KOMUNITAS
Informasi! Kaskus Update Fitur Baru! Intip di Sini!
Home / FORUM / All / News / ... / Kepolisian /
Serba Serbi Samsat (STNK, BPKB, Plat Nomor, Pajak Kendaraan dll)
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/527368ee3f42b2f76e000001/serba-serbi-samsat-stnk-bpkb-plat-nomor-pajak-kendaraan-dll

Tampilkan isi Thread
Halaman 90 dari 146
gan mau tanya, saya kan kerja dijakarta dan bawa motor saya yang dari kampung
nah pertanyaannya bisa ga saya bayar pajak motor tahunannya dijakarta jadi beda daerah (beda provinsi)
Gan samsat jakarta ada yg bisa bayar pajak motor pake ktp fotokopi + surat kehilangan ga. .mohon infonya...soalnya lg butuh cepet nih buat ojek online...klo nunggu ktp jd kan lama thanks
Permisi, saya mau tanya ..

Barusan saya bayar pajak STNK(mobil) ke gerai SAMSAT Tamini, ini gambanya :
Spoiler for :

detail :
PKB : Rp. 1.742.500
SWDKLLJ : Rp. 143.000
total : Rp. 1.885.500



Namun setelah itu saya cek di http://samsat-pkb.jakarta.go.id/INFO_PKB/INFO_PKB, kok beda nominalnya ya?, ini gambarnya :
Spoiler for :


detail :
Pajak*/PKB : Rp. 1.394.000
SWDKLLJ : Rp. 143.000
total : Rp. 1.537.000


Kok bisa beda ya?
Saya bayar hari ini 15/10/2016, STNK habis masih 2 hari lagi (tgl 17/10), jadi belum kena denda berarti kan ..?
Tapi kenapa nominalnya beda?

Ada yg pernah dpt kasus serupa?
Mohon penjelasannya.
Thanks sebelumnya.
Diubah oleh cobacoba.coba2
Gan, ndan, ane permisi mau tanya nih.
Jadi dulu pas ane msh domisili di bdg, ane beli motor. Sebelum beli motor itu ane ngurus "ktp+kk" via calo buat dpt ktp bdg (ktp biasa). Nah, ini udh masuk tahun ke 4. Pajak motor ane barusan abis tgl 11 kmrn. Kira2 kalo ane bayar pajak pake "ktp" ane msh bisa ga? krn seinget ane "ktp" itu expired 2016 sesuai tanggal lahir yg berarti udh bbrp bulan lalu expirednya. Apa msh bisa dipake buat bayar pajak? atau ane harus cabut berkas buat mutasi ke alamat sesuai E-Ktp y?

Trus kalo mau mutasi, gmn caranya mutasi kalo motornya ga dibawa. Posisi motor di depok, berkas di samsat kab. bandung dan E-Ktp ane sumatra. Kira2 berkas apa aja yg dibutuhin ya?
Malam gan,
mo nanya donk soal pajak mobil..kok tarif pajaknya makin tahun makin tinggi ya..naiknya ngak kira2..
bayar untuk tahun 2015 naik 600 ribu dibanding dengan tahun 2014..
dan maren baru bayar pajak lagi untuk tahun 2016,kenaikannya sampe 1 juta rupiah..emoticon-Cape deeehh
agan2 ada yang tau ngak hitungannya gimana untuk kenaikannya tiap tahun??
kalo kena pajak progresif,gimana cek nya y??
Terima Kasih sebelumnya..emoticon-2 Jempol
gan/ndan numpang nanya, ane kan beli mobil second nah alamat di stnk nya jakpus. kemaren baru aja bayar pajak tahunan sekalian aja ane balik nama dan udah jadi nama ane sekarang dengan alamat jakbar. taun depan kan jatuh tempo 5 tahunan, yg ane tanyakan kalo proses perpanjang 5 tahunan gitu bisa kan kalo ane ke samsat jaksel aja?
Diubah oleh fuck1ngmons7err
Halo agan2 penghuni thread Serba Serbi Samsat, ane ijin bertanya

1. Apakah Samsat Jakarta Timur buka pada hari sabtu?
2. Bagaimana proses pembuatan plat nopol untuk menggantikan plat nopol yang hilang (karena lepas dan jatuh di jalan)?
3. Berapa total biaya pembuatan nopol tersebut?


terima kasih sebelumnya ya gan
Selamat siang gan,

Weekend ini berencana untuk membayar pajak sekaligus pergantian plat 5 tahunan.
Kebetulan saya lagi mengurus KTP dan Kartu Keluarga karena baru pindah alamat, untuk saat ini, Kartu Keluarga sudah terbit, sementara KTP masih belum selesai diproses dan masih menggunakan KTP dengan alamat lama.

1. Apakah memungkinkan untuk melakukan perubahan alamat di STNK hanya menggunakan Kartu Keluarga (dengan alamat baru)? Atau saya mau tidak mau harus menunggu hingga KTP dengan alamat baru selesai?
2. Apakah lebih baik saya melakukan mutasi/pindah alamat terlebih dahulu dan baru belakangan mengurus pajaknya, atau sebenarnya sama saja?

Terima kasih sebelumnya
Quote:


gan... kmrn balik nama estimasi habis berapa gan.. ane jg mau balik nama dari jakut ke jaktim. nah, utk nopolnya ganti gak gan..
ane pinginnya walopun balik nama tp nopolnya gak ganti gan...

sharing infonya dong gan
Quote:

kemarin sih biaya bbn sekitar 900rb an gan mobil ane grand livina 2007, ditambah pajak+adm stnk total 3jt an gan
soal nopol mah gabakal berubah gan kalo balik nama nya masih DKI Jakarta
Permisi gan, saya mau nanya untuk Vario saya yang akan saya mutasi dan balik nama
Ceritanya Vario ini plat Malang dan atas nama bapak saya beralamat di Malang, ingin saya mutasi ke Surabaya dengan atas nama saya pribadi
Nah kebetulan saat ini kan lagi free BBN baru kemaren september ane juga dah bayar pajaknya
Yang ingin ane tanyakan, bagaimana untuk pengurusan balik nama dan mutasi serta perhitungan biaya nya
emoticon-Bingung
Diubah oleh risyadfardhi

STNK Tahunan

Selamat malam
ane mau tanya ini ane kn mau perpanjang stnk tahunan motor matic 2016
ane liat di stnk ko biaya biayanya mahal seperti ini :
1.330.000 BBNKB
232.800 PKB
35.000 SWDKLLJ
50.000 B. ADM STNK
30.000 B. ADM TNKB
1.677.800 JUMLAH
Pertanyaan saya kenapa BBNKB itu lebih mahal gan ? mohon penjelasannya
ane br pertama x mw perpanjang stnk.
mohon di bantu yaa gan

Terima Kasih

Ask about Plat and STNK gan

Gan, kan plat ane harus ganti nih sama stnk nya juga bulan ini, tahun ini 10.16.

Kalo di bawa ke jalan, kena tilang cuma dapet teguran, atau motor di sita ya gan?
Soalnya baru bisa ngurus desember, motor kan Plat A (Banten), ane di Semarang lagi kuliah.
Motor kalo di tinggal, proses ganti stnk sama plat apa perlu nambah gak karna motor gak di bawa?
Niatnya mau pulang bawa tuh motor, cuma karna pertimbangan di jalan takut kena tilang, ane jadi ragu buat pulang bareng motor.
Quote:


googling gan
baca pelan2
gak susah kok
Quote:


Jawaban yang sangat ZUPERRRR emoticon-Jempol
-
Ane ingin tau sendiri dari pengalaman agan2 disini
kali aja ada yang pernah mutasi dan balik nama dari malang ke surabaya
dan kali aja ada biaya baru terupdate saat ini sehingga bisa ane anggarin kalau mau urus mutasi dan balik nama
Permisi mau tanya soal plat nomor.

Begini, plat nomor belakang saya jatoh ga tahu kemana, saya mau cetak ulang plat nomor. Kemarin sabtu saya ke samsat untuk urus cetak ulang plat nomor eh ternyata ga bisa.

Katanya harus ke polda metro jaya, bawa surat kehilangan plat nomor dr kepolisian, ktp asli, stnk asli dan surat kuasa kalo a/n berhalangan hadir.

Pertanyaannya, apa memang kalau urus plat nomor yg dicetak ulang hrs ke polda metro jaya bukan ke samsat sesuai ktp?

Mohon bantuannya, terima kasih.
Quote:


loh agan dikasih tau malah ngeyel sih emoticon-Ngakak (S)
di google juga pengalaman2 orang kali, banyak banget
proses juga kurang lebih sama semua
masalah biaya bisa cek di website samsat

Malam Agan2,

Mau bertanya tp sebelum mohon maaf kalo ini mengulang pertanyaan yg sama dr agan yg lain.

Saya baru saja terima STNK dr dealer, tapi terjadi salah ketik dipenulisan nomer rumah. Yg seharusnya No. A-18 ditulislah A-10. sedangkan untuk RT/RW nya benar. Saya terkena pajak progresif kendaraan Ke-2, aneh nya kok bisa salah ketik beda nomer rumah dgn kendaraan Ke-1 (maka darisini saya berkeyakinan klo
ini cuma salah ketik saja) buktinya bisa kena progresif

1. Yang ingin saya tanyakan apa perlu STNK ini dilakukan pembetulan secepatnya? atau nanti bisa dibetulkan sekaliyan pas bayar pajak tahunan disampaikan ke petugas samsat untuk dibetulin?

sebelumnya haturnuhun buat saran dan jawabanya 😀
Diubah oleh Kainite
misi agan2

ane mutasi stnk dari jakarta selatan ke sawangan (depok)
udah cabut berkas di polda metro jaya
ane harus ke samsat limo cinere atau samsat depok 2?

info dong gan, Syarat balik nama BPKB mobil, dari mertua ane yg sdh meninggal ke ahli waris atau ke ane (menantu) apa aja yaa?? ditunggu respon nya, cendol menanti emoticon-Angkat Beer
Halaman 90 dari 146


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di