BeritagarIDAvatar border
TS
MOD
BeritagarID
Calon Raja Thailand, dalam skandal dan pertemanan Thaksin

Putra mahkota Maha Vajiralongkorn

Kabar kematian Raja Bhumibol Adulyadej, yang disampaikan pihak istana bak petir di siang bolong bagi rakyat Thailand.

Rakyat tak hanya didera kesedihan karena kehilangan sosok raja yang paling dicintai mereka selama 70 tahun, melainkan juga membayangkan nasib kerajaan selanjutnya di bawah pimpinan putra mahkota sang mendiang, Maha Vajiralongkorn.

Pada tahun 1972, Raja Bhumibol memberi Vajiralongkorn gelar Somdech Phra Boroma Orasadhiraj Chao Fah Maha Vajiralongkorn Sayam Makutrajakuman, yang membuatnya menjadi seorang putra mahkota Thailand.

Keabsahan pergantian kepemimpinan itu bahkan diumumkan langsung oleh pemimpin junta militer, Prayuth Chan-ocha, tak lama setelah kematian Bhumibol tersiar.

Lahir di Istana Royal Dusit, Bangkok, pada 28 Juli 1952, Vajiralongkorn, menjadi putra satu-satunya mendiang Raja dan Ratu Sirikrit. Vajiralongkorn menyelesaikan pendidikan sekolah tingkat menengahnya di Inggris sebelum mengikuti pelatihan militer Thailand. Vajiralongkorn lebih banyak menghabiskan waktu mudanya dengan berkuliah di Australia dan Inggris.

Kegemarannya menerbangkan pesawat membawanya kepada sekolah penerbangan di Amerika Serikat. Selain pernah menerbangkan pesawat militer Thailand, Vajiralongkorn juga pernah menjadi pilot maskapai nasional Thai Airways.

Tidak banyak informasi yang dilaporkan soal Vajiralongkorn, karena ada kekhawatiran melanggar Undang-Undang Antipenghasutan kerajaan. Bagi mereka yang dianggap menghina Raja, Ratu, maupun anggota keluarga Kerajaan Thailand lainnya, ada hukuman maksimal 15 tahun penjara menanti.

Namun skandal-skandal Vajiralongkorn yang banyak dimuat media internasional menjadi kekhawatiran lain bagi rakyat Thailand.

TIME menyebut Vajiralongkorn pernah menikah sebanyak tiga kali dan selalu diakhiri dengan perceraian.

Istri pertamanya, Soamsawali Kitiyakara, dinikahi tahun 1977 dan kemudian bercerai pada 1991. Istri keduanya bernama Yuvadhida Polpraserth, dinikahi pada 1994 dan bercerai dua tahun kemudian. Istri ketiganya, Srirasmi Suwadee, yang dinikahi pada 2001 pun sudah diceraikannya pada 2014.

Daily Beast pernah melaporkan bahwa saat masih menikah dengan istri pertamanya, Vajiralongkorn memiliki lima anak dengan wanita selingkuhannya, yang kemudian menjadi istri keduanya. Total Vajiralongkorn memiliki tujuh anak dari keseluruhan pernikahannya.

Tak hanya hubungan pribadinya dengan banyak wanita, Vajiralongkorn dikenal sebagai teman baik dari mantan Perdana Menteri Thailand, Thaksin Shinawatra, yang pernah terlibat skandal korupsi.

Kedekatan ini pun menjadi kekhawatiran tersendiri bagi junta militer yang saat ini tengah berkuasa paskakudeta militer menjatuhkan kepemimpinan adik Thaksin, Yingluck Shinawatra.

Meski Vajiralongkorn memiliki catatan yang tidak gemilang dibanding mendiang ayahnya, pria yang kini berusia 64 tahun itu disebut memiliki perhatian yang lebih kepada masyarakat minoritas di selatan Thailand.

"Beliau banyak memberi perhatian pada masyarakat Islam, mengenai banyak hal dan memberi perhatian dan sokongan. Sebagai contoh, kampus Universitas Fatoni diresmikan (sekitar 10 tahun lalu) oleh beliau, hubungan kita dengan putra mahkota sudah lama," ucap Ahmad Umar, wakil rektor Universitas Fatoni, Patani, Thailand Selatan, dalam BBC Indonesia.

Sebagai catatan, Thailand mengalami kerusuhan politik dalam sepuluh tahun terakhir serta sejumlah serangan bom di kawasan selatan yang dituding dilakukan oleh kelompok separatis Muslim.

Konflik di Thailand selatan masih terjadi dan belum dilakukan dialog lagi menyusul kudeta dua tahun lalu, tambahnya. Raja Bhumibol banyak dihormati oleh warga Thailand dan bagi sebagian ia dianggap seperti semi dewa.

"Bagi masyarakat Muslim di selatan, pandangan terhadap Raja biasa saja dan perhatian (terhadap Raja), juga biasa saja," kata Ahmad.

Thailand memberikan waktu satu tahun untuk berduka atas kematian Bhumibol. Selain itu, selama 30 hari, siaran televisi di Thailand akan ditampilkan hitam dan putih sebagai tanda penghormatan.

Jenazah Raja Bhumibol akan dibawa dari Rumat Sakit Siriraj di Bangkok menuju Istana Agung untuk dimandikan. Raja akan disemayamkan selama 100 hari dan setelah itu akan digelar upacara kremasi.

Vajiralongkorn sendiri menyatakan meminta waktu untuk berduka sebelum dinobatkan sebagai raja.



Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...emanan-thaksin

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Isak tangis 12 menit dan pengakuan Jessica di depan hakim

- Empat Muslim berpengaruh dunia dari Indonesia

- Negara tidak boleh kalah dari kelompok intoleran

tata604
lina.wh
anasabila
anasabila dan 3 lainnya memberi reputasi
4
43K
57
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan