Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

das2009Avatar border
TS
das2009
Unjukrasa 4 November: Apakah Ahok Bisa Dijatuhkan?
Puluhan truk tentara dan polisi menurunkan penumpang di sudut-sudut strategis Jakarta, pagi ini. Diperkirakan puluhan ribu pengunjukrasa diduga akan memenuhi jalanan setelah Sholat Jumat. Mereka akan menuju seberang Istana Merdeka, tempat Presiden Joko Widodo berkantor. Dipimpin Front Pembela Islam, mereka menuntut Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaya Purnama (Ahok) mundur dari jabatannya karena dituduh menista agama. Tapi hari ini Presiden Jokowi tidak ada di sana.

Beberapa kelompok muslim menuduh Ahok menistakan agama, ketika berbicara di Kepulauan Seribu, bahwa para pesaingnya dalam Pilkada menyerangnya dengan menggunakan surat Al Maidah ayat 51.

Cerita itu memanjang. Setelah itu arah kritik berubah menyerang Jokowi. Pemerintahnya disebut tak cukup berbuat untuk menyejukkan tensi agama dan etnis dalam Pilkada Jakarta.

Dan ketegangan memang terasa di Jakarta pada hari ini. Jalanan sepi. Banyak perusahaan menyuruh para pegawai libur.

Apakah demo kedua ini akan berpengaruh pada Ahok? Yang jelas pemberitaan media massa pada aksi kedua ini jauh lebih ramai dari 3 minggu lalu. Presiden Jokowi juga memberi api, dengan memerintah polisi dan tentara bersiaga penuh, mengundang para ulama ke istana, juga mengundang para pemimpin redaksi.

Tapi Ahok justru telihat rileks dan kalem. Dia tetap berkampanye keliling kota, walau di Rawa Belong sempat diusir sebuah kelompok.

Gaya Kepemimpinan Ahok yang lugas dan apa adanya, sering dengan bicara keras, menjadi target rasistik para pemimpin muslim garis keras seperti FPI. Namun Orang Cina asal Belitung yang beragama Kristen ini mendapat dukungan kuat para penduduk Jakarta yang melihatnya sebagai pemimpin yang bersih dan cakap. Ia mengubah wajah Jakarta menjadi lebih baik selama ia berkuasa.

LANJUT:
http://koransulindo.com/unjukrasa-4-...sa-dijatuhkan/


0
2K
30
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan