abdafudAvatar border
TS
abdafud
Mahasiswa Komunikasi Ngapain Aja Sih?


Ehayy!! Kali aku mau certain tentang prodi Ilmu komunikasi. Keknya masih belum banyak yang paham prodi ini belajar apa saja, ngapain saja, terus entar kalo lulus bakalan jadi apa. Sering nih, teman-temanku beranggapan, kalo Ilmu Komunikasi itu sama kek Ilmu Informatika atau Teknik Informatika. Helaaaw, itu jauh banget. Memang bener sih kalo komunikasi itu gak jauh-jauh dari namanya informasi, tapi bukan itu yaa.
Terus mahasiswa komunikasi ngapain saja kuliahnya? Kalo di Kampus ku nih ya, tapi di kampus-kampus lain keknya sama, jadi kalo di kampus ku, sebagai mahasiswa komunikasi, sama dosen aku disuruh mengamati kejadian-kejadian sedang ramai diperbincangkan begitu, gak diamati doang sih, entar di hubung-hubungin sama teori-teori yang komunikasi yang ada. Sedikit ribet dan njelimet ya? Tapi seru kok. Karena kita selalu mengikuti peristiwa-peristiwa yang sedang terjadi, mahasiswa komunikasi tuh keren banget, kelihatan uptodate hehe. Gak kuper gitu, pokoknya keren.



Nggak itu aja, mahasiswa komunikasi juga sering bikin berita. Hayoo siapa yang ngebet jadi reporter, news anchor, kek Najwa Shihab? (Eh tapi teteh Nana ini lulusan Hukum, btw) di prodi komunikasi, bakalan ada namanya mata kuliah Dasar Jurnalistik, di situ kita bakalan diajarin bikin berita yang bener mulai dari cari berita sampe nurunin berita, belajar etika jurnalistik, dll. sedikit curhat ini ya, saking seringnya bikin cerita dan ketemu dengan narasumber, biasanya narasumbernya memiliki cerita dan pengalaman hidup yang bisa kita ambil dan gak kita dapetin di kelas, jadi kita bisa nyuri-nyuri pengalaman begitu. Selain itu kita bisa memperoleh banyak kenalan dari nararumber tersebut. Keren ya anak ilkom!!



Anak komunikasi juga bisa jadi purel! Lho? Purel? Bukan purel yang pakai rok mini itu yee? Hehe. Purel atau Public Relation. Iye bahasa Indonesianya Humas. Jadi di kampus ku, mata kuliah Pengantar Humas.ini ada di semester 2. Matkul ini ngajarin kita bagaimana menjadi seorang humas yang baik, “apa yang kalian lakukan jika ada masalah dalam perusahan baik dari internal maupun eksternal?” jadi kek belajar bagaimana memecahkan masalah di organisasi atau perusahaan. Terus kita pernah bikin semacam simulasi konferensi pers gitu, ada kameramen, reporter, humas, direktur, dll. seruuuu.

Teruss ada juga mata kuliah fotografi, cekriiik!! Anak-anak kekinian yang selalu pakai autofocus pas makek DSLR, bakalan diajarin bagaimana mengoprasikan kamera secara baik yang benar tanpa autofocus he he he. Kalo pakek auto yee anak sd juga bisa kali ya. Kenapa kita belajar fotografi? Menurut hemat saya, ini berhubungan dengan jurnalistik. jadi, berita itu gak berupa tulisan saja, tapi juga berupa gambar/video. Nah bagaimana caranya mengambil gambar yang baik dan ber-jurnalistik bakal diajarin di mata kuliah ini.



Sarjana komunikasi besok kerjanya ngapain? Jangan takut gak diterima di mana-mana sebagai mahasiswa komunikasi, karena mahasiswa komunkasi bisa menjelma ke segala jenis macam pekerjaan he he he. Kek reporter, kameraman/fotografer, news anchor, PR, announcer, konsultan politik, juru bicara dll. kalian juga bisa kerja di Production House, di Periklanan, di Media, dll. kita bisa melihat keadaan masyarakat dan kita bisa mengambil keuntungan disana, tapi bukan mengambil kesenangan diatas penderitaan orang ya hehe. Selain itu juga di sela-sela kuliah atau bahasa kerennya waktu luang, kita bisa bikin video-video yang bisa diunggah di youtube, kata anak sekarang itu namanya vlog. Aku dan teman-teman biasanya bikin film sih terus diikutin lomba gitu. Pokoknya jadi mahasiswa komunikasi itu banyak senengnya. Jadi buat teman-teman yang bingung kuliah mau ambil apa, keknya prodi Ilmu Komunikasi bisa dipertimbangkan.

Spoiler for suka duka anak komunikasi:

udah gitu aja. salam Commers!

sumber : Pengalaman Pribadi
gambar : Google
agan-agan punya pertanyaan seputar prodi ilmu komunikasi? PM me atau chat me via line : superabda.
Diubah oleh abdafud 13-10-2016 02:08
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
4.2K
30
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan