acacacaAvatar border
TS
acacaca
ISTRI TIDAK MENUNAIKAN KEWAJIBAN KEPADA SUAMI BOLEHKAH SUAMI TIDAK MENAFKAHINYA ?
Assalamualaikum Wr. Wb.

Sebelumnya perkenalkan saya acacaca umur saya 29 tahun, saya sudah berkeluarga 17 bulan yang lalu, dan sudah dikaruniai seorang anak laki-laki dengan usia 6 bulan.
Saya bekerja , istri saya pun bekerja. Kami memang sama-sama bukan berasal dari keluarga yg berkelebihan jadi kami bersama-sama memulai semuanya dari nol.

Oke, selanjutnya ke beberapa cerita ya. Saya sudah sekitar 15 bulan belum berhubungan lagi dengan istri saya, pernah sih sekali pas istri lagi hamil tua .. tapi istri sepertinya tidak nyaman dan akhirnya tidak sampai Ejakulasi saya nya.

Nah, istri yang tadinya punya tekad untuk lahiran normal pun gagal karena selama dia hamil dia enggan untuk hubungan badan, dalam hati saya pun sudah menerka-nerka sepertinya bakal caesar dan ternyata benar. Oke, saya puasa lagi untuk hubungan badan karena ga tega juga kalo melihat wanita pasca caesar.

Oke selama 6 bulan setelah melahirkan saya tidak hubungan badan, tapi selama itu pula aktivitas seksual kami pun tidak ada sama sekali. Seringkali akhirnya saya menyapa kembali "teman-teman" lama saya utk menuntaskan hasrat saya. ya benar, tissue sabun dan lainnya.

Pernah sekali saya coba untuk jajan, karena saya udah ga kuat, tapi ga lama setelah itu saya semacam kena musibah, walopun bukan kena ke saya sendiri tapi tetap membuat cukup sedih. Ayah saya kena stroke ringan. Sejak itu saya ga mau jajan lagi. Lagipula entah kenapa ketika saya jajan (sejak dulu bujang suka tapi pas sejak ketemu istri saya udah bener2 stop) yg selalu saya rasakan adalah saya ngerasa panas aja ga tahu kenapa. Tidak nyaman intinya ketika jajan itu. Karena ternyata saya nyaman utk berhubungan ketika dilandasi perasaan juga bukan hanya nafsu.

Nah akhirnya sekarang saya sudah memasuki bulan ke 15 semenjak terakhir saya berhubungan dengan istri, dan selama 15 bulan ini pula emosi saya suka tidak karuan. Saya sering baca2 ternyata efek dari syahwat yg tidak tersalurkan bisa membahayakan ke psikis juga ya.

Dan akhirnya kami sering bertengkar. Saya sudah seringkali ajak istri, tapi jawabannya ada saja sebanyak cerita 1001 malam. Bingung juga. Karena dia sendiri sebenarnya tahu tapi sepertinya tidak ada self motivation utk menunaikan kewajibannya ini. Jujur saya sebenarnya enggan utk memandang hal tersebut sebagai suatu kewajiban karena biasanya orang ketika sudah melihatnya sebagai kewajiban maka akan terasa terpaksa, saya lebih suka menyebutnya sebagai kebutuhan, tapi entah sepertinya tidak merasa membutuhkan hal itu.

Dan akhirnya saya sudah mulai jenuh dengan alasan dia terus menerus yang mengelak, saya akhirnya bilang kalo saya sudah berusaha sekuat tenaga utk memenuhi kewajiban saya sebagai seorang suami. dan saya menuntut hak saya sebagai suami karena saya pernah baca di suatu sumber, jika istri tidak memenuhi kewajibannya kepada suami padahal suami sudah menunaikan kewajibannya, maka suami boleh tidak menafkahi istrinya. Saya mengatakan itu karena saya sudah lelah dengan alasan2 dia yg membuat kami akhirnya tidak berhubungan.

Langkah ekstrim ini sebenarnya enggan saya pilih.. tapi ya saya lelah gan dan sis ibarat saya dah capek2 jelasin panjang lebar dari pakai penjelasan secara biologis dan secara ayat-ayat dan hadits-hadits tetap saja kejadian penolakan itu terulang terus..
Walaupun baru bisa dibilang ultimatum tapi ya kalau memang dia tidak mau memenuhinya ya saya akan merealisasikan apa yang telah saya katakan tsb.

Nah menurut agan dan sis.. boleh gak sih suami tidak menafkahi istri ketika perkara tersebut (istri menolak berhubungan terus)?
Mohon masukannya ya gan dan sis. Terima kasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

rules comment:
1. mohon maaf sebelumnya.. thread ini sangat erat kaitannya dengan masalah agama ..
ini bukan karena saya sok alim dan lainnya tapi supaya apa yg saya lakukan apa yg saya katakan harus didasari oleh itu. mohon yg "berbeda pendapat" dalam cara melihatnya utk menyesuaikan.
2. mohon memberikan komentar dengan bahasa yg baik ya gan dan sis. terima kasih.

coba sedikit saya update dengan video kajian islami atas sharing agan naxpexadont kemudian saya cari full version nya .. dan alhamdulillah dapet .. semoga bisa bermanfaat bagi temen2 semua ..

Spoiler for video Kajian Kitab Bulughulmaram Adab Berhubungan Suami Istri oleh Ustad Khalid Basalamah:
Diubah oleh acacaca 14-10-2016 23:08
tata604
tien212700
tien212700 dan tata604 memberi reputasi
2
24.7K
129
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan