BeritagarIDAvatar border
TS
MOD
BeritagarID
Alasan pemerintah pakai dana pensiun untuk Tol Trans Jawa

Pekerja melintas di ruas jalur tol Mojokerto-Kertosono (Moker) seksi dua di Desa Tampingmojo, Tembelang, Jombang, Jawa Timur, Kamis (20/10/2016).
Untuk meringankan beban defisit pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), pemerintah berencana menggunakan dana pensiun untuk sejumlah proyek infrastruktur.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro, dana pensiun yang akan digunakan tersebut adalah yang berada dalam neraca anggaran BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Ketenagakerjaan dan Taspen (Tabungan dan Asuransi Pensiun).

Skema ini kemudian disebut dengan Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

"Pembiayaan infrastruktur non APBN, tidak lagi belanja Kementerian Lembaga dan PMN (Penyertaan Modal Negara)," ujar Bambang, dalam Liputan6.com, Jumat (21/10/2016).

Salah satu target infrastruktur yang diincar adalah pembangunan Tol Trans Jawa yang ditargetkan rampung pada 2018. Bambang mengakui jika ada sejumlah masalah yang dihadapi BUMN pelaksana proyek tersebut-- dalam hal ini PT Waskita Karya, PT Jasa Marga, dan PT Hutama Karya, termasuk dalam hal pembiayaan.

"Ruas-ruas yang saat ini akan dikerjakan oleh BUMN untuk pembangunannya membutuhkan tambahan modal. Dan problemnya adalah mereka kekurangan ekuitas," sebut Bambang, dalam VIVA.

Bambang menyatakan, pemerintah pun akhirnya memutuskan bahwa ekuitas yang dibutuhkan tersebut akan disediakan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan, PT Taspen (Persero), dan PT Sarana Multi Infrastruktur.

Diakui Bambang, aliran dana pensiun pada sektor infrastruktur merupakan perubahan tradisi di Indonesia. Sebab, selama ini dana pensiun hanya diputar pada instrumen investasi perbankan, bukan pada proyek infrastruktur.

"Selama ini, dana-dana pensiun, baik dalam dan luar negeri hanya idle (nganggur) di bank dan diletakkan sebagai deposito atau surat utang negara (SUN). Padahal, dana jangka panjang ini sangat ideal untuk pembiayaan proyek jangka panjang seperti infrastruktur," sambung Mantan Menteri Keuangan ini.

Penggunaannya pun bukan tanpa aturan. Bambang, yang juga menjabat sebagai Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) ini menyebut penggunaan dana ke infrastruktur melalui pembiayaan non-APBN bisa menggunakan investasi lima persen.

Jika melihat dari laporan keuangan kuartal IV-2015 BPJS Ketenagakerjaan, saat ini perusahaan mengelola dana sebesar Rp220 triliun, sedangkan Taspen sebesar Rp163 triliun. Sementara estimasi biaya proyek pembangunan tol sepanjang 615 kilometer ini sebesar Rp53 triliun, dengan estimasi anggaran pembebasan lahannya sebanyak Rp5,3 triliun.

Skema KPBU ini sebenarnya sudah berjalan sebelumnya. Beberapa proyek-proyeknya skema KPBU skala raksasa yang berhasil melalui tahap financial closing senilai Rp63,86 triliun, antara lain:
Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Batang dengan kapasitas 2x1.000 Megawatt dengan nilai Rp54 triliun. Pendanaan akhirnya dilakukan pada Juni 2016.Palapa Ring Paket Barat senilai Rp1,28 triliun. Pendanaan akhir 25 Juli 2016, groundbreaking 17 Oktober 2016, skema KPBU menggunakan availability payment, dan fasilitas pemerintah PDF. Palapa Ring Paket Tengah dengan nilai proyek Rp1,38 triliun. Penandatanganan perjanjian kerja sama antara Kemeninfo dan PT Len Telekomunikasi Indonesia pada Maret 2016. Financial closing pada 29 September 2016.Palapa Ring Paket Timur senilai Rp5,1 triliun. Penandatanganan perjanjian kerja sama antara Kominfo selaku PJPK dan PT Palapa Timur Telematika selaku BUP yang dibentuk oleh konsorsium Moratelindo, IBS, dan Smart Telecom pada 29 September 2016. SPAM Umbulan dengan nilai proyek Rp2,1 triliun. Penandatanganan perjanjian antara Gubernur Jawa Timur dengan PT Meta Adhy Tirta Umbulan selaku BUP pada 21 Juli 2016. Financial closing direncanakan pada 9 November dengan fasilitas pemerintah VGF dari pemerintah pusat senilai Rp818 miliar.
Untuk pembiayaan proyek Tol Trans Jawa sendiri, Bambang menargetkan financial closing bisa terjadi pada November atau Desember 2016. Sehingga 2017, para kontraktor sudah bisa membangun semua ruas, dengan target akhir 2018 Jakarta-Surabaya sudah bisa terkoneksi.



Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...tol-trans-jawa

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Perubahan yang terjadi pada usia 30-an

- Cari tahu perawatan wajah berdasarkan jenis kulit

- Sayembara memburu tikus di Jakarta

anasabila
anasabila memberi reputasi
1
10.1K
29
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan