Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

victim.of.jeepAvatar border
TS
victim.of.jeep
Menteri Rusia Tawarkan Kapal Nuklir ke RI
Menteri Rusia Tawarkan Kapal Nuklir ke RI

Jakarta - Menteri Perindustrian dan Perdagangan Federasi Rusia, Denis Manturov, menilai banyak potensi kerja sama yang bisa dijalankan antara Rusia dan Indonesia. Salah satunya adalah bidang kelistrikan, yaitu pembangkit listrik dengan menggunakan teknologi nuklir yang diletakkan di atas kapal.

"Kami siap menawarkan kepada Indonesia, jenis kapal berteknologi tinggi termasuk yang berteknologi nuklir," ungkap Manturov, dalam pertemuan Rusia-Indonesia, di Hotel JW Marriott, Jakarta, Senin (31/10/2016).

Didi M Soewondho, Ketua Indonesian-Russian Business Council, menjelaskan pembangkit ini memang dirancang untuk bisa berpindah-pindah. Sesuai dengan kebutuhan Indonesia, menjangkau wilayah yang terpencil.

"Jadi itu ada tenaga pembangkit listrik bertenaga nuklir, yang dalam skala kecil yang ditaruh di kapal. Dengan kapal itu bisa ditaruh floating," papar Didi pada kesempatan yang sama.

Kapal diproduksi oleh Rosatom, yang merupakan perusahaan besar asal Rusia dan bergerak di bidang energi nuklir, mulai dari skala kecil hingga besar. Didi mengharapkan kerja sama ini bisa segera terwujud.

"Kami mengharap itu bisa digunakan di Indonesia kemudian bisa dibeli oleh perusahaan Indonesia dan dikontrakan ke PLN atau kalau nggak sewa. Itu model yang sekarang sedang dijajaki," terangnya. 

Di samping itu juga diharapkan masyarakat bisa menerima teknologi tersebut. "Yang penting sekarang masyarakat bisa menerima teknologi nuklir ini. Ini adalah teknologi canggih generasi 3 yang tingkat keamanannya tinggi," pungkasnya. (mkl/wdl) 

http://m.detik.com/finance/energi/d-...l-nuklir-ke-ri
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
13.3K
133
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan