quainkAvatar border
TS
quaink
Membuat SIM (Surat Ijin Mengemudi) | Kata Siapa? Cekidot
Assalamualaikum, apa kabar gan? dah lama ga bikin trit mau coba bikin trit lagi. Maapin ane kalo tritnya berantakan ya...

Berawal dari telatnya masa berlaku SIM C ane, jadi harus bikin baru lagi emoticon-Frown
Hemat cerita.Alhamdulillah hari ini ane lulus bikin SIM C di Polwil Bandung, mohon maaf jikalau terlihat sombong. Namun bagi ane, ada kebanggaan tersendiri dimana ternyata ane diberi ijin dan layak mengemudi kendaraan secara resmi. Khususnya SIM untuk sepeda motor. kalau SIM A sudah punya, karena jaman dulu ane percaya mitos, "tidak akan pernah bisa lulus kalau tidak nembak". Namun sekarang mitos itu terpecahkan retak bagai surabi oncom.. oppsss... asyudahlah... itu dulu.. sekarang alhamdulilah tinggal sedikit lagi. oiya ane bikin SIM baru bukan berarti selama ini ane tidak punya SIM C melainkan SIM C -nya telat diperpanjang.. Kebanyakan bisi basi nih.. langsung aja ya.. hehehee

Persyaratan dan tahap membuat SIM:
1. KTP --> bawa KTP asli dan fotocopy 4 lembar (cadangan)

2. Test Kesehatan : periksa kesehatan bisa di dokter sekitaran satpas atau di klinik area kampus, bisa lebih murah dibanding dokter yang disediakan satpas Rp. 40rb. Jangan lupa bawa KTP dan fotokopi-nya. Berikan keterangan SIM apa aja yang akan dibuat, A,C atau A dan C. nanti akan diberikan surat keterangan.

3. Pulpen: jangan lupa selalu bawa senjata yang satu ini. Disana agak susah kalaupun ada harus beli Rp.5000

4. Loket pendaftaran: Masuk antrian loket ini untuk pendaftaran permohonan pembuatan SIM (A/C/A&C) berikan KTP asli, fotokopi KTP, dan surat kesehatan dari dokter setelah tes. Biasanya akan di sarankan untuk ikut kursus/safety riding agar memiliki sertipikat dengan biaya 400rebuan (wow). Jika tidak menyertakan sertipikat akan disarankan bayar asuransi Rp. 40rb. Namun ane menolak secara halus untuk tidak bayar karena sudah punya BPJS dan diperbolehkan. Namun jika mau bayar juga boleh sekali, silakeun emoticon-Smilie.

5.Loket Foto: Di sini menunggu panggilan untuk di Foto, tagan tangan, dan cap sidik jari. Sisiran dulu biar ganteng... heheee. Jangan seneng dulu juragan, ini baru tahap awal. Kalau dulu itu foto tahap terakhir kalau udah lulus, sekarang kebalik.

6. Loket Tes Teori: Tahap ini nih yang paling menegangkan.Kayak ujian sekolah aja. Tes menggunakan komputer dengan jawaban pilihan gagan A,B,atauC. 30 Soal dengan waktu 15 menit. Minimal benar 21 soal agan bisa lulus. Pertanyaan sekitar lalu-lintas dan tata cara mengemudi. Biasanya kalau yang punya sertipikat, tes ini berjalan lancar "one test okey". Namun jika tidak, berdoa dan terus belajar. Ane aja udah 4 kali baru lulus. Bisa belajar di sini atau di sini atau yang pake android bisa berlatih di sini atau yang tidak punya gadget bisa print out di sini atau boleh googling, banyak di yutub juga.
meski soal tidak semua sama persis namun ada beberapa yang sama keluar. Saat mengisi soal harus teliti dan berhati-hati pada pertanyaanya, karena banyak jebakan pertanyaan seperti pertanyaan dengan kata kecuali, pernyataan benar atau salah, dll.
Jika tidak lulus akan disuruh mengulang minggu depan, depan, depan dan depannya lagi. Pas tes ketiga ane di tawari ikut kursus safety riding. Tapi ane konsul dulu sama istri dan akhirnya tidak ikut karena lumayan 400rb. Alhamdulila, tes ke-empat ane lulus gan. emoticon-Smilie

7. Loket tes praktek: Untuk yang sudah punya sertipikat tidak akan mealui loket ini. Loket ini hanya untuk yang tidak bersertipikat dan lulus tes sim teori emoticon-Frown. Di loket ini agan akan di tes keterampilan dan keahlian mengemudi. Karena ane tes SIM C, maka ane cuma memberitahu tes praktik motor. Nanti ada instruktur yang mengarahkan untuk memakai rompi kuning yg telah disediakan. Boleh bawa motor sendiri gan, tanya aja ke instrukturnya. Disini agan harus melalui 3 lintasan, di setiap dalam lintasan agan tidak boleh turun kaki napak jalan, tidak boleh menabrak tiang dan garis pembatas, jika gagal akan di kasih satu kesempatan lagi:

->>Lintasan Pertama adalah lintasan lurus. disini agan musti santai aja, kerana lintasan lumayan gampang.

->>Lintasan Kedua adalah lintasan angka delapan.Melaju berputar melalui lintasan yang berbentuk angka delapan. disini boleh menggunakan rem. pelan-pelan saja, konsentrasi, dan fokus.

->>Lintasan Ketiga adalah lintasan Zig-Zag. Melalui Lintasan ini harus lebih menguasi kendaraan. karena tidak boleh menggunakan rem sama sekali. Awalnya ane agak pesimis tapi pas ane disuruh ngambil motor lalu mencoba lintasan itu. dan dimarahi petugas karena belum dipersilakan... hehehee. Jika tidak lulus maka akan disuruh mengulang minggu depannya. Latihan aja gan di lapangan deket rumah agan. Sambil menunggu antrian agan bisa memperhatiin orang lain yang sedang tes. Ane aja kalo udah pulang pas gagal tes teori sering latihan melaju keseimbangan tanpa kaki napak tanah, sambil menggunakan rem dan gas. Namun Alhamdulilah ane lulus di kesempatan kedua. Yang pertama gagal karena step boncengan motor ane kena tiang. Pas kesempatan kedua step-nya di tilepin gan sama petugas-nya. masih ada yang baik ternyata... kira-kira seperti di video ini prakteknya nonton di klik aja heheee NEXT!

8. Loket BRI/pembayaran: . Jika lulus tes praktik tadi maka agan akan dikasih berkas dan dipersilakan menuju loket BRI dan membayar Rp.100rb untuk SIM C. Setelah itu bakal dikasih berkas formulir untuk di isi. Nah pulpen disini sangat diperlukan. Petugas tidak menyediakan, minjam pun ga boleh. Karena ini tes ke-empat ane, lupa deh bawa pulpen. Ke 1,2,3 ane bawa gan, tapi akhirnya ada orang baik lagi, bapak-bapak ngasih pinjem tuh pulpen.

9. Loket Pencetakan: Disini agan berikan berkas yang sudah di isi tadi, cek dulu berkasnya dengan teliti. Nama, Alamat, dan biodata lainya. Isi dengan menggunakan Huruf Kapital, pilihan dibuletin aja. isi yang agan tau aja. Yang tidak tau kosongkan. Ane jg no resi, no rek, yang aneh gitu dikosongin. Alhasil 10 Menit menunggu, di panggil Deh... dan ane resmi punya SIM C. emoticon-Smilie. Jangan lupa juga di cek Data SIM-nya menghindari salah cetak atau keliru dari biodata agan. Ketimbang nanti di revisi lagi.
Akhirnya perjuangan berat ini berbuah hasil gan... Sekarang ane udah bisa naik motoran sendiri lagi. Sebelumnya ane sering diboncengin Istri yang punya SIM C. Menurut Info, denda satu juta buat pelanggaran tidak memiliki SIM... widihh serem kan... emoticon-Takut (S) emoticon-Takut (S) emoticon-Takut (S) emoticon-Takut (S)


Saran:
Buat agan-agan dan aganwati yang punya SIM A/C harap hati-hati pada masa berlakunya. Telat satu hari saja harus buat sim baru. Saran Ane, sebaiknya perpanjangan di lakukan satu bulan sebelum masa berlaku habis.
Jika agan punya lebih dari satu SIM (A&C), namun tahun masa berlakunya tidak sama. Sebaiknya salah satu ditarik menjadi sama tahunnya, dengan cara perpanjangan SIM yang satunya lagi. Jadi pada saat perpanjangan bareng sekaligus semua SIM-nya. Ketimbang salah satunya telat dan harus bikin baru. Biaya perpanjangan lebih murah dan lebih mudah pengurusannya emoticon-Frown . Hanya beresiko kalau telat dua-duanya emoticon-Frown

Untuk temen-temen kalo ngucapin ulang taun buat temen atau saudaranya , jangan lupa kasih tau juga buat cek masa berlaku SIM-nya untuk segera perpanjangan SIM


Spoiler for curhatan ane gan:


Spoiler for Ini rekaman video ane gan ati" kuota:


Spoiler for for muslim:


Sekarang ini perbaikan demi perbaikan dilakukan, mendengar sebelumnya membuat SIM itu merupakan momok yang menakutkan. Mudah-mudahan kedepannya semakin baik lagi. Buat kaskuser yang mau buat SIM dan yang punya banyak waktu luang sebaiknya buat secara mandiri aja ga usah beli-beli sertipikat gan. Lebih luwes gan hehehee

Sekian dari ane,,, tolong jangan emoticon-Bata (S)Ane gan... gak nolak di kasih emoticon-Cendol (S) atau bantu rate aja gpp
wassalam hatur nuhun.


Diubah oleh quaink 12-10-2016 17:07
0
16K
103
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan