- Beranda
- Komunitas
- News
- Berita dan Politik
Telkom dukung aksi Pivot dari Startup YesBoss


TS
botchla
Telkom dukung aksi Pivot dari Startup YesBoss

PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) sebagai salah satu penyuntik dana bagi YesBoss Group mendukung aksi korporasi yang dilakukan startup tersebut dengan meluncurkan Kata.ai, sebagai Conversational AI Platform untuk Brand di Indonesia.
“Ya, mereka berubah alias Pivot ke segmen Business to Business (B2B). Kita dukunglah perubahan yang mereka lakukan,” kata Direktur Innovation & Strategic Portfolio Telkom Indra Utoyo kepada IndoTelko, Rabu (19/10).
Sayangnya, Indra engan menjawab tentang adanya kemungkinan pendanaan kembali mengucur dari Telkom setelah aksi Pivot dari YesBoss ini. Sebelumnya, emiten pelat merah ini masuk sebagai investor di YesBoss melalui Metra Digital Investama (MDI Ventures).
Sedangkan CEO YesBoss Group Irzan Raditya menyatakan Kata.ai sebagai produk terbarunya yang akan dirilis di bawah naungan YesBoss Group. Langkah ini diambil demi meraih peluang baru di sektor bisnis dan konsumen.
Versi awal dari Kata.ai menawarkan dialogue engine dengan Pengolahan Bahasa Alami (Natural Language Processing/NLP) yang memungkinkan para pelaku bisnis untuk mewujudkan persona brand mereka lewat chatbot yang dapat melakukan beragam aktivitas percakapan. Aktivitas tersebut meliputi pemasaran produk, transaksi jual beli, sampai dengan pengumpulan data perilaku konsumen melalui media sosial dan aplikasi messaging yang umum digunakan di Indonesia seperti LINE, Facebook, Twitter, BBM, Telegram, juga melalui SMS.
Irzan menyampaikan bahwa langkah selanjutnya untuk Kata.ai adalah menyediakan teknologi tersebut dalam bentuk SaaS (Software as a Service) di awal tahun 2017.
Teknologi ini diyakini mampu membantu para pelaku bisnis untuk memahami perilaku konsumennya secara mendalam serta meningkatkan kualitas hubungan dengan konsumen.
Faktanya, pertumbuhan pengguna aplikasi messaging di Indonesia terus meningkat secara eksponensial beberapa tahun belakangan dengan 62 juta pengguna aktif BBM, 72 juta pengguna aktif LINE, serta 88 juta pengguna aktif Facebook.
Mencermati data tersebut, dapat dipahami bahwa ada potensi luar biasa bagi perusahaan untuk mendekatkan diri dengan konsumen mereka. Di masa mendatang, Kata.ai berencana untuk menjadi platform teknologi NLP dalam Bahasa Indonesia yang kaya akan fitur.
Sumber: InfoTelko
0
936
2


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan