Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

xibaotaiAvatar border
TS
xibaotai
10 Tanaman Rumah Yang Berbahaya Bagi Kucing

Membuat taman atau hobi menanam aneka bunga memang membuat suasana rumah menjadi lebih indah, segar dan nyaman. Tapi bagi Anda yang memelihara binatang peliharaan hendaklah berhati-hati memilih tanaman. Ada jenis-jenis tanaman yang ternyata berbahaya bagi anjing dan kucing.


Di dunia ini diketahui ada lebih dari 700 tanaman yang mengandung racun dan berbahaya jika tertelan oleh kucing atau anjing. Reaksi terhadap tanaman beracun ini bermacam-macam, mulai dari yang paling ringan sampai berat, bahkan dalam beberapa kasus bisa menyebabkan kematian.


Kucing yang berada di luar rumah lebih beresiko terkena racun tanaman daripada kucing indoor. Kabar baiknya kucing memiliki insting dan daya penciuman yang tajam sehingga bisa memilih tanaman yang aman atau berbahaya. Sebaiknya waspadalah pada anak-anak kucing yang belum terlatih dan selalu penasaran dengan benda-benda baru.


Dibawah ini adalah 10 tanaman yang sering berada di dalam rumah dan berbahaya bagi kucing. Tanaman berikut dikenal orang dengan bermacam-macam nama, maka untuk memudahkan kita memakai sebutan yang paling umum.



Asparagus Fern
Asparagus Fern mengandung zat berbahaya bernama sapogenin, steroid yang ditemukan pada banyak jenis tanaman lainnya. Apabila kucing menelannya, maka dia akan muntah, diare, dan sakit perut. Jika kembali memakannya maka kucing bisa menderita alergi kulit (skin inflamation).


Corn Plant
Corn plant mengandung zat kimia saponin. Apabila tertelan oleh kucing maka mengakibatkan kucing muntah (muntah biasa atau muntah darah), depresi dan terus menerus keluar air liur. Kucing yang menelan racun ini juga nampak membesar pupil matanya/melotot.



Dieffenbachia

Tanaman tropis ini bernama dieffenbachia, banyak dijumpai di dalam rumah, taman maupun area perkantoran. Dieffenbachia ternyata menyebabkan alergi pada sebagian besar hewan. Dan jika tertelan oleh kucing maka menyebabkan iritasi pada mulut, terutama lidah dan bibir. Kucing akan terus berliur, susah menelan dan muntah.



Elephant Ear

Kuping gajah/ Elephant ear atau Cladium mengandung zat yang sama dengan yang ada pada tanaman Dieffenbachia. Maka reaksi kucing apabila terkena racun tanaman ini pun sama, yakni iritasi mulut, berliur, susah menelan dan muntah.


Lilies
Berbagai jenis tanaman lily sudah dikenal sebagai tanaman beracun bagi kucing dan anjing. Kucing yang tertelan racun bunga Lily akan mengalami penurunan nafsu makan, lesu, iritasi pada mulut, serta muntah.


Cyclamen
Tanaman yang satu ini memang indah, namun berhati-hatilah dengan bunga dan juga batangnya. Jika kucing menelan bunga Cyclamen, maka bisa menyebabkan diare, muntah dan terus berliur. Apabila kucing menelan batangnya dalam jumlah besar maka bisa mengakibatkan kejang, bahkan berujung kematian.


Heartleaf Philodendron
Tanaman ini mengandung zat kimia yang dapat membuat iritasi pada mulut, lidah dan bibir kucing. Jika tertelan dapat mengakibatkan kucing terus berliur, muntah, dan susah menelan makanan.


Jade Plant
Belum diketahui persis zat apa yang terkandung dalam tanaman ini yang menyebabkannya berbahaya untuk kucing. Namun diketahui jika tertelan oleh kucing bisa mengakibatkan muntah, depresi, ataxia (inkoordination), dan bradycardia (detak jantung lambat, tapi kasus ini jarang terjadi).


Aloe Plant
Tanaman Aloevera atau lidah buaya ini diketahui banyak manfaatnya untuk manusia, tapi ternyata tidak untuk kucing. Menelan sepotong kecil lidah buaya bisa menyebabkan kucing muntah dan air kencingnya berwarna kemerahan.


Satin Pothos
Satin Pothos dikenal sebagai tanaman beracun bagi anjing dan kucing. Tanaman ini menyebabkan iritasi pada mulut. Kucing akan terus mengeluarkan air liur, muntah dan susah menelan.

Demikian sepuluh jenis tanaman yang berbahaya bagi kucing. Berhati-hatilah memilih jenis tanaman yang hendak diletakkan di dalam rumah demi keselamatan kucing kesayangan.

Source : Vetstreet





Diubah oleh xibaotai 11-10-2016 17:06
0
17.2K
92
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan