dwinarianAvatar border
TS
dwinarian
Kemenag Angkat Bicara Soal Terjemahan 'Awliya' di Surat Al Maidah Ayat 51
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pada beberapa edisi terbitan Terjemahan Al-Quran yang beredar saat ini, kata awliya pada QS Al Maidah: 51 diterjemahkan sebagai teman setia.

Pgs. Kepala Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Quran (LPMQ) Kemenag, Muchlis M Hanafi, menjelaskan bahwa terjemahan Al-Quran tersebut merujuk pada edisi revisi 2002 Terjemahan Al Quran Kementerian Agamayang telah mendapat tanda tashih dari LPMQ.

Hal ini ditegaskan Muchlis menanggapi beredarnya postingan di media sosial tentang terjemahan kata awliya pada QS Al-Maidah: 51 yang disebutkan telah berganti dari 'pemimpin' menjadi 'teman setia'.

Seperti dilansir dari siaran pers di situs resmi Kemenag, postingan itu menyertakan foto halaman terjemah QS Al-Maidah: 51 dengan keterangan yang menyebutnya sebagai 'Al-Quran palsu'.

"Tidak benar kabar yang menyatakan bahwa telah terjadi pengeditan terjemahan Al-Quran belakangan ini. Tuduhan bahwa pengeditan dilakukan atas instruksiKementerian Agama juga tidak berdasar,"tegas Muchlis di Jakarta, Minggu (23/10).

Menurut Muchlis, kata awliya di dalam Al-Quran disebutkan sebanyak 42 kali dan diterjemahkan beragam sesuai konteksnya.

Merujuk pada Terjemahan Al-QuranKementerian Agama edisi revisi 1998 - 2002, pada QS. Ali Imran/3: 28, QS. Al-Nisa/4: 139 dan 144 serta QS. Al-Maidah/5: 57, misalnya, kata 'awliya' diterjemahkan dengan pemimpin.

Sedangkan pada QS. Al-Maidah/5: 51 dan QS. Al-Mumtahanah/60: 1 diartikan dengan 'teman setia'.

Pada QS. Al-Taubah/9: 23 dimaknai dengan 'pelindung', dan pada QS. Al-Nisa/4: 89 diterjemahkan dengan 'teman-teman', tambahnya.

Terjemahan Al-Quran Kemenag, lanjut Muchlis, pertama kali terbit pada tahun 1965.

komen ane : ane tinggal di Republik indonesia ,kementrian agama buat jadi patokan ,bukan nya fatwa majelis sebab ane gak tinggal di negara majelis.

sumber biar jadul mudah mudahan bisa bikin adem[i]m.tribunnews.com/nasional/2016/10/24/kemenag-angkat-bicara-soal-terjemahan-awliya-di-surat-al-maidah-ayat-51/[i]
Diubah oleh dwinarian 04-11-2016 13:32
0
27.1K
479
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan