razman.yazidAvatar border
TS
razman.yazid
Soal Al-Maidah 51, Komisi VIII Panggil Menag
JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Ketua Komisi VIII DPR Ali Taher Parasong mengatakan, pihaknya akan memanggil Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dalam waktu dekat ini.

"Rencana itu untuk minta klarifikasi Menteri Lukman tentang polemik adanya perubahan terjemahan kata 'awliya' pada Al-Qurman surat Al Maidah ayat 51," kata Ali Taher Parasong kepada wartwan di kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (24/10/2016).

"Kita rencana habis reses ini kita panggil Kementerian Agama untuk meminta penjelasan terkait hal tersebut," katanya.

Politikus Partai Amanat Nasional, Ali Taher menjelaskan, bahwa dalam setiap proses percetakan Al-Quran, perlu konfirmasi kepada penafsir Al-Quran. Karenanya, Komisi VIII perlu mempertanyakan apakah perubahan tafsiran dalam Surat Al Maidah itu sudah melewati proses tafsir yang baik.

"Dari sisi proses percetakan itu sendiri kan memerlukan konfirmasi ke pentafsir Al Qur'an. Apakah mereka menyadur dari Kementerian Agama ataukah mungkin ada mufasir lain, dan ini memerlukan klarifikasi, memerlukan tabayun, supaya tidak timbul mispersepsi," ujarnya.

Ali Taher enggan berandai-andai mengenai keterkaitan perubahan tafsir ini dengan kasus penistaan agama yang dilakukan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Ahok sendiri dilaporkan oleh elemen masyarakat karena melakukan penistaan Alquran Surat Al Maidah Ayat 51.

Dia mengakui, bahwa apa yang dilakukan Ahok itu menjadi populer dan ‎membuat banyak orang penasaran. Bukan hanya Muslim, kaum non-Muslim juga mencoba membaca, mengamati dan menilai dari tafsir itu sendiri.‎

"Saya kira momentumnya menjadi populer ketika muncul perdebatan mengenai penggunaan istilah Al Maidah dan juga bentuk penistaan oleh Ahok itu menjadi ramai. Jadi banyak orang penasaran Al Maidah itu apa. Bukan hanya orang Islam saja, tapi banyak pihak yang mencoba membaca, mengamati dan bahkan menilainya," papar Ali Taher.

"Dan saya rasa ‎persoalan ada perubahan itu yang perlu kita dalami. Kalau saya tidak ingin mau digabungkan dengan masalah politis. Jangan sampai kita terjebak pada persoalan SARA dan sebagainya," tegasnya.

sumber : http://www.netralnews.com/news/nasional/read/32000/soal.al.maidah.51.komisi.viii.panggil.menag

gara gara ahok, anggota hewan jadi ada kerjaan emoticon-Recommended Seller emoticon-Ultah
0
9.4K
126
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan