- Beranda
- Komunitas
- Surat Pembaca
[MODUS PENIPUAN BARU] di Bukalapak


TS
Sayugo
[MODUS PENIPUAN BARU] di Bukalapak
Salam kaskuser, saya mau sharing pengalaman mengenai kejadian yang menimpa saya pada awal Oktober lalu. Begini kronologinya:
Pada tanggal 8 Oktober 2016, saya melakukan pembelian motherboard bekas di bukalapak.
Pada tanggal 9 Oktober 2016, Barang saya terima dan saya lakukan pengecekan keesokan harinya.
Pada tanggal 10 Oktober 2016, Setelah saya melakukan pengecekan saya menemukan motherboard tersebuttidak bekerja sebagaimana mestinya (rusak). Kemudian saya melakukan komplain.
Selama diskusi komplain saya menemukan ada yang tidak beres dengan seller ini.
1. Saya ajak diskusi baik-baik, tetapi seller malah marah2 dan mengumpat.
2. Seller menyuruh saya mengirim barang balik beserta dengan komponen saya yang lain (CPU dan Ram) untuk dilakukan pengetesan. Ya jelas saya ga mau lah, akhirnya saya kirim mobo nya saja dan berharap uang saya dikembalikan.
3. Setelah menerima kembali mobonya dan mendapati tidak terdapat CPU dan Ram nya, seller berdalih bahwa mobonya tidak rusak dan mengirim balik mobo nya ke saya (tanpa konfirmasi dan persetujuan admin bukalapak).
4. Seharusnya kalau dipikir secara logis, mobo tersebut bukan tanggung jawab saya karena seller mengirim balik tanpa persetujuan ataupun konfirmasi. Tetapi admin bukalapak menyuruh saya untuk menerima barangnya dan melakukan pengecekan kembali. Oke, saya mengalah saja dan terima barangnya.
5. Setelah saya terima dan cek ulang, hasilnya tetap sama. Mobo tersebut rusak. Dikirim barang rusak di cek berkali-kali tetap saja rusak.
6. Setelah saya dapat mebuktikan ke admin bukalapak bahwa barang yang saya terima rusak, saya mendapat persetujuan admin untuk mengirim balik barangnya.
7. Saat tulisan ini dibuat, seller telah menerima barangnya kembali, dia tetap bersikeras bahwa barangnya tidak rusak dan akan mengirim barangnya lagi ke saya.
Berikut saya sertakan screenshoot diskusi saya dengan seller
Pertanyaannya,
1. Kalau memang menurut seller barangnya bagus dan normal, kenapa seller tidak jual saja ke orang lain daripada berdebat dengan saya buang2 waktu dan ongkir kirim-kirim balik???
2. Dan mengapa admin tidak dapat bertindak tegas padahal seller jelas-jelas bertindak dan mengirim barang semaunya sendiri tanpa konfirmasi ataupun persetujuan dari saya dan admin, padahal tujuan dari diskusi adalah membuat hasil kesepakatan bersama bukan memutuskan sebelah pihak???
Berikut saya sertakan prosedur retur bukalapak yang mana jelas dinyatakan bahwa bukalapak hanya menerima pengembalian barang sekali saja. Seller telah menyalahi aturan.
Setelah saya telusuri lebih lanjut ternyata banyak gan yang sudah jadi korban dari seller ini, cuma mungkin mereka banyak yang pasrah atau tidak tahu caranya komplain.
Bagi yang penasaran sellernya nama tokonya G_C (toko gembel)seller di bukalapak.
Kesimpulan menurut versi saya: Seller berusaha untuk mengambil komponen CPU dan Ram saya, tetapi karena saya tidak memberikannya akhirnya seller bersikeras menjual mobo nya yang rusak itu ke saya. Seller bertindak seenaknya sendiri karena dia sudah pengalaman dan tahu bahwa dalam prosedur retur bukalapak terdapat celah yang mana admin tidak dapat bertindak tegas sesuai ketentuan prosedur yang berlaku.
Semua tulisan saya disini dapat dipertanggungjawabkan dan berdasarkan kejadian sesungguhnya yang saya alami.
UPDATE: Setelah seller mengirimkan barang ke bukalapak dan bukalapak melakukan pengecekan, tak lama kemudian bukalapak merefund dana saya. Saya tidak menerima informasi apapun dari bukalapak, tapi menurut logika saya jika bukalapak mengembalikan dana saya berarti barang seller memang rusak. Dengan ini saya nyatakan CASE CLOSED
Pada tanggal 8 Oktober 2016, saya melakukan pembelian motherboard bekas di bukalapak.
Pada tanggal 9 Oktober 2016, Barang saya terima dan saya lakukan pengecekan keesokan harinya.
Pada tanggal 10 Oktober 2016, Setelah saya melakukan pengecekan saya menemukan motherboard tersebuttidak bekerja sebagaimana mestinya (rusak). Kemudian saya melakukan komplain.
Selama diskusi komplain saya menemukan ada yang tidak beres dengan seller ini.
1. Saya ajak diskusi baik-baik, tetapi seller malah marah2 dan mengumpat.
2. Seller menyuruh saya mengirim barang balik beserta dengan komponen saya yang lain (CPU dan Ram) untuk dilakukan pengetesan. Ya jelas saya ga mau lah, akhirnya saya kirim mobo nya saja dan berharap uang saya dikembalikan.
3. Setelah menerima kembali mobonya dan mendapati tidak terdapat CPU dan Ram nya, seller berdalih bahwa mobonya tidak rusak dan mengirim balik mobo nya ke saya (tanpa konfirmasi dan persetujuan admin bukalapak).
4. Seharusnya kalau dipikir secara logis, mobo tersebut bukan tanggung jawab saya karena seller mengirim balik tanpa persetujuan ataupun konfirmasi. Tetapi admin bukalapak menyuruh saya untuk menerima barangnya dan melakukan pengecekan kembali. Oke, saya mengalah saja dan terima barangnya.
5. Setelah saya terima dan cek ulang, hasilnya tetap sama. Mobo tersebut rusak. Dikirim barang rusak di cek berkali-kali tetap saja rusak.
6. Setelah saya dapat mebuktikan ke admin bukalapak bahwa barang yang saya terima rusak, saya mendapat persetujuan admin untuk mengirim balik barangnya.
7. Saat tulisan ini dibuat, seller telah menerima barangnya kembali, dia tetap bersikeras bahwa barangnya tidak rusak dan akan mengirim barangnya lagi ke saya.
Berikut saya sertakan screenshoot diskusi saya dengan seller
Spoiler for Bukti diskusi saya dengan seller:
Pertanyaannya,
1. Kalau memang menurut seller barangnya bagus dan normal, kenapa seller tidak jual saja ke orang lain daripada berdebat dengan saya buang2 waktu dan ongkir kirim-kirim balik???
2. Dan mengapa admin tidak dapat bertindak tegas padahal seller jelas-jelas bertindak dan mengirim barang semaunya sendiri tanpa konfirmasi ataupun persetujuan dari saya dan admin, padahal tujuan dari diskusi adalah membuat hasil kesepakatan bersama bukan memutuskan sebelah pihak???
Berikut saya sertakan prosedur retur bukalapak yang mana jelas dinyatakan bahwa bukalapak hanya menerima pengembalian barang sekali saja. Seller telah menyalahi aturan.
Spoiler for Prosedur retur Bukalapak:
Setelah saya telusuri lebih lanjut ternyata banyak gan yang sudah jadi korban dari seller ini, cuma mungkin mereka banyak yang pasrah atau tidak tahu caranya komplain.
Spoiler for Para korban:
Bagi yang penasaran sellernya nama tokonya G_C (toko gembel)seller di bukalapak.
Kesimpulan menurut versi saya: Seller berusaha untuk mengambil komponen CPU dan Ram saya, tetapi karena saya tidak memberikannya akhirnya seller bersikeras menjual mobo nya yang rusak itu ke saya. Seller bertindak seenaknya sendiri karena dia sudah pengalaman dan tahu bahwa dalam prosedur retur bukalapak terdapat celah yang mana admin tidak dapat bertindak tegas sesuai ketentuan prosedur yang berlaku.
Semua tulisan saya disini dapat dipertanggungjawabkan dan berdasarkan kejadian sesungguhnya yang saya alami.
UPDATE: Setelah seller mengirimkan barang ke bukalapak dan bukalapak melakukan pengecekan, tak lama kemudian bukalapak merefund dana saya. Saya tidak menerima informasi apapun dari bukalapak, tapi menurut logika saya jika bukalapak mengembalikan dana saya berarti barang seller memang rusak. Dengan ini saya nyatakan CASE CLOSED
Quote:
Diubah oleh Sayugo 08-11-2016 21:21
0
7.6K
24
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan