mengadalkan status pertemanan kita untuk bikin gosip, diomongin sama temen2 yang memang teman deketnya. Gw bener2 lelah secara fisik, psikologi, dan mental waktu menjalani kehidupan kuliah. Berat badan makin berkurang, yang nambah cuma jerawat sama sakit kepala emoticon-Big Grin

Dan hingga pada akhirnya gw pun mencari cara buat mengatasi itu semua , OH! gw harus cari seseorang emoticon-Big Grin atau minimal teman dekat lawan jenis buat menjadi teman curhat dan menemani gw. Hal itu gw lakukan pada semester2 pertengahan (kira2 taun 2014), hingga akhirnya gw ngegebet satu cewek di kampus,yaitu adik kelas gw dan finally gw minimal punya teman dekat untuk berbagi cerita tiap hari, entah itu via chat, sk*pe, nemenin makan, nemenin nonton ataupun hal-hal lainnya. Jujur, kenapa gw cuma mau status teman, karena gw sadar gw gak punya apa2, bahkan lulus kuliah pun belum, waktu jalan sama dia aja masih naik motor dari biaya orang tua. Gw rasa, gw blom siap untuk maju ke tahap selanjutnya, yaitu pacaran. Gw pengen nahan status ini sampai lulus dan dapet pekerjaan. Gw gak mau jadi benalu orang tua, karena jujur kalau namanya udah status pacaran, agan sista pasti tau sendiri lah ya. NB: Walaupun begitu, gw bukan orang pelit dan perhitungan sama sekali.

Hidup gw cukup berarti semenjak gw deket sama dia. Gw punya temen berbagi cerita, berbagi masalah, temen videocall-an, temen jalan2, temen nonton bioskop. WALAUPUN kondisi kuliah gw saat itu lagi capek2nya. Gw merasa hidup gw fine2 aja kok, karena memang menjalani kuliah juga kewajiban gw kepada orang tua yang udah membiayai, kenapa? ya karena gw punya orang yang gw bisa ajak ngobrol, menumpahkan masalah gw, memberikan motivasi, dan at least dengan ngeliat muka dia aja gw jadi bersemangat he he he emoticon-Big Grin . Gw bener2 merasa gw ada dalam puncak kehidupan gw saat itu, walaupun capek tapi nilai gw juga bagus, hidup gw juga senang, dan dapet perhatian dari dia ya walaupun tipe orangnya juga agak cuek sih. tapi gw senang, bahagia.

Ya, namanya juga hidup. Akhirnya gw ditinggal sama dia karena alasan yang gw gak tau sampe saat ini, sekitar bulan Maret/April 2015. Kronologisnya gak akan gw ceritain, karena terlalu panjang. Tapi yang pasti mungkin gw udah buat dia kecewa yang gw sendiri tidak sadar, apa sesungguhnya. Intinya, gw sendiri lagi di semester 6, 7 dan 8 kuliah. Melewati masalah-masalah sendiri, pulang malem abis ngerjain projek2 dan tugas kuliah, pagi2 udah berangkat lagi ke kampus. Terlebih waktu masa skripsi di semester 8. Gw bener2 gak bisa fokus, gak ada teman dekat lagi yang memotivasi, hidup gw kacau banget, ditambah lagi si doi jadian sama orang lain. Di masa-masa itu, gw jadi rutin konsumsi alkohol. Gw sendiri tau itu bukan solusi konkret, tapi ya mau gimana lagi? gw mulai menyalahkan hidup gw, mengasingkan keberadaan Tuhan. Walaupun akhirnya, gw berhasil lulus dan meraih gelar sarjana tepat pada waktunya.

Tapi, masalah enggak sampai disitu aja. Semenjak lulus, gw bukannya berdiam diri. Gw sadar, walaupun kondisi gw begini,dan menurut gw cukup memprihatinkan. Tau ga sih rasanya dilahirkan jadi manusia nyaris tanpa kelebihan sedikitpun? Gw bukannya meremehkan diri gw sendiri, gw lulus dengan predikat sangat memuaskan (IPK >3.00) tapi gw sendiri merasa gw gak punya kelebihan apa2, bedakan dengan orang yang punya backingan orang tua kenceng, walaupun dia tolol atau bodoh sebego begonya, anak itu pasti akan survive. Akhirnya gw mencoba melamar2 kerja KEMANA-MANA. Ongkos yang udah gak keitung lagi, Tenaga yang juga udah gak ke refill lagi, otak yang udah menciut kebanyakan ngerjain psikotest, dan terakhir MENTAL gw yang udah engga sanggup lagi.

Keadaan gw sampai sekarang, mungkin gw udah muter ke >20 perusahaan, dan masih nihil. Sebenernya bukan berarti tidak ada perusahaan yang menerima gw, tapi gw orang yang realistis. Apakah offering dari perusahaan sesuai dengan jatah buat hidup gw, karena gw sadar diri, gw mau bekerja bukan untuk foya-foya. Gw mau bekerja buat menabung, ngasih orang tua, dan yang paling penting: Bantu biaya adik2 gw yang masih sekolah! Intinya sampai sekarang pun gw masih berusaha bolak-balik ke tempat persemayaman perusahaan. Tapi, belum ada yang cocok sampai saat ini. Pada akhirnya minggu lalu gw berhasil sampai ke tahapan akhir rekrutmen perusahaan besar yang sangat gw pengen. Tapi toh, sepertinya dan naga-naganya gw ditolak lagi. Dan gagal lagi gagal lagi emoticon-Big Grin . Di saat kegagalan gw kaya gini, gw juga gamau nambah beban orang tua dengan cerita keluh kesah gw tentang kegagalan gw yang udah banyak ini, gw yakin mereka juga udah stress dan pusing mikirin gw. Gw mau terlihat tegar dan gak putus asa di depan mereka.

Disisi lain? Gw masih belum bisa move on dari si doi, gw masih butuh teman buat memotivasi gw, menemani gw, yang seenggaknya bisa kasih gw harapan setiap harinya. Sekarang gw jadi berpikiran bahwa hidup gak pernah adil buat semua orang, dan itu merujuk kepada God's Existence. Gw yakin setiap orang juga berusaha buat yang terbaik, tapi hasilnya? Intinya gw bener2 merasa ada dalam titik hidup yang bener2 gw nyaris gak sanggup lagi buat jalaninnya. Jadi gw udah nyaris putus asa dengan hidup gw. Gw serba sendiri dan serba salah, serba capek juga. Gw gak mengharapkan saran atau apapun dari agan sista. Dengan agan dan sista mau meluangkan waktu membaca teks proklamasi yang panjang ini aja, gw udah seneng emoticon-Big Grin

Thx Anyway emoticon-Big Grin

0
3.6K
40
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan