[.the.comment. Bicara Fakta] Fakta Seputar Kereta Api di Indonesia
TS
.the.comment.
[.the.comment. Bicara Fakta] Fakta Seputar Kereta Api di Indonesia
Selamat sore commenters, welcomeback to .the.comment.. Berhubung kali ini mau membahas tentang fakta, sebelum masuk materi, .the.comment.akan menyampaikan fakta mengenai thread-thread yang sudah .the.comment. buat selama ini. Ini dia faktanya.
Spoiler for Fakta thread .the.comment.:
Sebuah prestasi membanggakan, thread .the.comment.selalu sepi pengunjung
Spoiler for Bukti:
Quote:
Sebuah bukti betapa ngga penting dan ngga bermutunya thread-thread dari .the.comment.
Akan tetapi ngga bisa dipungkiri juga ya commenters, walaupun faktanya thread .the.comment. super ngga jelas, ngga penting, ngga bermutu, dan selalu sepi pengunjung, faktanya .the.comment. selalu menghadirkan wanita-wanita cantik untuk menemani commenters selama membaca thread. Seperti wanita cantik, bisa nyanyi, dan bisa main alat musik berikut ini. Kurang apa coba? Baiklah langsung saja kita undang, inilah dia.
Spoiler for Sheryl Sheinafia:
Spoiler for Sheryl dalam bentuk foto:
Quote:
"Non Sheryl, kalo aku disuruh ngelupain non Sheryl aku pasti bakal ke kelurahan"
"Loh ko ke kelurahan? Ngapain?"
"Iya non, aku bakal ngurus surat keterangan tidak mampu. Soalnya aku tidak mampu ngelupain non Sheryl"
Waduh....agak berat ya?
Baiklah, daripada buang-buang waktu kita langsung masuk materi aja ya?
Quote:
Commenters udah pernah naik kereta api? Atau malah udah sering? Tapi walaupun commenters udah pernah/udah sering naik kereta api, apakah commenters udah tau fakta-fakta berikut ini?
Quote:
1. Tanggal 17 Juni 1864 tercatat sebagai awal mula sejarah perkeretaapian Indonesia. Saat itu commenters, dibangun rel sepanjang 25 km yang menghubungkan Stasiun Semarang menuju Stasiun Tanggung di Grobogan.
Quote:
2. Terowongan Wilhelmina di Kabupaten Pangandaran adalah terowongan KA terpanjang di Indonesia. Terowongan yang sudah tidak digunakan ini, dibangun tahun 1911-1914 dan panjangnya 1.116 meter.
Quote:
3. Sedangkan terowongan KA terpanjang yang masih digunakan adalah Terowongan Sasaksaat di Kampung Sasaksaat Desa Sumurbandung, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat. Jadi commenters, terowongan ini dibangun tahun 1902-1903 dan memiliki panjang 949 meter.
Quote:
4. Jembatan KA terpanjang yang masih aktif adalah Jembatan Cikubang di Padalarang, Bandung Barat, Jawa Barat. Panjang jembatan ini 300 meter loh commenters.
Quote:
5. Inilah jembatan KA terpanjang di Indonesia commenters. Namanya Jembatan Cikacepit, berada di Desa Pamotan, Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran. Panjang jembatan ini adalah 1250 meter, tapi jembatan ini sudah tidak lagi digunakan ya commenters.
Quote:
6. Jembatan Cisomang yang berlokasi di Desa Cisomang, Kecamatan Darangdan, Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat adalah jembatan KA tertinggi di Indonesia nih commenters. Tinggi jembatan ini adalah 100 meter di atas Sungai Cisomang.
Quote:
7. Ngomongin soal jembatan KA, ada jembatan KA yang unik nih commenters. Namanya Jembatan Cirahong, terletak di perbatasan antara Tasikmalaya dan Ciamis. Bagian atas jembatan ini digunakan untuk kereta api , sementara bagian bawahnya untuk kendaraan bermotor, sepeda, dan pejalan kaki.
Quote:
8. Kereta Api Terpanjang di Indonesia adalah KA Babaranjang. Dengan 60 rangkaian ditarik dengan 2 atau 3 Lokomotif CC 202 dan CC 205. Sedangkan kekuatan masing-masing lokomotif sekitar 2.100 tenaga kuda untuk membawa muatan 2.300 ton batu bara.
Quote:
9. Rute KA penumpang terjauh di Indonesia adalah rute KA Krakatu nih commenters. KA tujuan Merak-Kediri ini memiliki jarak tempuh sekitar 925 kilometer dan ditempuh dengan waktu kurang lebih 18 jam perjalanan. Selain itu, KA ini juga melintasi 6 provinsi atau seluruh provinsi di Pulau Jawa yaitu Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, dan Jawa Timur.
Quote:
10. Sedangkan rute KA terjauh di Indonesia dipegang oleh kereta barang pengangkut semen dengan rute Nambo - Banyuwangi Baru sepanjang sekitar 1000 kilometer. Perjalanannya membutuhkan waktu 23-24 jam. Lama banget ya.
Quote:
11. Kalo rute KA paling ekstrim di Indonesia adalah rute KA yang melewati jalur Purwakarta-Padalarang nih commenters. Alig banget ini, jadi commenters akan melalui terowongan kereta api terpanjang di Indonesia yang masih aktif (Sasaksaat – 949 meter), jembatan KA terpanjang di Indonesia yang masih aktif (Cikubang – 300 meter), dan jembatan kereta api tertinggi di Indonesia (Cisomang – 100 meter). Jalur kereta ini juga sangat berbahaya karena letaknya yang berada di punggung bukit dan banyaknya lembah yang dilewati.
Quote:
12. Lokomotif paling ningrat adalah CC 206 13 87 dan 88 karena kedua lokomotif ini menarik rangkaian kereta KLB RI 1 loh commenters.
Quote:
13. Di Stasiun Purwakarta ada kuburan kereta loh commenters. Di stasiun ini banyak kereta yang sudah tidak digunakan ditumpuk begitu saja.
Quote:
14. Tragedi Bintaro 19 Oktober 1987 merupakan kecelakaan KA paling kelam dalam sejarah Indonesia. Tabrakan antara dua KA ini menelan korban jiwa sebanyak 156 orang.
Quote:
15. Commenters tau Charlie Chaplin? Tahun 1927, Charlie Chaplin seorang komedian dari Inggris, pernah ke Stasiun Cibatu di Garut, Jawa Barat loh commenters!
Quote:
Gimana commenters? Baru tau fakta-fakta di atas dan terkejut bukan main? Atau malah udah pada tau? Atau punya pengalaman seputar fakta-fakta di atas? Atau mungkin tau fakta-fakta lain? Silahkan beberkan semua itu di komentar.
Jangan lupa rate dan komen thread ini. Sampai jumpa di thread berikutnya. Tapi jangan dikunjungi ya commenters thread berikutnya, buat apa juga baca thread dari .the.comment.