amarrudin.amrAvatar border
TS
amarrudin.amr
Inilah barang-barang khas Indonesia yang legendaris



Pas bangun tidur langsung Ngaskus,terus ane kaget liat thread ini udah dikutuk sama Momod jadi HT Nyang kedua.


Barang-barang Legendaris khas Indonesia


Memang tidak ada habis-habisnya jika membicarakan ciri khas dan ragam jenis apapun yang ada di indonesia,tentu ini menjadi suatu kebanggaan tersendiri untuk mendorong kita menjadi jiwa yang Nasionalis.




Dan inilah Barang khas indonesia yang legendaris


A.Caping

Caping adalah sejenis topi berbentuk kerucut yang umumnya terbuat dari anyamanbambu. Caping ada juga yang terbuat dari daun pandan, atau sejenis rumputan,ataupun daun kelapa. Sebuah caping umumya dilengkapi dengan tali dagu yang berfungsi untuk menjaga keseimbangangan caping.Selain bentuknya yang khas caping juga mempunyai kelebihan dibanding topi yaitu dapat menahan panas terik matahari saat cuaca panas (kepala dan leher) dan dapat menghalau air hujan saat cuaca hujan. Caping biasanya dipakai oleh para petani ketika sedang berlaga di ladang.



Barang ini sudah digunakan terlebih dahulu oleh masyarakat indonesia,Namun caping digunakan pula di kawasan Asia tenggara serta Asia timur seperti kore,Filipina,vietnam,jepang dan sebagainya.

b.Pengki



Pengki juga dikenal dengan istilah nama cikrak dalam bahasa jawa,Kegunaannya untuk mengeduk sampah saat menyapu.



Biasanya pengki terbuat dari bambu yang dianyam tanpa gagang. Pengki di jual bersama dengan Sapu lidi sebagai pasangan alat kebersihan yang berbasis lingkungan.Tapi sekarang sudah banyak Pengki modern yang terbuat dari plastik.

c. Kukusan



Kukusan adalah alat dapur yang terbuat dari anyaman bambu.Kukusan sudah lama digunakan oleh masyarakat Jawa di indonesia. Dan ini merupakan salah satu kreasi asli orang Jawa dalam menanak nasi. Selain itu kukusan juga digunakan untuk menanak tiwul sekaligus untuk mencetak nasi tumpeng berbentuk gunungan.Produksi alat dapur kukusan ini biasanya bisa dijumpai di desa sentra anyaman bambu atau ada yang membuatnya dengan tangan sendiri.seiring berjalannya waktu kukusan sudah mulai di tinggalkan karena sudah banyak alat penanak nasi yang lebih canggih, contohnya Rice cooker dari berbagai merk.

d.Bubu



Bubu adalah alatperangkap ikan yang dibuat dari bahan dasar potongan bilah bambu dipecah kecil-kecil, tali plastik untuk mengacam dan tempurung kelapa sebagai penutup di belakang yang dijalin sedemikian rupa sehingga menghasilkan bentuk yang bermacam-macam.Bentuk bubu sangat beraneka ragam, ada yang berbentuk segi empat, trapesium, silinder, lonjong, bulat setengah lingkaran, seperti rudal, bentuksilinder, atau bentuk kerucut.Namun umum nya iyalah silinder dan lonjong . Bentuk bubu biasanya disesuaikan dengan ikan yang akan dijadikan target tangkapan,tetapi meskipun yang dijadikan target tangkapan sama terkadang bentuk bubu yang dipakai bisa juga berbeda tergantung pada kebiasaan atau pengetahuan orang yang mengoperasikannya.Bubu dapat di operasikan di sawah,Irigasi kecil,dan parit-parit.



e.Cangkul



Cangkul Biasa digunakan untuk menggali tanah, membersihkan rumput dan sebagainya.Cangkuk terbuat dari Lempengan Besi ataupun baja yang di bentuk seperti pada gambar,dan bagian gagangnya terbuat dari kayu yang dibuat sedemikian rupa agar nyaman digunakan.Entah pada tahun berapa cangkul dibuat dan digunakan tidak ada sumber yang jelas memaparkannya.Mungkin barang ini juga digunakan di negara-negara selain Indonesia,tapi dengan bentuk yang berbeda dan namanya pun berbeda.

f.Cobek



Cobek adalah alat yang telah digunakan sejakzaman purbakalauntuk menumbuk, menggiling, melumat, mengulek, dan mencampur bahan-bahan tertentu (misalnyabumbu dapur,rempah-rempah,jamu, atauobat-obatan).Cobek ini mempunyai pasangan yang bernama ulekan, Istilah cobek merujuk kepadas ejenis mangkuk sebagai alas untuk kegiatan menumbuk atau mengulek, sementara ulekan merujuk kepada benda tumpul memanjang seperti pentungan yang dapat digenggam tangan untuk menumbuk atau mengulek suatu bahan. Baik cobek ataupun ulekan biasanya dibuat dari bahan yang keras, misalnya kayu keras, batu, dan keramik. DiIndonesia, cobek dan ulekan adalah alat yang penting dalam kegiatan masak-memasak rumah tangga. Sebagai contoh, cobek dan ulekan adalah alat penting untuk mengulek dan melumatbumbu dapur, dan membuat masakan khusus, seperti sambal ulek atau sambal terasi, menghaluskan dan mencampur bumbu tertentu.

g.Ani-ani




Ani-ani atau ketam adalah sebuah pisau kecil yang dipakai untuk memanenpadi. Dengan ani-ani tangkai bulir padi dipotong satu-satu, sehingga proses ini memakan banyak pekerjaan danwaktu, namun keuntungannya ialah, berbeda dengan penggunaan sebuahcluritatau arit, tidak semua batang ikut terpotong. Dengan demikian, bulir yang belum masak tidak ikut terpotong.Pada saat memanen padi.


masyarakat tradisional Sunda danJawa tidak boleh menggunakan arit atau golok untuk memanen padi, mereka harus menggunakan ani-ani, pisau kecil yang dapat disembunyikan di telapak tangan. Masyarakat Sunda percaya bahwa dewipadiNyai Pohaci Sanghyang Sriyang berjiwa halus dan lemah lembut, akan ketakutan melihat senjata tajam besar seperti arit atau golok. Selain itu ada kepercayaan bahwa padi yang akan dipanen, yang juga perwujudan sang dewi, harus diperlakukan dengan hormat dan lembut dipotong satu persatu, tidak boleh dibabat secara kasar begitu saja. Hingga kini tradisi kepercayaan itu masih banyak diamalkan, misalnya upacara tradisional panen padi masyarakat Sunda yang disebut Seren Taun.



Masih banyak lagi mungkin selain ini,tapi Ts minta masukannya.
Mungkin barang kali ada Agan atau sist yang mau nambahin silahkan!


komeng di buka:emoticon-Wow
Diubah oleh amarrudin.amr 17-10-2016 05:53
0
43.8K
243
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan