- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
5 Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan untuk


TS
fadilstory
5 Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan untuk

Spoiler for Read:
Hallo Kasukuser 
Ada orang yang bilang bahwa pelanggan itu adalah raja...
Tanpa adanya pelanggan, kedai kopi kamu bangkrut.
Untuk itu seorang barista dituntut memiliki berbagai kemampuan untuk dapat memuaskan para pelanggannya.
Jika pelanggan puas, pastinya mereka akan rajin mampir untuk nongrong di kedai kamu kan. Nah, Oleh karena itu seorang barista memiliki peran penting bagi sebuah kedai kopi.
Jika kamu berfikir bahwa tugas seorang barista hanyalah meracik kopi, maka itu salah besar. Dengan pesatnya perkembangan gaya hidup minum kopi saat ini, seorang barista dituntut untuk memiliki kemampuan lainnya.
Bukan cuma sekedar 'bisa' meracik kopi, Barista juga dituntut untuk dapat memberikan pengalaman minum kopi yang "special" bagi setiap pelanggannya.
Ada sebuah Alasannya sederhana untuk hal ini...
Saat ini banyak sekali kedai kopi baru yang terus bermunculan setiap waktunya. Dengan berbagai macam konsep dan kelebihan yang ditawarkanya membuat persaingan dalam industri ini menjadi sangat ketat.
Akibatnya...
Konsumen memiliki banyak pilihan dan bisa dengan mudah pindah ke tempat lain.
Ditambah lagi tidak banyak barista yang menyadari akan hal ini.
Ini berbahaya...
Tanpa adanya pelanggan bisa jadi kedai kopi kamu tidak bisa berkembang dan terancam bangkrut.
Apalagi Bagi kamu yang ingin menjadi barista profesional. Tentu menjalin hubungan yang baik dengan para pelanggan merupakan cara termudah yang bisa kamu mulai dari sekarang.
Nah, disini peran barista menjadi sangat penting.
Barista adalah barisan paling depan yang berhadapan langsung dengan para pelanggan setiap harinya.
Jika seorang barista tidak bisa memberikan "nilai lebih", kemungkinan pelanggan kamu tidak akan meningkat.
Malah bisa jadi turun.
"Lalu, bagaimana cara memuaskan para pelanggan kita?"
Ada yang bilang dengan memberikan produk kualitas nomor satu. Yang lain bilang harus memiliki konsep dan juga unik.
Ada juga yang bilang dengan promosi dan memberikan potongan harga.
"Lalu, Mana yang benar?"
Memang cara tersebut merupakan strategi marketing yang baik.
"Namun itu saja tidak cukup."
Terlebih lagi di Indonesia.
Konsumen di Indonesia memiliki prilaku dan juga budaya yang sangat unik.
Produk dan tempat yang bagus belum cukup bagi mereka.
Mari saya beri gambaran.
Pada awalnya mungkin banyak orang yang datang karena penasaran dengan kedai kopi baru. Setelah dua, tiga bulan kemudian mulai menurun secara drastis.
Sebagai seorang barista apalagi pemilik kedai kopi, hal ini adalah bencana besar.
Untungnya saya memiliki beberapa kiat-kiat yang bisa langsung kamu lakukan saat ini juga.
Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk dapat memuaskan para pelanggan kedai kopi kamu.
1. Memberikan produk luar biasa
Produk yang unik dan enak saja tidak cukup!
Setiap tempat pasti punya produk utama, namun belum tentu semua pelanggan kamu suka akan hal itu.
Ditambah lagi.
Setiap orang memiliki selera yang beragam.
Ada yang suka manis, asam ataupun pahit.
Sebuah produk yang luar biasa harus memiliki rasa yang dapat melebihi harapan konsumen.
Untuk dapat menciptakan itu sebenarnya susah susah gampang.
Yang perlu kamu lakukan adalah mengetahui apa yang pelanggan kamu sukai dan produk seperti apa yang mereka inginkan.
Sebenarnya kamu bisa menanyakannya secara langsung kepada pelanggan kamu.
Namun, tidak semua orang mau melakukan ini.
Padahal, hal ini sangat disukai oleh pelanggan, terlebih lagi kamu bisa mengenal para pelanggan secara lebih dekat.
Sekarang coba posisi kan diri kita sebagai customers. Kamu lebih suka yang mana?
1. Mendapatkan kopi yang sesuai pada menu dan kamu tidak tahu rasanya seperti apa.
2. Bisa request kopi dengan rasa yang kamu suka.
Saya yakin kebanyakan dari kita akan memilih nomor 2.
untuk itu tentunya kamu harus memiliki kemampuan dan juga menu yang fleksibel. Selain itu produk kamu juga harus memiliki manfaat bagi para konsumen.
Alasannya sederhana.
Bagi pelanggan produk enak itu relatif.
Tapi produk yang enak ditambah dengan "nilai lebih" itu lebih banyak dicari oleh konsumen.
Jadi, mulai sekarang cari tahu apa nilai lebih dari produk yang kamu miliki.
Contohnya:
Harga yang murah
Unik
Memiliki manfaat kesehatan
Belum pernah ada
dsb
2. Menggunakan bahan dengan kualitas terbaik
Ada suatu istilah yang berbunyi "harga selalu menentukan kualitas".
Biasanya kopi dengan kualitas tinggi memiliki harga yang mahal.
Namun, belum tentu kopi dengan harga yang mahal memiliki kualitas terbaik.
Sadarilah bahwa yang pelanggan harapkan adalah produk yang memiliki kualitas yang baik dengan harga yang murah.
Beberapa orang juga tidak akan memikirkan tentang harga jika kualitas produk yang kamu miliki memang bagus.
Pesan saya.
Untuk pemilik kedai kopi jangan takut untuk menggunakan bahan berkualitas,
Masalah harga bisa di sesuaikan.
Untuk mendapatkan bahan dengan kualitas premium kamu bisa langaung membeli pada supplier yang tepat di sekitar lingkungan kamu.
Saat ini banyak sekali penjual berbagai macam bahan untuk kedai kopi.
Kamu bisa menemukannya secara online maupun langsung datang ke supplier tersebut.
Pilih cara yang paling mudah.
Mulai dari alat kopi, biji kopi, syrup dan berbagai bahan lainnya bisa kamu dapatkan disana.
Yang terpenting adalah untuk menemukan suppliers bahan yang sesuai dengan standar kualitas kamu dengan harga terbaik.
3. Memberikan pelayanan terbaik dari yang terbaik
Selain produk kopi berkualitas.
Service atau pelayanan merupakan hal penting untuk memuaskan pelanggan.
Saya yakin, kamu sangat mengerti akan hal ini, Untuk itu saya tidak akan berbicara panjang lebar akan hal ini.
Pada dasarnya yang diingkan oleh para pelanggan adalah pelayanan yang dapat memberikan kenyamanan bagi mereka.
Kamu perlu membuat pelanggan merasa "istimewa" pada setiap kesempatan.
Saya yakin kamu juga lebih tertarik untuk "nongkrong" pada kedai kopi yang memberikan kesan baik.
Beberapa hal simple ini bisa kamu lakukan untuk membuat pelanggan kamu merasa istimewa.
1. Selalu memberikan senyum
Memberikan senyuman kepada para pelanggan ternyata bisa memberikan kesan pertama yang baik dimata para pelanggan.
Hal ini juga banyak diterapkan pada berbagai bidang karena terbukti hanya dengan tersenyum dapat memberikan banyak dampak positif.
Namun faktanya, hal ini jarang kita temui dengan berbagai macam alasan yang nyatanya sangat mudah untuk kita lakukan.
2. Menyapa para pelanggan
Dengan menyapa para pelanggan kamu bisa memberikan kesan sangat baik. Biasanya para pelanggan akan merasa di sambut dengan baik dan tidak akan merasa asing di sana meskipun baru pertama kali datang.
kamu bisa mengucapkan "selamat datang" atau "selamat pagi" ditambah sebuah senyuman manis yang pasti membuat mereka merasa "special".
3. Membuat percakapan dengan customers
Manusia adalah makhluk sosial yang selalu berintraksi dengan orang lain setiap hari.
Membuat koneksi yang baik dengan pelanggan kamu bisa mulai dengan membuka percakapan ringan.
Saya sangat yakin bahwa adanya koneksi antara barista dan pelanggan dapat memberikan banyak manfaat.
Tentu saja mereka yang merasa senang akan senantiasa kembali ke kedai kopi kamu.
Kamu bisa mulai membuka percakapan seperti menanyakan kabar atau membahas hal lainnya.
Tapi perlu kamu ingat!
Dalam hal ini kamu harus menggunakan bahasa yang baik dan topik yang sesuai.
Jangan sampai hal ini menjadi bumerang yang membuat pelanggan kamu merasa tidak nyaman karena percakapan yang tidak tepat sasaran.
Usahakan memulai pembicaraan dari hal yang ringan dan bersifat menghibur untuk hasil yang maksimal.
Sebenarnya masih banyak hal lain yang bisa kamu lakukan. Namun, agar artikel ini tidak terlalu panjang.
Mungkin akan saya bahas dalam artikel selanjutnya.
4. Menjaga kebersihan kedai kopi
Siapa sih yang mau berlama-lama nongkrong di tempat yang kotor. Saya yakin kamu juga sependapat dan lebih suka berada pada lingkungan yang bersih.
Hal ini juga berlaku bagi para pelanggan kamu loh!
Dengan menjaga kebersihan, dapat meningkatkan kenyamanan bagi para pelanggan kamu. Untuk itu kamu harus peduli terhadap kebersihan.
Menjaga kebersihan merupakan sebuah hal mutlak dan wajib hukumnya bagi kamu.
Tidak hanya pada area customers, kamu juga perlu memperhatikan kebersihan alat dan juga area tempat kerja kamu.
Terlebih lagi bagi peralatan kopi.
karena jika peralatan yang kamu gunakan masih kotor dapat memengaruhi rasa kopi yang dihasilkan.
Biasanya bubuk ataupun ampas kopi sisa seduhan sering mengendap pada alat.
Bahayanya?
Jika kamu tidak rajin membersihkannya.
Kerak kopi dapat muncul dan merusak semua produk yang kamu buat.
5. Memiliki pribadi yang baik
Semua hal yang sudah kita bahas tidak akan memberikan hasil maksimal jika kamu sebagai barista tidak memiliki sifat yang baik.
Tentu saja tujuan adalah memberikan kenyamanan bagi para pelanggan.
Namun, apakah pelanggan kamu akan senang jika kamu tidak ramah dan peduli kepada mereka?
Silakan kamu jawab sendiri ya!
Berikut ini adalah beberapa sifat yang perlu untuk dimiliki seorang Barista.
1. Displin
Tepat waktu dan selalu menyajikan kopi terbaik kepada pelanggan merupakan salah satu contohnya.
2. Ramah
Selalu memberikan senyum dan menyapa setiap pelanggan merupakan salah satu bentuk keramahan barista.
3. Mudah bergaul
Tidak membedakan setiap pelanggan bisa menandakan kamu mudah untk bergaul dengan siapa saja.
4. Memiliki kepedulian yang tinggi
Dengan menanyakan kepuasan pelanggan menandakan kamu memiliki kepedulian yang tinggi terhadap customers.
5. Bersahabat
Jika pelanggan kamu merasa senang saat bertemu kamu, mungkin bagi mereka kamu sangat bersahabat.
6. Mampu berkomunikasi dengan baik
Mampu berbincang dengan pelanggan kamu dapat menandakan bahwa kamu memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik.
7. Berfikir Positif
Dengan selalu perduli terhadap pelanggan, berarti kamu sudah dapat berfikir secara positif.
8. Antusias
Selalu bersemangat setiap saat dan menyapa para pelanggan dengan ceria dapat menandakan kamu sebagai pribadi yang antusias.
Sebenarnya masih banyak lagi cara yang bisa kamu gunakan untuk dapat memberikan kepuasan kepada setiap pelanggan.

Ada orang yang bilang bahwa pelanggan itu adalah raja...
Tanpa adanya pelanggan, kedai kopi kamu bangkrut.
Untuk itu seorang barista dituntut memiliki berbagai kemampuan untuk dapat memuaskan para pelanggannya.
Jika pelanggan puas, pastinya mereka akan rajin mampir untuk nongrong di kedai kamu kan. Nah, Oleh karena itu seorang barista memiliki peran penting bagi sebuah kedai kopi.
Jika kamu berfikir bahwa tugas seorang barista hanyalah meracik kopi, maka itu salah besar. Dengan pesatnya perkembangan gaya hidup minum kopi saat ini, seorang barista dituntut untuk memiliki kemampuan lainnya.
Bukan cuma sekedar 'bisa' meracik kopi, Barista juga dituntut untuk dapat memberikan pengalaman minum kopi yang "special" bagi setiap pelanggannya.
Ada sebuah Alasannya sederhana untuk hal ini...
Saat ini banyak sekali kedai kopi baru yang terus bermunculan setiap waktunya. Dengan berbagai macam konsep dan kelebihan yang ditawarkanya membuat persaingan dalam industri ini menjadi sangat ketat.
Akibatnya...
Konsumen memiliki banyak pilihan dan bisa dengan mudah pindah ke tempat lain.
Ditambah lagi tidak banyak barista yang menyadari akan hal ini.
Ini berbahaya...
Tanpa adanya pelanggan bisa jadi kedai kopi kamu tidak bisa berkembang dan terancam bangkrut.
Apalagi Bagi kamu yang ingin menjadi barista profesional. Tentu menjalin hubungan yang baik dengan para pelanggan merupakan cara termudah yang bisa kamu mulai dari sekarang.
Nah, disini peran barista menjadi sangat penting.
Barista adalah barisan paling depan yang berhadapan langsung dengan para pelanggan setiap harinya.
Jika seorang barista tidak bisa memberikan "nilai lebih", kemungkinan pelanggan kamu tidak akan meningkat.
Malah bisa jadi turun.
"Lalu, bagaimana cara memuaskan para pelanggan kita?"
Ada yang bilang dengan memberikan produk kualitas nomor satu. Yang lain bilang harus memiliki konsep dan juga unik.
Ada juga yang bilang dengan promosi dan memberikan potongan harga.
"Lalu, Mana yang benar?"
Memang cara tersebut merupakan strategi marketing yang baik.
"Namun itu saja tidak cukup."
Terlebih lagi di Indonesia.
Konsumen di Indonesia memiliki prilaku dan juga budaya yang sangat unik.
Produk dan tempat yang bagus belum cukup bagi mereka.
Mari saya beri gambaran.
Pada awalnya mungkin banyak orang yang datang karena penasaran dengan kedai kopi baru. Setelah dua, tiga bulan kemudian mulai menurun secara drastis.
Sebagai seorang barista apalagi pemilik kedai kopi, hal ini adalah bencana besar.
Untungnya saya memiliki beberapa kiat-kiat yang bisa langsung kamu lakukan saat ini juga.
Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk dapat memuaskan para pelanggan kedai kopi kamu.
1. Memberikan produk luar biasa
Produk yang unik dan enak saja tidak cukup!
Setiap tempat pasti punya produk utama, namun belum tentu semua pelanggan kamu suka akan hal itu.
Ditambah lagi.
Setiap orang memiliki selera yang beragam.
Ada yang suka manis, asam ataupun pahit.
Sebuah produk yang luar biasa harus memiliki rasa yang dapat melebihi harapan konsumen.
Untuk dapat menciptakan itu sebenarnya susah susah gampang.
Yang perlu kamu lakukan adalah mengetahui apa yang pelanggan kamu sukai dan produk seperti apa yang mereka inginkan.
Sebenarnya kamu bisa menanyakannya secara langsung kepada pelanggan kamu.
Namun, tidak semua orang mau melakukan ini.
Padahal, hal ini sangat disukai oleh pelanggan, terlebih lagi kamu bisa mengenal para pelanggan secara lebih dekat.
Sekarang coba posisi kan diri kita sebagai customers. Kamu lebih suka yang mana?
1. Mendapatkan kopi yang sesuai pada menu dan kamu tidak tahu rasanya seperti apa.
2. Bisa request kopi dengan rasa yang kamu suka.
Saya yakin kebanyakan dari kita akan memilih nomor 2.
untuk itu tentunya kamu harus memiliki kemampuan dan juga menu yang fleksibel. Selain itu produk kamu juga harus memiliki manfaat bagi para konsumen.
Alasannya sederhana.
Bagi pelanggan produk enak itu relatif.
Tapi produk yang enak ditambah dengan "nilai lebih" itu lebih banyak dicari oleh konsumen.
Jadi, mulai sekarang cari tahu apa nilai lebih dari produk yang kamu miliki.
Contohnya:
Harga yang murah
Unik
Memiliki manfaat kesehatan
Belum pernah ada
dsb
2. Menggunakan bahan dengan kualitas terbaik
Ada suatu istilah yang berbunyi "harga selalu menentukan kualitas".
Biasanya kopi dengan kualitas tinggi memiliki harga yang mahal.
Namun, belum tentu kopi dengan harga yang mahal memiliki kualitas terbaik.
Sadarilah bahwa yang pelanggan harapkan adalah produk yang memiliki kualitas yang baik dengan harga yang murah.
Beberapa orang juga tidak akan memikirkan tentang harga jika kualitas produk yang kamu miliki memang bagus.
Pesan saya.
Untuk pemilik kedai kopi jangan takut untuk menggunakan bahan berkualitas,
Masalah harga bisa di sesuaikan.
Untuk mendapatkan bahan dengan kualitas premium kamu bisa langaung membeli pada supplier yang tepat di sekitar lingkungan kamu.
Saat ini banyak sekali penjual berbagai macam bahan untuk kedai kopi.
Kamu bisa menemukannya secara online maupun langsung datang ke supplier tersebut.
Pilih cara yang paling mudah.
Mulai dari alat kopi, biji kopi, syrup dan berbagai bahan lainnya bisa kamu dapatkan disana.
Yang terpenting adalah untuk menemukan suppliers bahan yang sesuai dengan standar kualitas kamu dengan harga terbaik.
3. Memberikan pelayanan terbaik dari yang terbaik
Selain produk kopi berkualitas.
Service atau pelayanan merupakan hal penting untuk memuaskan pelanggan.
Saya yakin, kamu sangat mengerti akan hal ini, Untuk itu saya tidak akan berbicara panjang lebar akan hal ini.
Pada dasarnya yang diingkan oleh para pelanggan adalah pelayanan yang dapat memberikan kenyamanan bagi mereka.
Kamu perlu membuat pelanggan merasa "istimewa" pada setiap kesempatan.
Saya yakin kamu juga lebih tertarik untuk "nongkrong" pada kedai kopi yang memberikan kesan baik.
Beberapa hal simple ini bisa kamu lakukan untuk membuat pelanggan kamu merasa istimewa.
1. Selalu memberikan senyum
Memberikan senyuman kepada para pelanggan ternyata bisa memberikan kesan pertama yang baik dimata para pelanggan.
Hal ini juga banyak diterapkan pada berbagai bidang karena terbukti hanya dengan tersenyum dapat memberikan banyak dampak positif.
Namun faktanya, hal ini jarang kita temui dengan berbagai macam alasan yang nyatanya sangat mudah untuk kita lakukan.
2. Menyapa para pelanggan
Dengan menyapa para pelanggan kamu bisa memberikan kesan sangat baik. Biasanya para pelanggan akan merasa di sambut dengan baik dan tidak akan merasa asing di sana meskipun baru pertama kali datang.
kamu bisa mengucapkan "selamat datang" atau "selamat pagi" ditambah sebuah senyuman manis yang pasti membuat mereka merasa "special".
3. Membuat percakapan dengan customers
Manusia adalah makhluk sosial yang selalu berintraksi dengan orang lain setiap hari.
Membuat koneksi yang baik dengan pelanggan kamu bisa mulai dengan membuka percakapan ringan.
Saya sangat yakin bahwa adanya koneksi antara barista dan pelanggan dapat memberikan banyak manfaat.
Tentu saja mereka yang merasa senang akan senantiasa kembali ke kedai kopi kamu.
Kamu bisa mulai membuka percakapan seperti menanyakan kabar atau membahas hal lainnya.
Tapi perlu kamu ingat!
Dalam hal ini kamu harus menggunakan bahasa yang baik dan topik yang sesuai.
Jangan sampai hal ini menjadi bumerang yang membuat pelanggan kamu merasa tidak nyaman karena percakapan yang tidak tepat sasaran.
Usahakan memulai pembicaraan dari hal yang ringan dan bersifat menghibur untuk hasil yang maksimal.
Sebenarnya masih banyak hal lain yang bisa kamu lakukan. Namun, agar artikel ini tidak terlalu panjang.
Mungkin akan saya bahas dalam artikel selanjutnya.
4. Menjaga kebersihan kedai kopi
Siapa sih yang mau berlama-lama nongkrong di tempat yang kotor. Saya yakin kamu juga sependapat dan lebih suka berada pada lingkungan yang bersih.
Hal ini juga berlaku bagi para pelanggan kamu loh!
Dengan menjaga kebersihan, dapat meningkatkan kenyamanan bagi para pelanggan kamu. Untuk itu kamu harus peduli terhadap kebersihan.
Menjaga kebersihan merupakan sebuah hal mutlak dan wajib hukumnya bagi kamu.
Tidak hanya pada area customers, kamu juga perlu memperhatikan kebersihan alat dan juga area tempat kerja kamu.
Terlebih lagi bagi peralatan kopi.
karena jika peralatan yang kamu gunakan masih kotor dapat memengaruhi rasa kopi yang dihasilkan.
Biasanya bubuk ataupun ampas kopi sisa seduhan sering mengendap pada alat.
Bahayanya?
Jika kamu tidak rajin membersihkannya.
Kerak kopi dapat muncul dan merusak semua produk yang kamu buat.
5. Memiliki pribadi yang baik
Semua hal yang sudah kita bahas tidak akan memberikan hasil maksimal jika kamu sebagai barista tidak memiliki sifat yang baik.
Tentu saja tujuan adalah memberikan kenyamanan bagi para pelanggan.
Namun, apakah pelanggan kamu akan senang jika kamu tidak ramah dan peduli kepada mereka?
Silakan kamu jawab sendiri ya!
Berikut ini adalah beberapa sifat yang perlu untuk dimiliki seorang Barista.
1. Displin
Tepat waktu dan selalu menyajikan kopi terbaik kepada pelanggan merupakan salah satu contohnya.
2. Ramah
Selalu memberikan senyum dan menyapa setiap pelanggan merupakan salah satu bentuk keramahan barista.
3. Mudah bergaul
Tidak membedakan setiap pelanggan bisa menandakan kamu mudah untk bergaul dengan siapa saja.
4. Memiliki kepedulian yang tinggi
Dengan menanyakan kepuasan pelanggan menandakan kamu memiliki kepedulian yang tinggi terhadap customers.
5. Bersahabat
Jika pelanggan kamu merasa senang saat bertemu kamu, mungkin bagi mereka kamu sangat bersahabat.
6. Mampu berkomunikasi dengan baik
Mampu berbincang dengan pelanggan kamu dapat menandakan bahwa kamu memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik.
7. Berfikir Positif
Dengan selalu perduli terhadap pelanggan, berarti kamu sudah dapat berfikir secara positif.
8. Antusias
Selalu bersemangat setiap saat dan menyapa para pelanggan dengan ceria dapat menandakan kamu sebagai pribadi yang antusias.
Sebenarnya masih banyak lagi cara yang bisa kamu gunakan untuk dapat memberikan kepuasan kepada setiap pelanggan.
Spoiler for SUMBER:
0
2.1K
Kutip
25
Balasan


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan