andrianushoAvatar border
TS
andrianusho
Sejarah dan Fakta di Balik "Hollywood" Sign
Jika mendengar kata “Hollywood,” yang biasanya muncul di bayangan kebanyakan orang adalah 9 huruf kapital berukuran besar yang letaknya berada ketinggian seperti ini:


Hollywood Sign discoverloengasles.com


Padahal 9 huruf di atas dinamakan “Hollywood Sign,” dan bukanlah Hollywood itu sendiri yang merupakan sebuah distrik di Los Angeles. Banyak orang yang mengetahui Hollywood Signtersebut, namun tak banyak yang tahu mengenai sejarah maupun kisah-kisah yang menyelimutinya.


Apa itu Hollywood Sign?

Hollywood Sign adalah markah tanah dan salah satu ikon kultural terkenal Amerika Serikat yang berlokasi di Los Angeles, California. Saat ini, markah ini berdiri di Mount Lee di kawasan Hollywood Hills, Pegunungan Santa Monica dan menghadap ke arah distrik Hollywood.

Dilihat dari bawah, kontur bukit Hollywood Sign akan memberikan penampilan “bergelombang” pada markah tersebut. Namun ketika dilihat dari ketinggian yang berkisar sama, seperti pada foto di bawah ini, huruf-huruf tersebut akan nampak lurus dan sejajar.
Spoiler for Hollywood Sign:

Markah tersebut seringkali muncul dalam budaya populer, terutama dalam film dan serial televisi yang berlatarkan di Hollywood atau sekitarnya.


Awal Mula Didirikan

Sebelum menjadi setenar sekarang ini, sebenarnya Hollywood Sign awalnya bertuliskan “HOLLYWOODLAND” dan pertama kali didirikan pada tahun 1923 dengan tujuan untuk mengiklankanperumahan baru yang sedang dikembangkan di kawasan bukit di atas distrik Hollywood, Los Angeles. Dan disertai pula dengan iklan selama 18 bulan untuk menarik perhatian pembeli rumah di lingkungan Los Angeles.
Spoiler for Hollywoodland:

Perusahaan Crescent Sign Companydikontrak untuk mendirikan tiga belas huruf di sisi bukit, yang masing-masing menghadap ke selatan. Setiap huruf berukuran lebar 30 feet (9.1 m) dan tinggi 50 feet (15 m), dan seluruhnya dilengkapi dengan 4.000 bola lampu.

Markah tersebut dirancang menyala bergilirian; “HOLLY,” “WOOD,” dan “LAND” akan bersinar bergantian sebelum seluruhnya menyala bersama. Di bawah markah Hollywoodland dipasangi lampu sorot untuk menarik perhatian lebih. Proyek markah ini memakan biaya sekitar $21.000 atau sekitar $250.000 pada kurs tahun 2011!
Spoiler for Hollywoodland saat malam hari:


Kerusakan-kerusakan yang Terjadi

Lalu pada tahun 1939 pemeliharaan markah ini diberhentikan hingga akhirnya setahun kemudian kata-kata ‘Land’ di belakangnya ikut dihapuskan.
Spoiler for “Hollywoodland” akhirnya menjadi “Hollywood”:

Selama beberapa dekade, Hollywood Sign dibiarkan terlantar begitu saja dalam keadaan rusak, dan huruf ‘O’ telah jatuh sejak tahun 70-an. Sedangkan huruf ‘L’ telah habis terbakar oleh amukan api.
Spoiler for Kerusakan yang terjadi pada Hollywood Sign:

Parahnya lagi pada tahun 1976, mahasiswa dari sebuah kampus menjarah beberapa tanda dan membuat tulisan ‘Hollywood’ menjadi ‘Hollyweed’.
Spoiler for Ulah jahil mahasiswa yang membentuk “Hollywood” menjadi “Hollyweed” :


Pendiri Majalah Playboypun Terlibat Dalam Pembaruan

Pada tahun 1978 (sebagian besar didukung kampanye publik untuk perbaikan oleh Alice Cooper) Hollywood Chamber of Commerce memutuskan untuk mengganti markah yang rusak dengan struktur yang lebih permanen. Akhirnya sembilan pendonor menyumbangkan masing-masing $27.700 (total $249.300) untuk membiayai huruf pengganti yang terbuat dari baja. Berikut nama-nama sembilan pendonor untuk masing-masing hurufnya:

H: Terrence Donnelly – penerbit Hollywood Independent Newspaper
O: Giovanni Mazza – produser film asal Italia
L: Les Kelley – pemulai Kelley Blue Book
L: Gene Autry – penyanyi, aktor, dan pengusaha
Y: Hugh Hefner – pendiri majalah Playboy
W: Andy Williams – penyanyi
O: Warner Bros. Records – perusahaan label rekaman
O: Alice Cooper – penyanyi, menyumbang atas memorial komedian Groucho Marx
D: Thomas Pooley – menyumbang atas nama Matthew Williams

Huruf yang baru berukuran tinggi 14 m dan lebar bervarisai dari 9,4 hingga 12 m. Versi terbaru markah tersebut diresmikan pada 14 November 1978 sebagai bagian perayaan 75 tahun Hollywood dalam acara televisi yang disaksikan 60 juta penonton.


Tragedi Bunuh Diri

Ada legenda mengatakan bahwa seseorang berusia 24 tahun bernama Peg Entwistle melompat dari huruf ‘H’ dari markah ini pada tahun 1932; penyebabnya adalah ia tidak mampu mewujudkan impiannya menjadi bintang film. Menurut pemberitaan LA Times, pejalan kaki menemukan tubuhnya bersama sebuah catatan bunuh diri dari tulisan tangan.
Spoiler for Peg Entwistle:

Ironisnya, surat tiba untuk Entwistle beberapa hari kemudian. Dia diterima di Bliss-Hayden School of Actinguntuk peran sebagai seorang wanita muda yang melakukan bunuh diri.

Namun kisah tragis tersebut tidak menghentikan wisatawan untuk mengunjungi landmark-nya Hollywood ini. Tentu saja, siapa yang tidak terpesona dengan ketenaran dan pemandangan dari Hollywood sign ini..

Spoiler for Pemandangan:

Spoiler for Open:


Baca juga: Orang-orang yang Hidup di Kutub Selatan
Sumber: http://adventuretravel.co.id/sejarah...ollywood-sign/


Diubah oleh andrianusho 16-10-2016 01:50
0
32.5K
160
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan