Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

acabindonesiaAvatar border
TS
acabindonesia
5 Negara Paling Buruk untuk Perempuan, Indonesia?
Liputan6.com, Cologny - Menurut UNESCO, lebih dari 100 juta perempuan muda di seluruh dunia tak memiliki kesempatan yang sama. Meski akses untuk mendapat pendidikan merupakan tantangan yang dihadapi banyak negara di dunia, perempuan mendapat prioritas yang rendah jika kesempatan itu ada.

Menurut data Bank Dunia seperti dikutip dari CNN, Kamis (13/10/2016), 16 juta perempuan berusia 6 hingga 11 tahun tak pernah bersekolah, sedangkan laki-laki yang mengalami hal sama berjumlah 8 juta.

Hal tersebut tak hanya merugikan bagi perempuan saat mereka muda, namun juga mempengaruhi masa depannya, seperti kemampuan untuk memasuki dunia kerja dan membuat keputusan tentang hidupnya sendiri.

Penelitian menunjukkan, pendidikan perempuan dapat berdampak pada keseluruhan bangsa, karena perempuan berpendidikan baik biasanya menghasilkan lebih banyak uang, lebih aktif secara politik, dan peduli terhadap kesehatan dan pendidikan untuk generasi selanjutnya.

Meski dianggap penting, namun 62 juta perempuan di seluruh dunia tak melanjutkan sekolahnya. Hal tersebut disebabkan banyak hal, seperti kemiskinan, norma budaya, kekerasan seksual, hingga kurangnya sumber daya penunjang.

Ketidaksetaraan yang mencolok itu membuat Michelle Obama melakukan melakukan gerakan Let Girls Learn, yakni sebuah inisiatif yang berupaya untuk mengakhiri kesenjangan pendidikan. Sebagai bagian dari misinya, Michelle mengunjungi Maroko dan Liberia untuk mendorong anak-anak perempuan untuk mendobrak rintangan.

Namun Maroko dan Liberia bukan satu-satunya negara yang menghadapi ketidaksetaraan gender. World Economic Forum (WEF) telah merancang sistem untuk menunjukkan pentingnya kesetaraan gender bagi pertumbuhan dan perkembangan negara.

Sistem bernama Global Gender Gap tahun 2015 itu mempelajari 145 negara dan mengurutkannya berdasarkan besar kesenjangan antara laki-laki dan perempuan di bidang pendidikan, kesehatan, politik, kekuasaan, dan ekonomi. Berikut lima negara dengan kesetaraan gender paling rendah.

1. Iran (peringkat 141)

Spoiler for :


2. Chad (peringkat 142)

Spoiler for :


3. Suriah (peringkat 143)

Spoiler for :


4. Pakistan (peringkat 144)

Spoiler for :


5. Yaman (peringkat 145)

Spoiler for :


Lalu di mana peringkat Indonesia?

Indonesia berada di posisi 92 dari 145 negara dalam Laporan Global Gender Gap 2015 yang dirilis World Economic Gorum, yakni satu peringkat di bawah China dan berada di atas Uruguay.

sumur: http://global.liputan6.com/read/2625...adline_click_1


Jika Berkenan:

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Blue Guy Cendol (L)
0
2.5K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan