Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

onmolcomAvatar border
TS
onmolcom
[TIPS] Jangan Sampai Salah BELI! Berikut 5 Tips Memilih Smartphone Dengan Tepat
Spoiler for Anu Gan:


Ditengah meningkatnya aktifitas mobile dan semakin cepatnya akses informasi, keberadaan smartphone sebagai suatu kebutuhan sudah semakin mudah untuk dijangkau dan dimiliki oleh setiap orang. Banyaknya manfaat yang bisa didapatkan melalui smartphone, seolah – olah membuatnya “wajib” untuk dimiliki oleh semua orang, agar tidak ketinggalan trend, informasi dan tentunya memberikan kemudahan bagi penggunanya dalam menjalankan aktifitasnya sehari – hari.

Melihat potensi pasar smartphone yang terus meningkat secara signifikan, membuat beberapa produsen teknologi akhirnya berlomba – lomba untuk meluncurkan beberapa produk smartphone andalannya. Namun, dalam memilih smartphone yang beraneka macam tersebut, anda juga harus jeli lho dalam memilih. Setiap smartphone yang diluncurkan tentunya memiliki spesifikasi serta fitur yang berbeda – beda sesuai dengan tipe dan kebutuhan penggunanya. Nah, biar gak salah pilih nantinya, berikut 5 Tips Memilih Smartphone dengan Tepat. Apa saja tipsnya? Berikut ulasannya.

1. Tentukan Kebutuhan Anda Terlebih Dahulu
Spoiler for Beda Orang, Beda Kebutuhan:

Sebelum memutuskan untuk membeli smartphone, terlebih dahulu cobalah untuk menentukan apa sih yang sebenarnya anda butuhkan dari sebuah smartphone? Apakah ingin digunakan untuk membantu tugas – tugas kantor, sebagai alat mengakses informasi dengan cepat, kamera yang bagus, ingin digunakan game, atau kebutuhan lainnya? Tentu saja, hanya anda sendirilah yang mampu menjawab apa yang menjadi kebutuhan anda saat ini. Kemudian berangkat dari kebutuhan itulah, tinggal anda memilih, smartphone dengan spesifikasi dan fitur manakah yang cocok untuk anda miliki.

Selain itu, pemilihan OS juga penting dan tentunya akan berhubungan dengan kebutuhan anda tersebut. Apakah anda ingin menggunakan Android, iOS, Blackberry atau Windows Phone. Intinya, cobalah untuk mempelajari, apa kelebihan dan kekurangan dari beberapa OS tersebut, kemudian sesuaikan yang manakah diantara OS tersebut yang cocok dengan kebutuhan anda.

2. Anggarkan Budget Yang Diinginkan
Spoiler for Sesuaikan Budget Anda:

Setelah anda sudah mengetahui kebutuhan anda, lalu hitunglah budget yang akan anda keluarkan untuk membeli smartphone. Ketika budget sudah ditentukan, lalu cobalah untuk mencari informasi produk – produk smartphone yang tersedia di pasaran. Ada banyak smartphone berkualitas dengan berbagai harga dan tipe menarik yang bisa anda pilih, dan tentunya harus sesuai dengan kebutuhan dan budget anda.

Memilih smartphone juga semakin mudah kok dengan hadirnya beberapa online shopyang menyediakan berbagai produk smartphone dari harga yang paling murah hingga termahal, dan tentunya selalu disertakan dengan gambar dan deskripsi produk tersebut.

3. Cek Performa dan Spesifikasi Smartphone
Spoiler for Teliti Sebelum Membeli:

Memilih smartphone gak melulu harus melihat merk dan tampilan luarnya saja lho. Agar gak salah pilih, anda dituntut untuk lebih teliti dalam mempelajari performa serta spesifikasi smartphone yang akan dibeli. Mulai dari chipsetnya, ukuran RAM, Chipset, Internal Memory, Kualitas layar, Camera, Design, Baterai, dan lain sebagainya.

Sebagai saran, untuk saat ini standar spesifikasi yang mumpuni untuk sebuah smartphone yaitu yang memiliki RAM minimal 1 – 2 GB, Chipset minimal dual core, Support jaringan internet (Wifi, 3G, 4G), Internal Memori minimal 8 – 16 GB, Layar berkualitas HD, Camera minimal 8 MP, Kapasitas Baterai minimal 2000 Mah, menggunakan OS terbaru, dan untuk designnya sendiri utamakan yang berbahan kokoh, nyaman digenggam dan tentunya terlihat menarik.

4. Cari Tahu Info Mengenai Service Center Merk Smartphone
Spoiler for Jangan Abaikan After Sales:

Salah satu pertimbangan yang tak kalah pentingnya dalam memilih smartphone adalah yang berkaitan dengan informasi layanan pasca beli, yaitu mengenai garansi dan service. Hal ini sangatlah penting untuk anda ketahui infonya agar nantinya setelah membeli smartphone, anda tidak kebingungan untuk mengklaim garansi atau memperbaiki smartphone yang sudah dibeli. Hal ini setidaknya menjadi jaminan jikalau di waktu – waktu mendatang terjadi hal – hal yang tidak diinginkan pada smartphone tersebut, misalnya terjadi cacat produk, kerusakan, mati tiba – tiba dan lain sebagainya. Selain itu, cari tahu juga informasi di internet seputar layanan pasca beli brand smartphone yang nantinya akan anda beli, seperti apa pengalaman – pengalaman para pengguna sebelumnya. Kalau rasanya terlihat kurang baik layanannya atau kurang meyakinkan, ada baiknya anda mempertimbangkan pilihan tersebut dan cobalah untuk melirik merk lain yang sudah terjamin pelayanannya.

5. Tak Selamanya Smartphone Berkualitas Harus Mahal
Spoiler for Jangan Terjebak Brand:

Hal penting selanjutnya yang layak anda ketahui adalah tak selamanya harga menentukan kualitas smartphone, walaupun itu bisa menjadi salah satu indikator penilaian. Banyak kasus ternyata smartphone – smartphone merk yang baru muncul sudah berani meluncurkan smartphone berspesifikasi layaknya kelas premium, namun dibanderol dengan harga yang jauh dibawah smartphone – smartphone lain dengan spesifikasi serupa.

Hal itu tentunya bukan tanpa alasan, kebanyakan hal itu dilakukan oleh merk – merk baru untuk menaikkan branding, memboomingkan produk dan sebagai media promosi agar merk lebih mudah dikenal oleh customer. Selain itu, cek juga beberapa promo – promo khusus di berbagai online shop, biasanya akan ada informasi pre-order untuk smartphone – smartphone terbaru, info cuci gudang, promo cashback, diskon dan masih banyak lagi. Intinya, memilih produk untuk saat ini sudah gak seribet dulu kok, cukup cek melalui internet.

emoticon-Shakehand2emoticon-Traveller emoticon-Traveller

So, Teliti Sebelum Membeli ya Gan!

** Sumurnya Tuh Disini **


Spoiler for Jangan Dibuka Gan!!:
Diubah oleh onmolcom 18-10-2016 04:28
0
10.5K
59
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan