agus.duitpintarAvatar border
TS
agus.duitpintar
Coba Pelihara Ikan Koi Gan, Bisa Nambah Duit Hingga Lebih Dari Rp10 Juta!
Meski sudah mapan dan gaji di atas Rp 15 juta, bukan berarti stop usaha buat tambah penghasilan sampingan. Ketika ada peluang, kenapa enggak disikat. Niat awalnya sih sekadar buat sampingan, tapi ketika nilainya sudah melewati gaji bulanan kenapa mesti tidak ditekuni.

Satu dari sekian cara mendapat penghasilan sampingan adalah mencoba budidaya ikan mas Koi. Sudah banyak lho cerita orang yang sukses menggeluti usaha ikan yang jadi peliharaan kaum bangsawan dan kaisar di China dan Jepang ini.

Ikan satu ini memang menarik karena punya beberapa warna yang menghiasai sisiknya. Warna-warna inilah yang membuat ikan mas koi banyak digemari. Wajar jika ikan jenis ini punya prospek yang cerah dibudidayakan. Kelebihan lainnya, budidayanya tak sulit dan tak memerlukan perlakuan khusus.

Tentunya langkah awal menggarap potensi bisnis ikan mas koi adalah menghimpun sebanyak-banyaknya informasi seputar ikan mas koi. Bagaimana pun membudidayakan ikan mas koi menuntut ‘ilmu’ yang memadai.

Berikutnya adalah modal. Jelas dong, modal itu sebagai penggeraknya. Selain duit, tentunya modal utamanya adalah ketersediaan lahan. Bisa dengan cara menyewa atau memaksimalkan lahan di pekarangan rumah untuk jadi kolam penangkaran ikan mas koi.

Seperti disebut sebelumnya, budidaya ikan mas koi tak ada bedanya dengan ikan mas. Yang penting adalah air yang jernih dan sejuk, pakan yang cukup, dan sirkulasi air yang lancar.

Bagi yang berminat, berikut ini langkah mudah budidaya ikan mas koi.



1. Modal

Spoiler for modal:



2.Persiapan

Spoiler for persiapan:


3. Sebar benih

Spoiler for benih:


4.Rawat

Spoiler for rawat:


5. Jual

Spoiler for jual:


Kira-kira itu cara mudah budidaya ikan mas koi. Sekali lagi, memelihara ikan mas koi sama sekali jauh dari kata sulit karena tak ada bedanya dengan ikan mas. Yang membedakan, ikan mas koi punya nilai yang jauh lebih tinggi daripada ikan mas.

Wajar dong, ikan mas masuk golongan ikan konsumsi yang nilainya berdasarkan berat. Sedangkan ikan mas koi adalah ikan hias yang dihargai per ekor.

Tertarik mencoba gan?

Quote:
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
6.9K
33
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan