Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

nevertalkAvatar border
TS
nevertalk
Buktikan hanya angan-angan, ilmuwan ini berhasil 'ciptakan' hantu!
Buktikan hanya angan-angan, ilmuwan ini berhasil 'ciptakan' hantu!

Tahun lalu, seorang ilmuwan saraf dari Swiss mencoba menciptakan hantu di laboratorium. Tentu ia tak benar-benar menciptakannya, namun ia berhasil menipu otak untuk merasakan adanya 'kehadiran' hantu di sebuah ruangan.

Sang kepala penelitian yang bernama Olaf Blanke, menggunakan robot yang mampu mengacaukan sinyal sensor di otak para partisipan, yang secara sengaja ditutup matanya. Hal ini berdasar dari kemampuan otak yang mampu membentuk persepsi, dan hal inilah yang akan dikacaukan dengan membuat 'representasi kedua.'

Partisipan matanya ditutup oleh sebuah penutup mata, dan mereka menggunakan ear-plug. Lalu tangan mereka dipasangkan ke sebuah perangkat robotik canggih. Tepat di belakang partisipan, ada perangkat robotik lain yang mereproduksi pergerakan dari robot satunya, dan memiliki sebuah 'batang' yang digunakan untuk menyentuh punggung dari partisipan.

Buktikan hanya angan-angan, ilmuwan ini berhasil 'ciptakan' hantu!
Penelitian sains memanggil hantu Daily Mail
Ketika sinyal otak masih belum 'dikacaukan' oleh perangkat robotik ini, otak partisipan masih mampu untuk mengenali pergerakan mereka sendiri. Namun ketika para ilmuwan mencoba untuk memberi 'delay' sementara di sinyal otak mereka, persepsi yang muncul di otak mereka layaknya kedatangan hantu.

Menurut para peneliti, ada dua partisipan yang bahwa tak kuat dan meminta untuk berhenti. Hal ini karena mereka merasakan kedatangan hantu tersebut benar-benar terjadi.

Menurut Blanke, sistem pembuatan hantu ini meniru sensasi yang dirasakan oleh pasien permasalahan mental. Sensasi serupa pun juga akan dialami individu yang sehat wal afiat, namun di bawah kondisi tertentu. Kondisi inilah yang seringkali membuat seseorang merasa dia 'digoda' hantu.

Secara detil, penelitian yang dipublikasikan di jurnal ilmiah Current Biology ini, menjelaskan bahwa munculnya hantu bisa jadi disebabkan oleh konflik sensorimotor sederhana dengan gejala awal positif dari schizophrenia, yang muncul di subjek yang sehat.

Jadi jika Anda merasa bertemu dengan hantu, mungkin Anda berada di situasi yang mampu mengacau otak Anda hingga kedatangan hantu bisa Anda rasakan. Percaya?

Buktikan hanya angan-angan, ilmuwan ini berhasil 'ciptakan' hantu!
0
2.3K
21
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan