Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

angelinasophiaAvatar border
TS
angelinasophia
Gimana cara jadi ecomom?
halo semuanya..
emoticon-Hai

Hidup ramah lingkungan itu banyak manfaatnya loh gan/sist. Selain kita bisa hidup lebih sehat, dengan hidup ramah lingkungan juga membuat kita ikut mengurangi pemanasan global yang sekarang ini lagi mengancam bumi kita yang semakin hari semakin tua. Sebagai seorang ecomom yang memperhatikan lingkungan demi hidup yang lebih sehat, saya ingin menerapkan pola hidup ramah lingkungan dalam lingkungan saya.

Ada loh yang bilang kalo hidup ramah lingkungan itu ribet, susah, blablabla. Aduuh... Salah banget yang mikir kayak gitu. Kenapa sih segala sesuatu itu harus dibikin pusing. Kata siapa hidup ramah lingkungan itu ribet dan susah? Ih salah... Justru menurutku hidup ramah lingkungan itu gampang banget dipraktekin dikehidupan sehari-hari.

Biar lebih mudah dibaca, ini aku bagi kedalam beberapa poin, kalo kita mau mulai hidup ramah lingkungan.

1. Mulailah memelihara tanaman dipekarangan rumah



Ecomom bisa mulai dengan membeli tanaman-tanaman hijau kecil untuk menghiasi pekarangan kita. Jangan lupa juga buat ngerawat tanaman ini. Walaupun tanaman bukan manusia, dia tetap butuh bernafas. Minimal tanaman ini rutin disiram. Tanaman yang sehat juga bakal ngasih kita udara yang segar dan hal ini jelas bakal mengurangi efek dari global warming.



2. Mulailah membawa bekal ke kantor




Aku adalah seorang ibu yang juga pegawai kantoran. Sekarang ini aku udah mulai bawa bekal makan sendiri dari rumah, termasuk air minumnya. Dengan aku bawa bekal makan dan minum sendiri, selain buat menghemat biaya makan di luar juga, itu berarti aku udah bantu mengurangi penggunaan air minum dalam kemasan yang bisa menambah timbunan sampah di luar sana.


3. Mulailah mendaur ulang barang2 yang recyclable



Dari pada dirumah banyak barang-barang bekas yang gak kepake, yang akhirnya cuma numpuk bikin sempit ruangan, mendingan barang-barang yang masih recyclable atau bisa didaur ulang, kita pisahin buat kita daur ulang. Misalnya, ada kain bekas, lebih baik kita jahit terus kita bikin kantong belanjaan, jadi bisa ecomom pake tiap kita mau belanja. Atau mungkin ada botol kaca bekas, jangan dibuang, mending dijadiin tempat bumbu aja. Hehe.


4. Mulailah gunakan barang/produk ramah lingkungan



Produk ramah lingkungan ini adalah produk yang tidak beracun, bisa didaur ulang dan aman kalo digunakan berkali-kali. Misalnya tempat minum yang terbuat dari stainless, pena isi ulang, sapu tangan dan lain-lain.


5. Mulailah bijak menggunakan air



Meskipun kelihatannya air itu banyaak banget, bukan berarti kita bisa seenaknya pake air. Ya, yang bijaklah kalo pake air, biar gimanapun yang namanya buang-buang air itu gak baik, pake seperlunya aja, jangan boros. Terutama kalo nyuci tuh, kadang ada ibu yang pake airnya hambur banget. Untungnya aku kalo nyuci pake mesin cuci yang udah punya teknologi econavi yang bisa ngebaca kondisi cucian dan milihin proses yang optimal secara otomatis buat ngehemat energy, air dan waktu.

***

Mungkin cara-cara setiap ecomom bakal beda-beda buat nerapin pola hidup ramah lingkungan. Apa yang aku tulis di atas adalah contoh dari apa yang aku jalanin dalam hidupku. Mungkin masih belum seberapa besar untuk membantu merubah dunia ini jadi lebih baik, tapi aku yakin kalo aku bisa menularkan kebiasaan ini kepada keluargaku dan orang-orang disekitarku. Dengan begitu, akan banyak orang yang melakukan pola hidup ramah lingkungan. Kalau kamu apa sih cara kamu buat jadi ecomom? Share yuk!



Diubah oleh angelinasophia 27-10-2016 14:21
0
2.2K
23
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan