CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Respons Ide Anies, Ahok Tawarkan Empat Konsep Rumah Susun
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57fbbae1a09a3926528b4567/respons-ide-anies-ahok-tawarkan-empat-konsep-rumah-susun

Respons Ide Anies, Ahok Tawarkan Empat Konsep Rumah Susun

akarta, CNN Indonesia -- Bakal calon gubernur petahana DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama tak sependapat dengan pesaingnya, Anies Baswedan, terkait penyediaan rumah bagi korban penggusuran di Jakarta.

Ahok, sapaan Basuki beranggapan rumah susun adalah pilihan yang tepat. Sebaliknya, menyediakan rumah dengan satu atau dua lantai bukanlah solusi, lantaran harga tanah yang mahal. Ia kemudian menawarkan empat konsep rumah susun bagi warga Jakarta.

Konsep pertama, diperuntukkan untuk masyarakat yang memiliki gaji Rp3 juta. Unit itu akan dibuat berukuran 36 meter persegi. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, kata Ahok, akan mensubsidi lebih dari 80 persen karena satu unitnya mencapai Rp200 juta-Rp250 juta.

"Mampu enggak orang gaji Rp3 juta bayar cicil Rp200 juta. Tanpa bunga aja enggak sanggup kok. Makanya kami mau buat satu model yang kami subdisi habis. Hanya bayar Rp5 ribu-Rp15 ribu," kata Ahok.

Rumah susun jenis ini akan dilengkapi dengan fasilitas Kartu Jakarta Pintar, layanan bus gratis, dan dokter.

Kategori kedua, kata Ahok, adalah rumah susun harga kost. Rumah susun itu akan dibangun di atas terminal-terminal serta stasium Light Rail Transit (LRT) atau Mass Rapid Transit (MRT). Hunian jenis ini diperuntukkan bagi pekerja yang memiliki rumah di kawasan penyangga. Tujuannya, kata Ahok, untuk menghemat waktu para pekerja.

Konsep rumah susun jenis ketiga diperuntukkan bagi masyarakat yang memiliki gaji Rp10 juta ke atas. Rusun ini akan dijual dengan sistem cicilan dengan tidak menghitung harga tanah.

"Tanah tidak dihitung tapi dengan catatan, dia tidak boleh jual ke orang lain," ujar Ahok.

Rusun ini hanya bisa dijual setelah 20-30 tahun ke pemerintah daerah dengan harga Nilai Jual Objek Pajak (NJOP).

Sementara, untuk konsep keempat ditawarkan bagi para pemilik tanah yang bersedia tanahnya dibangun apartemen. Sehingga pemilik, kata Ahok, memiliki sertifikat hak milik.

"Kamu boleh jual, boleh sewakan ke orang lain. Jadi kita tukar tanah," ujar Ahok.

Sejauh ini, Ahok baru menjalankan konsep pertama. Sementara, kategori kedua masih dalam pendataan halte dan stasiun yang akan dibuat rumah susun.

Tawaran program itu merupakan respons atas gagasan calon gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang menyatakan akan membuat skema kredit untuk masyarakat miskin agar dapat memiliki hak atas rumah. Selama ini, Anies menilai masyarakat menyewa rumah secara terus-menerus.

"Tapi masa menyewa 40 tahun? Menyewa 30 tahun? Itu salah satu yang ingin kami perbaiki. Jadi kami ingin agar masing-masing kita itu memiliki kesempatan, memiliki hak atas rumah," kata Anies saat menyapa warga di Kampung Magesen, Manggarai, Tebet, Jakarta Selatan, Minggu (9/10)

http://www.cnnindonesia.com/politik/20161010174301-32-164510/respons-ide-anies-ahok-tawarkan-empat-konsep-rumah-susun/

Ini jelas perbedaan kualitas kecerdasan cerdas Gub sejuta prestasi vs Menteri gagal emoticon-Ngakak (S)
Thread sudah digembok
Halaman 1 dari 2
Horas lae emoticon-Leh Uga
Mungkin dia mau bagi bagi tanah pemprov kali
emoticon-Leh Ugaemoticon-Ngakak
anies malah keliahtan gak ada apa-apanya. emoticon-Wink
Nanti Respon Balasannya... Konsep Rumah Susun dari Ahok Hasil Rancangan Foke...

Respons Ide Anies, Ahok Tawarkan Empat Konsep Rumah SusunRespons Ide Anies, Ahok Tawarkan Empat Konsep Rumah Susun
mentri gagal jadi dosen aja lah

wkt jd mentri jg ga ada prestasinya
milih yg pasti2 aja.


HATI2 KALIAN NASTAK...

ANIES ITU IDOLANYA GIP...
Cmn kali ini Gip susah untuk membelanya..
Quote:


beliau lg baca2 buku catur






yang 3 langkah mati

emoticon-Ngakak
inilah bedanya akademisi dengan praktisi

orang akademisi emang lebih bagus wacana yang dimunculkan

kalo praktisi lebih ke realitas dan bisa di wujudkan
Quote:


Bangke ente...bikin ngakak malam2

emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk
udah digagas sejaktaon lalu itu gan, ga tau napa kok mandek apa gegara apbd ga disetujui dprd, atau kesandung kontribusi pengembang terkait reklamasi
beritanya

Senin, 22 Juni 2015 - 14:13 wib

Ahok Siapkan 20.000 Rusun dengan Sewa Rp150 Ribu/Bulan

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama (Ahok) menyiapkan 20.000 unit rumah susun (Rusun) murah. Bahkan, Ahok hanya mematok Iuran Pemeliharaan Lingkungan (IPL) pada rusun sebesar Rp5.000 sampai Rp15.000. Artinya, penghuni hanya dikenakan biaya iuran per bulan antara Rp150.000 sampai Rp450.000. "Di perumahan, kami siapkan bangun hampir 20 ribu unit, tidak disewakan atau dijual, kami hanya kenakan IPL Rp5.000 sampai Rp15.000 per hari, ini akan jadi inkubator," ungkapnya di Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) DKI Jakarta, Senin (22/6/2015).
Nantinya di rusun tersebut akan terdapat pasar rakyat yang letaknya di lantai dasar. Dengan terobosan tersebut, diharapkan pegawai yang bekerja di Jakarta tidak perlu pulang ke rumah yang berlokasi di kota penyangga Jakarta. "Bawahnya pasar rakyat dan atasnya rumah susun, ini akan mulai menghemat bensin, yang terpaksa tinggal di luar Jakarta dengan gaji pas-pasan maka dia akan kami undang lagi di Jakarta," sebutnya. Tidak hanya itu, Ahok juga menyiapkan apartemen dengan biaya sewa Rp100 per hari. Apartemen ini nantinya berjumlah 23 lantai. "Apartemen 30 meter dengan harga Rp100 ribu per hari. Ini akan kami bangun 23 lantai dan akan kami upayakan rusun gunakan pipa gas, dengan begitu kami pastikan warga hanya bayar Rp50 ribu per bulan," tukasnya.

http://economy.okezone.com/read/2015/06/22/470/1169322/ahok-siapkan-20-000-rusun-dengan-sewa-rp150-ribu-bulan
Serius ane nanya, itu tukar tanahnya dengan tanah didaerah mana ?
itu ide nya fokemon trus di rancang ma anies
masak diaku aku ma ngahok emoticon-Mad



emoticon-Leh Uga
Berbalas pantun pun di mulai
Quote:


ngakak anda, tabungan buat saya om

emoticon-Embarrassment


emoticon-2 Jempol
Ajegile.. Tanah yg digusur mau doganti tanah lagi.. Lahan kosong dijakarta ada ga buat 60.000 rumah baru, ada ada aja si anis ga logis bngt
Quote:



Neehhh gw tambahin...
emoticon-Wkwkwk
emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk
Quote:


makasih om

yang penting jangan keterusan

entar mulutnya kemasukan usb lho

emoticon-Embarrassment
Quote:



Nnnjjjiiirrrrr gw masih emoticon-Ngakak ngebayangin komeng ente..
Catur 3 langkah mati...
Nyatanya dia yg kalah terus...emoticon-Ngakak
Quote:


bikin minuman kopi .... lupa gula


paiiiiiiiiiiit


kenyataannya

emoticon-Ngakak





hasem...mewalik pej saya
emoticon-Hammer (S)
Diubah oleh kasur8rusak
Halaman 1 dari 2
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di